Arti Kata “Meanwhile”, Penggunaan, dan Contohnya

meanwhile adalah

Salah satu kata bahasa Inggris yang paling sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari adalah kata meanwhile. Apa sebenarnya arti kata tersebut, serta bagaimana penggunaan dan contohnya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Arti, Penggunaan, dan Contoh Kata “Meanwhile”

1. Arti Kata Meanwhile

Source: diana.grytsku – freepik.com

Meanwhile artinya “sementara” dalam bahasa Indonesia yang termasuk dalam kata keterangan atau adverb. Kata ini memiliki makna “sementara” dalam konteks “hingga sesuatu yang lain terjadi”, atau “ketika sesuatu yang lain sedang terjadi di saat yang sama”. 

Dalam Cambridge Dictionary, kata meanwhile diterjemahkan artinya sebagai “until something expected happens or while something else is happening“. Sementara dalam Oxford Learner’s Dictionaries, kata meanwhile sama dengan meantime. Keduanya dapat berarti “in the period of time between two times or events” atau “while something else is happening“. Selain itu, meanwhile juga dapat digunakan untuk “compare two aspects of a situation”.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Penggunaan kata Meanwhile

Source: wayhomestudio – freepik.com

Sebagai adverb atau kata keterangan, meanwhile biasanya ditulis dalam kalimat baru yang berhubungan dengan kalimat sebelumnya atau sebagai penghubung antar klausa. Sesuai dengan arti kata meanwhile di atas, penggunaan kata tersebut dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

a. Menyatakan selang antara dua waktu atau kejadian

Contoh kalimat:

Leave the noodles to drain well. Meanwhile, prepare the sauce. 

Tiriskan mie. Sementara itu, siapkan saus. 

b. Menyatakan ketika dua kejadian terjadi dalam waktu yang sama

Contoh kalimat:

I’ll see you again in one hour. Meanwhile, do your assignment. 

Saya akan mengunjungimu lagi dalam satu jam. Sementara itu, kerjakan tugasmu. 

c. Membandingkan dua aspek atau situasi

Contoh kalimat:

Junk food is damaging to your health. Vegetables, meanwhile, can be good for your body. 

Makanan cepat saji bisa berbahaya untuk kesehatanmu. Sayuran, sementara itu, bisa bermanfaat untuk tubuhmu.

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

3. Contoh Kalimat dengan Kata “Meanwhile”

Source: drobotdean – freepik.com
  1. My mother went to the boutique, meanwhile my father and I went to the gift shop. (Ibuku pergi ke butik, sementara ayahku dan aku pergi ke toko oleh-oleh.) 
  1. Every Saturday she cleans the house. Her husband, meanwhile, cleans their garden. (Setiap Sabtu, dia membersihkan rumah. Suaminya, di saat yang sama, membersihkan taman mereka.)
  1. Arina keeps stopping to take the picture. Meanwhile, at home, her family is waiting for dinner. (Arina terus berhenti untuk mengambil gambar. Sementara itu, di rumah, keluarga menunggunya untuk makan malam.)
  1. The Customer Service will check the data first. Meanwhile, she asked Ian to fill the form. (Customer Service akan mengecek data terlebih dahulu. Sementara itu, ia meminta Ian untuk mengisi formulir.)
  1. Overworking yourself may cause stress. Working efficiently, meanwhile, can prevent you from experiencing it. (Bekerja berlebihan bisa menyebabkan stres. Bekerja secara efisien, sementara itu, bisa mencegahmu mengalaminya.)

Sudah bisa memahaminya?

Jadi, kata meanwhile artinya “sementara” dan berfungsi sebagai kata keterangan yang menyatakan jeda waktu atau penghubung dua hal yang terjadi bersamaan. Semoga penjelasan di atas dapat membantumu dalam memahaminya ya!

Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris lebih lanjut, kamu bisa mengambil kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho! Kamu akan dibantu oleh tutor profesional yang akan memberikan materi sesuai dengan level kemampuanmu. Download aplikasi Cakap di Play Store dan App Store sekarang, yuk!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks