Wajib Tahu! 40 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

bahasa inggris di dunia kerja

Bagi kamu yang baru lulus kuliah atau baru menghadapi dunia kerja, kamu akan menemukan berbagai istilah dalam bahasa Inggris. Beberapa di antaranya perlu kamu ketahui sejak tahap interview agar kamu benar-benar nyambung dengan penjelasan recruiter

Beberapa istilah mungkin memiliki arti tidak berbeda jauh dengan arti harfiahnya, namun ada juga yang perlu penjelasan lebih lanjut. Berikut adalah istilah-istilah bahasa Inggris yang sering digunakan dalam dunia kerja. 

1. Allowance

Allowance adalah tunjangan diluar gaji utama sebagai bentuk imbalan atau apresiasi perusahaan atas performa kerja di kantor. Beberapa allowance yang umum adalah overtime allowance, religious holiday allowance, meal allowance, dan lain-lain. 

2. Brainstorming

Istilah bahasa Inggris yang satu ini identik dengan pekerja kreatif, seperti bagian marketing, content, campaign, dan lain-lain. Brainstorming adalah ajang diskusi di mana pesertanya saling berbagi pendapat untuk mencari ide secara spontan. 

3. Brief Deck

Istilah yang satu ini sangat berkaitan dengan presentasi yang biasanya berbentuk power point atau slides. Brief deck biasanya digunakan untuk memberikan informasi mengenai rencana bisnis maupun produk dari suatu perusahaan. 

4. Competitor

Siapa sih yang nggak familiar dengan istilah bahasa Inggris yang satu ini? Dalam dunia kerja, competitor berarti perusahaan lain yang memiliki bidang bisnis dan juga target market yang sama sehingga saling bersaing.

5. Copyright

Copyright adalah hak cipta suatu karya. Dalam bisnis perusahaan, copyright biasanya digunakan untuk melindungi suatu produk yang diciptakan agar terhindar dari plagiarisme dan peniruan produk lainnya.

6. Cut off

Cut off adalah istilah umum dalam dunia kerja yang artinya kamu sudah tidak dapat lagi untuk menambahkan data untuk suatu keperluan. Misalnya, cut off penambahan data kehadiran untuk periode gaji di tanggal 20 setiap bulannya, sehingga datamu sudah harus masuk sebelum itu. 

7. Down Payment

Down payment atau istilah umumnya DP adalah pembayaran sebagian dari total harga yang dilakukan di awal transaksi. Pembayaran seperti ini umum dilakukan karena perusahaan lebih mudah mengalokasikan anggaran ke bidang lainnya. 

8. Deduction

Seperti namanya, deduction berarti potongan yang dibebankan oleh pegawai sebagai pembayaran atau iuran untuk beberapa kewajiban. Ada banyak deduction yang umumnya ada di Indonesia seperti deduction untuk pajak, BPJS, Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua. 

9. Follow Up

Kamu mungkin cukup familiar dengan istilah bahasa Inggris dunia kerja yang satu ini jika aktif selama kuliah. Follow up artinya “menindaklanjuti” apa yang telah didiskusikan sebelumnya, misalnya meminta tambahan informasi, atau menanyakan progress eksekusi. 

10. Feedback

Feedback artinya memberikan masukan berupa kritik dan saran atas suatu hal yang sedang didiskusikan. Hal ini berlaku dalam banyak hal, misalnya ketika mengadakan diskusi produk, atau membahas sebuah rencana tim, dan sebagainya. 

11. Framework

Framework adalah kerangka kerja yang umumnya digunakan untuk membuat rencana kerja yang akan dilakukan mulai dari persiapan sampai eksekusi. Istilah ini juga digunakan programmer atau developer yang mengacu pada fungsi kode dan plug-in untuk sebuah konsep.

12. Funding

Istilah funding berarti pengumpulan dana sebagai modal atau simpanan dari pihak luar untuk mengembangkan bisnis suatu perusahaan. Pendanaan ini umumnya diberikan oleh perusahaan venture capital yang memang merupakan lembaga penyertaan modal. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

13. Gross Salary

Gross adalah hitungan gaji kotor yang belum dipotong atau mengalami deduction untuk beban lainnya. Misalnya ketika pegawai mendapat gaji bulanan namun jika perjanjiannya disebut gross, maka gaji tersebut akan dipotong pajak dari nominal awalnya.

14. Hand Over

Ketika seseorang baru bergabung dengan suatu perusahaan dan menggantikan orang lain untuk sebuah posisi, maka ia akan melewati proses ini. Hand over adalah serah terima pekerjaan dan tanggung jawab dari pendahulu kepada penerusnya. 

15. Headhunter

Headhunter adalah posisi jabatan yang bertugas mencarikan kandidat bagi perusahaan untuk mengisi posisi yang lowong di perusahaan tersebut. Headhunter dalam perusahaan umumnya berada dalam posisi talent atau human resource.

16. Incentive

Insentif adalah penghasilan atau upah tambahan yang diberikan kepada karyawan yang telah melakukan sebuah prestasi bagi kemajuan perusahaan. Tujuan adanya insentif agar pegawai lebih semangat dalam memajukan perusahaannya secara positif.

17. Intern

Intern atau magang adalah istilah percobaan yang dilakukan oleh beberapa orang calon pegawai untuk memahami pekerjaan yang diinginkan. Umumnya internship dilakukan oleh mahasiswa semester akhir untuk melihat potensi apa yang bisa dikembangkan dari dirinya.

18. Key Performance Indicator (KPI)

Dalam mencapai tujuan, suatu posisi maupun tim dalam perusahaan tentunya memiliki suatu indikator yang dapat dijadikan patokan keberhasilan. Nah, dalam dunia kerja, indikator ini disebut sebagai Key Performance Index (KPI). 

19. Leave

Dalam istilah dunia kerja, kata bahasa Inggris leave berarti cuti atau libur. Ada banyak istilah cuti yang berlaku di Indonesia, mulai dari annual leave (cuti tahunan), hingga unpaid leave (cuti dengan potong gaji). 

19. Minutes of Meeting (MoM)

Ketika mengadakan sebuah meeting atau diskusi, biasanya diperlukan rangkuman pembicaraan yang fungsinya adalah sebagai pengingat. Dengan ini, peserta meeting dapat menindaklanjuti hasil diskusi dan mengeksekusinya. 

20. Net Salary

Hitungan bersih pendapatan setelah dipotong beban ialah net salary atau gaji bersih. Beban pemotongan yang dihitung biasanya beban pajak dan beban lainya yang kemudian dikurangi dari gross salary

21. Notice Period

Periode pemberitahuan atau notice period adalah waktu antara kamu mengajukan pengunduran diri dengan hari terakhirmu bekerja. Setiap perusahaan menerapkan aturan yang berbeda, namun umumnya adalah satu bulan. 

22. Objective and Key Results (OKR)

Istilah bahasa Inggris yang satu ini cukup populer dalam dunia kerja, terutama dalam lingkungan startup. OKR adalah kerangka kerja dengan tujuan yang telah ditetapkan dan tolok ukurnya keberhasilannya adalah hasil utama. 

23. Onboarding

Dalam dunia kerja, onboarding dapat berarti proses orientasi perusahaan di mana pegawai baru diperkenalkan lebih jauh dengan perusahaan tersebut. Biasanya karyawan baru akan diberi pemahaman mengenai budaya kerja, visi dan misi perusahaan, serta struktur organisasi. 

24. Offboarding

kebalikan dari onboarding, offboarding biasanya dilakukan ketika seorang karyawan akan meninggalkan perusahaan. Rangkaian proses ini dimulai dengan penutupan akses terhadap data dan perangkat, pengembalian alat kerja, hingga exit interview

25. One-on-one meeting

One-on-one atau 1-on-1 adalah istilah yang mengacu pada pertemuan manajer dan anggota timnya secara personal untuk mendiskusikan hal tertentu. Pertemuan ini tidak terbatas tentang pekerjaan, melainkan dapat berupa kritik dan masukan, rencana karier, dan lain-lain. 

26. Pitching

Secara harfiah kata pitch berarti “melempar”. Dalam dunia kerja, istilah ini mengacu pada kegiatan meyakinkan orang lain terhadap suatu ide. Pitching dapat berupa ide terkait pemasaran, konten, kolaborasi, kerjasama, pendanaan, dan lain sebagainya. 

27. Predecessor

Predecessor atau pendahulu adalah orang yang memegang suatu jabatan atau posisi pekerjaan sebelum menyerahkannya kepada pemiliknya saat ini. Jika kamu bergabung dengan suatu perusahaan, kamu akan melakukan proses handover bersama predecessor ini. 

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris, Saatnya Kamu Mulai Belajar

28. Profit

Dalam bahasa Indonesia, profit berarti “laba” yang mengacu pada pendapatan suatu perusahaan setelah dikurangi dengan modal. Istilah profit seringkali disamakan dengan istilah lainnya terkait pendapatan perusahaan, yaitu revenue

29. Quarter

Quarter adalah triwulan atau tiga bulan yang membagi setahun menjadi 4 bagian: Q1, Q2, Q3, dan Q4. Dalam dunia kerja, umumnya perusahaan mencanangkan target pencapaian individu maupun tim secara keseluruhan serta melakukan evaluasi per quarter

30. Reimburse

Penggantian biaya-biaya yang dikeluarkan oleh pegawai secara sengaja maupun tidak sengaja untuk kepentingan perusahaan disebut dengan reimburse. Umumnya reimburse dikeluarkan dalam hal-hal mendesak yang tidak tercatat dalam anggaran awal suatu kegiatan.

31. Remuneration 

Istilah remuneration dalam dunia kerja berarti kompensasi yang akan kamu dapatkan, termasuk gaji dan juga kompensasi lainnya seperti bonus, komisi, dan lain-lain. Remunerasi berbeda dengan gaji karena tidak terbatas pada upah yang dibayarkan untuk periode waktu tertentu. 

32. Resign

Sesuai artinya secara harfiah yaitu “berhenti”, istilah resign mengacu pada berhenti atau mengundurkan diri dari suatu posisi pekerjaan. Resign biasanya berkaitan erat dengan notice period yang mengatur jarak waktu pengunduran diri dan hari terakhir bekerja. 

33. Revenue

Revenue adalah segala pendapatan atau pemasukan yang didapatkan oleh suatu perusahaan dalam periode bisnis tertentu. berbeda dengan profit, revenue biasanya berupa pemasukan kotor yang belum dikurangi modal dan biaya lainnya. 

34. Standard Operational Procedure (SOP)

SOP merupakan istilah bahasa Inggris yang cukup umum digunakan dalam dunia kerja. Sesuai dengan namanya, SOP adalah suatu standar yang ditentukan untuk menjadi panduan dan acuan kedisiplinan bekerja bagi para karyawan. 

35. Successor

Kebalikan dari predecessor, successor adalah orang yang menggantikan orang lain untuk memegang tugas dan tanggung jawab dalam posisi tertentu. Saat kamu bergabung dalam perusahaan, maka kamu adalah successor dari orang yang memegang posisi itu sebelumnya. 

36. Take Home Pay

Take home pay adalah istilah terkait gaji lainnya yang agak mirip dengan net salary. Istilah ini berarti nominal yang kamu terima dalam periode tertentu, setelah mengalami pemotongan maupun penambahan seperti bonus atau allowance

37. Timeline

Timeline adalah perencanaan waktu bagi karyawan atau tim tertentu dalam perusahaan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan adanya timeline, karyawan dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih terjadwal dan menyelesaikannya selesai tepat waktu. 

38. Turn around Time

Turn around time atau TAT adalah waktu yang dibutuhkan dalam suatu proyek atau kegiatan. Waktu yang dibutuhkan adalah waktu total, sehingga bisa saja lebih pendek atau lebih lama dari deadline awal yang ditentukan. 

39. Turnover

Dinamika keluar-masuk karyawan pada suatu perusahaan dalam dunia kerja disebut dengan turnover. Semakin sering pergantian karyawan dalam periode waktu tertentu, maka semakin tinggi turnover rate perusahaan tersebut. 

40. Workflow

Workflow berarti alur kerja yang berlaku bagi sebuah posisi dalam menjalankan pekerjaannya pada suatu perusahaan. Biasanya workflow berbentuk urutan pekerjaan, termasuk jika pekerjaan tersebut melibatkan posisi atau tim lain.

Nah, itu lah 40 istilah dalam dunia kerja yang sering digunakan dan wajib untuk kamu ketahui. Bagi kamu yang ingin menghadapi dunia kerja dengan lebih percaya diri, pertimbangkan untuk belajar bahasa Inggris, terutama untuk keperluan bisnis. 

Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan dirimu dengan mengambil beberapa kursus sesuai bidang minat dengan Kartu Prakerja di Cakap. #SiapaCakapDiaDapat

Cakap Kartu Prakerja

Baca juga :

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat