Cara Membaca Jam (Waktu) dalam Bahasa Inggris dan Penyebutannya

Mini Clock Image
Gimana Cara Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris?

Siapa yang pas di sekolah atau di kantor suka perhatiin jam? Waktu memang penting banget dalam hidup kita. Mulai dari bangun tidur, berangkat sekolah atau kerja, jam makan siang, pulang, tidur lagi, ulang tahun, tahun baru, semuanya berhubungan dengan waktu.

Tapi kalau ditanya “what time is it?”, kamu yakin bisa jawab dalam bahasa Inggris gak? Nah biar gak gelagapan ketika ditanya soal waktu dalam bahasa Inggris, simak artikel ini ya!

Istilah dalam Waktu Bahasa Inggris

Ada beberapa cara untuk menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris. Namun sebelum membahasa itu, berikut sejumlah istilah yang harus kamu pahami terlebih dahulu:

  • O’clock artinya jam/pukul
  • A quarter artinya seperempat/15 menit
  • Half artinya setengah/30 menit
  • To artinya menuju
  • Past artinya lewat

Udah paham? Nah berikut beberapa cara membaca jam dalam bahasa Inggris!

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris yang Pertama

Ini cara yang paling mudah. Kamu cuma perlu menyebutkan jam terlebih dahulu kemudian menit. Gunakan “o’clock” hanya saat jamnya ‘tepat’ tanpa lebih atau kurang semenit. Misalnya jam 12 tepat, maka penyebutannya adalah twelve o’clock. Contoh:

  • 07.20 – Seven-twenty
  • 09.30 – Nine-thirty
  • 5.15 – Five-fifteen
  • 3.07 – Three o’ seven
  • 10.00 – Ten o’clock
 

Contoh kalimatnya:

  • “What time is it?”
    “I think it’s ten-twelve (10.12).”
  • “Don’t you have a dentist appointment at five-thirty (5.30)?”

Baca Juga: Kosakata Jam, Menit, Detik dalam Bahasa Jepang

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris yang Kedua

Cara kedua ini terbalik dari cara pertama. Kalau cara pertama menyebutkan jam terlebih dahulu baru menit, di cara ini menit dulu yang disebutkan baru kemudian jamnya. Tapi aturannya juga berbeda. Di sinilah kata “half”, “a quarter”, “past”, dan “to” digunakan.

Gunakan “half” untuk menunjukkan 30 menit atau sudah lewat setengah jam. Gunakan “a quarter” untuk menunjukkan waktu sudah lewat atau kurang 15 menit atau seperempat jam. “Past” digunakan untuk menunjukkan waktu yang sudah lewat. “To” untuk menunjukkan menit ke-31 sampai ke-59.

Bingung? Berikut contohnya:

  • 12.27 – twelve past seven
  • 08.27 – twenty-seven past eight
  • 04.02 – two past four
  • 05.15 – a quarter past five
  • 01.30 – half past one
  • 06.40 – twenty to 7 (20 menit lagi menuju jam 7)
  • 04.45 – a quarter to five (15 menit lagi menuju 5)
  • 10.57 – three to eleven (3 menit lagi menuju jam 11)
 

Contoh kalimat:

  • “Where are you? It’s twelve past seven already!”
  • “Calm down. The movie doesn’t start till half past seven.”
  • “Really? I thought the movie starts at a quarter to eight.
 

Untuk menunjukkan jam yang tepat juga terdapat beberapa cara, salah satunya menggunakan kata sharpexactly, atau on the dot. Misalnya:

  • 08.00 – it’s exactly eight o’clock / it’s eight o’clock sharp / it’s eight o’clock on the dot

Mau Cepat Fasih? Ayo Ngobrol Pake Bahasa Inggris di English Club!

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris dengan AM & PM

Dalam Bahasa Inggris, tidak sedikit orang yang menggunakan format AM dan PM sebagai penunjuk waktu siang dan malam. Singkatnya, AM digunakan untuk menunjuk waktu dari 00.00 hingga 11.59 siang dan PM digunakan untuk menunjuk waktu pukul 12.00 hingga 23.59.
 

Contoh:

  • Jam 4 pagi – it’s four a.m (4 a.m)
  • Jam 11 malam – it’s eleven p.m (11 p.m)

 
Kamu bisa menyebut jam 12 siang sebagai noon dan jam 12 malam dengan sebutan midnightSupaya lebih jelas, kamu juga bisa menambahkan keterangan waktu seperti in the morning, afternoon, evening, atau at night.
 
  • Morning digunakan untuk menjelaskan waktu dari jam 12 pagi hingga 12 siang (12.00 am – 12.00 pm)
  • Afternoon digunakan untuk menggambarkan pukul 12 siang hingga matahari terbenam. (12.00 pm – sunset)
  • Evening digunakan untuk menjelaskan waktu dari pukul 5 sore sampai jam 8 malam. (5.00 pm – 8.00 pm)
  • Night digunakan untuk menggambarkan waktu dari pukul 8 malam hingga tengah malam (8.00 pm – midnight)

Contoh kalimat 

  • “It’s three a.m. Why are you still awake?”
  • “It’s 2 in the afternoon and he still hasn’t woken up?”

Sekarang udah paham dong gimana cara baca jam dalam bahasa Inggris? Kalau ditanya udah gak bingung lagi deh!

Buat latihan, coba sekarang lihat jam tanganmu. Udah bisa bacanya? Supaya gak cepat lupa dan lebih terbiasa, kamu bisa latihan di kelas bahasa Inggris Cakap bersama guru profesional. Kamu tinggal download aplikasinya aja. Temukan Cakap di Play Store dan App Store ya!

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat