Harus Presentasi dalam Bahasa Inggris? Pakai 6 Tips ini!

presentasi bahasa inggris

Duh, udah disuruh presentasi, pakai bahasa Inggris pula! Harus ngomong apa ya nanti? Nah, jangan panik dulu, Sobat Cakap. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kamu bisa maksimal saat presentasi. Tapi sebelumnya, tahu gak sih manfaat presentasi dalam bahasa Inggris?

Baik saat kamu sekolah atau bekerja, presentasi berguna untuk memberikan ide dan berbagi pengetahuan kepada pendengar. Ada banyak keuntungan lho kalau kamu bisa presentasi dalam bahasa Inggris. Misalnya, kamu jadi semakin percaya diri untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggrismu ketika harus tampil di depan banyak orang. Atau, kamu bisa meraih promosi jabatan ketika atasanmu melihat potensimu!

Buat kamu yang masih suka takut atau gugup kalau disuruh presentasi menggunakan bahasa Inggris, kali ini Cakap akan kasih kamu 6 tips supaya presentasimu lancar. Yuk simak!

Nervous is okay!

Siapa bilang gugup tanda tak mampu? Gugup atau nervous itu sangatlah wajar. Saat gugup, kadang kita jadi memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Misalnya, kamu takut nge-blank saat sudah di depan. Cara mengatasinya bisa dengan memikirkan hal positif dan menyemangati diri sendiri, misalnya “Aku bisa kok! Udah latihan, pasti bisa!”

Ucapkan salam pembuka

Sebelum memulai, beri salam pembuka dan perkenalkan dirimu terlebih dahulu. Lalu, sampaikan secara singkat poin materi yang akan kamu bahas. Hal ini bertujuan untuk membuatmu lebih terorganisir, serta memberi pendengar sedikit gambaran tentang bahasanmu.

Untuk memperkenalkan diri, kamu bisa bilang begini:

Hello. Let me introduce myself. My name is… and I am from… (Halo. Perkenalkan, nama saya … dan saya berasal dari…)

Let me introduce ourselves. I am… and this is my partner,… (Perkenalkan. Saya… bersama rekan saya yang bernama…)

Menjelaskan Materi

Di tahap ini, kamu perlu menjadikan tiap poin menjadi sistematis. Caranya dengan tetap tenang dan atur napasmu sebaik mungkin. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami dan saling berkaitan. Misalnya, kamu ingin lanjut dari membahas soal online learning menuju the benefits of online learning, kamu bisa mengatakan:

Now, we have known what online learning is. Then, are there any benefits? Of course there are! First, you… (Sekarang, kita sudah tahu apa itu online learning. Lalu, apakah ada manfaatnya? Tentu ada! Pertama, kamu…)

Kalimat lain yang bisa kamu gunakan antara lain:

The examples are… (Contohnya seperti…)

There will also be a discussion about… (Saya akan membahas pula tentang…)

First, about Cakap learning application. It is beneficial for those who wants to learn foreign languages such as… (Pertama, tentang aplikasi belajar Cakap. Aplikasi tersebut bermanfaat bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing seperti…)

Because of this…., (Karenanya…)

In addition… (Selain itu…)

Tanya Jawab

Jangan lupa untuk mengadakan sesi tanya jawab! Bagian ini penting lho, sebab kamu akan secara langsung menggiring pendengar untuk turut berpartisipasi. Dengan tanya jawab, kamu serta pendengar akan mendapat pengetahuan tambahan. Gunakan kalimat ini ya:

Anybody would like to ask a question? (Apakah ada yang mau bertanya?)

I will try to answer any questions. (Saya akan coba jawab pertanyaan apapun.)

Feel free to ask me anything. (Jangan ragu untuk bertanya.)

The point is…

Buatlah kesimpulan sesingkat mungkin supaya pendengar lebih memahami inti presentasimu. Setelah semua poin selesai dibahas, mungkin saja pendengar lupa dengan poin kedua atau yang pertama. Nah, gunanya menyimpulkan adalah untuk mengingatkan kembali pada mereka tentang keseluruhan isi. Jadi, bagian ini jangan sampai kelewatan ya!

Penutup

Kalau udah selesai presentasi, ucapkan salam penutup ya! Kamu harus memberi ucapan terimakasih serta apresiasi terhadap pendengar yang sejak awal telah menyimak presentasimu. Kamu bisa pakai kalimat berikut ya:

Thank you very much for your attention. (Terimakasih banyak atas perhatiannya.)

Thank you for listening. (Terimakasih telah mendengarkan.)

Thank you for paying attention. (Terimakasih telah mendengarkan.)

Practice!

Sebelum presentasi, persiapkan dirimu dengan matang supaya kamu terhindar dari rasa gugup. Caranya gampang, kamu hanya perlu sering latihan di depan cermin! Usahakan berlatih sambil mengoreksi pelafalan, intonasi, serta ekspresi. Dengan begitu, dijamin kamu akan cepat menguasai materi!

Terapkan tips di atas, jadi  kalau disuruh presentasi gak akan takut-takut lagi deh! Intinya, harus banyak berlatih dan tetap percaya diri. Mau mendalami lebih lanjut cara presentasi dalam bahasa Inggris? Buat kamu yang sudah memiliki Kartu Prakerja, kamu busa memanfaatkan program bahasa Inggris prakerja di Cakap. Materi yang diajarkan relevan dengan profesi kamu sehingga bisa langsung diterapkan deh saat kamu bekerja! Yuk, klik banner dibawah ini.

Cakap Kartu Prakerja

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google