Procedure Text: Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

procedure text

Pernahkah kalian mengikuti suatu tutorial? Misal, cara mudah belajar grammar bahasa Inggris. Hal yang berhubungan dengan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu merupakan contoh dari procedure text atau teks prosedur bahasa inggris. Lain halnya descriptive text yang menjelaskan sesuatu secara spesifik.

Daftar Isi Materi Procedure Text

Pengertian Procedure Text

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa procedure text adalah teks yang berisikan perintah atau langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kata lain, procedure text ini dibuat untuk memberi gambaran bagaimana sesuatu dilakukan melalui langkah yang berurut.

Judul procedure text sangat mudah dikenali. Biasanya diawali dengan kata “How to…”. Misalnya, “How to learn English quickly” (Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat), “How to have a conversation in English” (Cara melakukan percakapan bahasa Inggris), dan masih banyak yang lainnya.

Ini Rahasia Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

Ciri-Ciri Procedure Text

Berikut adalah ciri-ciri procedure text. Ciri-ciri di bawah ini akan membantumu mengenali perbedaan procedure text dengan jenis text yang lainnya.

  • Menggunakan simple present tense
  • Menggunakan imperative sentence (kalimat perintah). Contoh: add two spoons, cook with low heat, blend the spices, dsb.
  • Menggunakan action verbs. Contoh: add, put, turn.
  • Menggunakan numbering. Contoh: first, second, third.
  • Menggunakan conjunctions (kata penghubung). Contoh: next, then, while.
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk memperjelas tahapan yang dilalui. Contoh: correctly, carefully, slowly, for 2 minutes, dsb.

Jenis Procedure Text

Setelah mengenali ciri-cirinya, kamu juga perlu berkenalan dengan jenis procedure text. Secara garis besar ada tiga jenis procedure text yang bisa kamu kenali. Berikut penjelasannya!

  • Procedure text yang memaparkan cara mengoperasikan/menggunakan sesuatu.
    Misalnya
    how to use camera, how to use rice cooker.
  • Procedure text yang memberikan instruksi dalam melakukan kegiatan tertentu.
    Misalnya
    how to play guitar, how to make a brownies.
  • Procedure text yang berkaitan dengan kiat-kiat menjalani hidup.
    Misalnya
    how to be successful in life, how to make yourself happy.

Struktur Procedure Text

Kamu mungkin pernah atau sering membaca text jenis satu ini. Tapi sudahkah kamu tahu apa saja struktur yang membangun procedure text? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak baik-baik struktur procedure text berikut!

  • Goal/Aim : berisikan maksud dan tujuan dari procedure text terkait.
  • Materials : berisikan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan tahapan suatu procedure text. Selain kata materials, kamu juga bisa menggunakan kata ingredients
  • Steps : daftar langkah yang berurutan untuk menyelesaikan tahapan procedure text. Untuk menunjukkan steps, umumnya menggunakan angka atau kata-kata seperti, first, second, finally, dll
  • Result : hasil dari proses atau langkah-langkah yang telah dilakukan.

Fungsi Procedure Text

Setiap teks jenis apa pun, pasti memiliki dan menempati fungsinya masing-masing. Sejalan dengan pengertiannya yang berfokus pada langkah-langkah melakukan sesuatu, fungsi utama dari text ini adalah menguraikan satu persatu bagaimana sesuatu bisa dibuat atau dicapai.

Lewat procedure text ini, kamu akan lebih mudah memahami dan membaca petunjuk cara melakukan sesuatu melalui langkah-langkah dengan urutan yang benar. Maka dari itu struktur yang dimiliki oleh procedure text juga sangat terperinci dan jelas merujuk pada tujuan atau fungsi utama dari teks ini.

procedure-text

Belajar Bahasa Inggris di Cakap, Bisa Belajar di Mana pun dan Kapan pun!

Contoh Procedure Text

Mari lebih mengenal procedure text melalui contoh yang tertera di bawah ini! 

1. How to Make Korean Sandwich 

(Cara Membuat Sandwich ala Korea)

Contoh procedure text

A sandwich is a food made from bread with various variations or toppings. This time, we will make a Korean-style sandwich that has a characteristic in its filling. Let’s, prepare the ingredients and follow the steps below!

Ingredients:
– White bread
– Smoked meat
– Egg
– Lettuce
– Cheddar
– Honey and margarine
– Tomato sauce

How to make:
First, put the margarine into the heated Teflon. Then, bake the bread on Teflon.

After that, it’s time to fry the omelet on Teflon. When the egg is almost cooked, put the bacon and white bread on it.

Then, arrange the omelet, bacon, cheese, lettuce, honey, and sauce on the bread. Cover sandwich filling with bread.

Now, you can enjoy your Korean sandwiches!

2. How to Connect a Wireless Mouse

 (Cara Menghubungkan Mouse Nirkabel)

First, plug in your mouse’s receiver to your computer’s USB port. Then, the mouse driver will automatically be installed to detect the wireless mouse. (Pertama, tancapkan receiver mouse ke port USB komputer kamu. Kemudian, driver mouse akan terinstal secara otomatis untuk mendeteksi mouse nirkabelnya)

Second, make sure that your mouse has batteries or is charged. To do this, flip the mouse over and remove the battery compartment cover. (Kedua, pastikan mouse kamu memiliki baterai atau terisi dayanya. Untuk melakukan ini, balikkan mouse dan lepaskan penutup baterainya)

Third, turn on your mouse. Usually the on/off switch is on the back of the mouse. (Ketiga, nyalakan mouse kamu. Biasanya tombol on/off nya ada di bagian belakang mouse)

Finally, your wireless mouse is ready to use. (Terakhir, mouse nirkabel kamu siap digunakan.)

Demikian artikel mengenai procedure text. Sudah mulai paham kan? Sering-sering dilatih ya! Nah, untuk kamu yang berminat kursus bahasa Inggris secara berkelompok dengan bimbingan tutor profesional tentunya, yuk segera bergabung bersama Cakap English Club

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat