Materi Procedure Text : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contohnya

text procedure

Pernahkah kalian mengikuti suatu tutorial? Misal, cara mudah belajar grammar bahasa inggris. Hal yang berhubungan dengan langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu merupakan contoh dari procedure text.

Pengertian Procedure Text

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa procedure text adalah teks yang berisikan perintah atau langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kata lain, procedure text ini dibuat untuk memberi gambaran bagaimana sesuatu dilakukan melalui langkah yang berurut.

Judul procedure text sangat mudah dikenali. Biasanya diawali dengan kata “How to…”. Misalnya, “How to speak English Fluently and Confidently” (Cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri), “How to use Linking Verbs” (Cara menggunakan kata kerja penghubung), dan masih banyak yang lainnya.

Ciri-Ciri Procedure Text

Procedure text memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Menggunakan simple present tense
  • Menggunakan imperative sentence (kalimat perintah). Contoh: add two spoons, cook with low heat, blend the spices, dsb.
  • Menggunakan action verbs. Contoh: add, put, turn.
  • Menggunakan numbering. Contoh: first, second, third.
  • Menggunakan conjunctions (kata penghubung). Contoh: next, then, while.
  • Menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk memperjelas tahapan yang dilalui. Contoh: correctly, carefully, slowly, for 2 minutes, dsb.

Jenis-Jenis Procedure Text

Berikut adalah jenis-jenis procedure text yang perlu kamu ketahui.

  • Procedure text yang memaparkan cara mengoperasikan/menggunakan sesuatu. Misalnya how to use camera, how to use rice cooker.
  • Procedure text yang memberikan instruksi dalam melakukan kegiatan tertentu. Misalnya how to play guitar, how to make a brownies.
  • Procedure text yang berkaitan dengan kiat-kiat menjalani hidup. Misalnya how to be successful in life, how to make yourself happy.

Struktur Procedure Text

Pada umumnya procedure text memiliki struktur sebagai berikut.

  • Goal/Aim : berisikan maksud dan tujuan dari procedure text terkait.
  • Materials : berisikan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan tahapan suatu procedure text.
  • Steps : daftar langkah yang berurutan untuk menyelesaikan tahapan procedure text.  
  • Result : hasil dari langkah-langkah yang telah dilakukan.

Contoh Procedure Text

Berikut ini adalah salah satu contoh procedure text.

How to Connect a Wireless Mouse
(Cara Menghubungkan Mouse Nirkabel)

First, plug in your mouse’s receiver to your computer’s USB port. Then, the mouse driver will automatically be installed to detect the wireless mouse. (Pertama, tancapkan receiver mouse ke port USB komputer kamu. Kemudian, driver mouse akan terinstal secara otomatis untuk mendeteksi mouse nirkabelnya)

Second, make sure that your mouse has batteries or is charged. To do this, flip the mouse over and remove the battery compartment cover. (Kedua, pastikan mouse kamu memiliki baterai atau terisi dayanya. Untuk melakukan ini, balikkan mouse dan lepaskan penutup baterainya)

Third, turn on your mouse. Usually the on/off switch is on the back of the mouse. (Ketiga, nyalakan mouse kamu. Biasanya tombol on/off nya ada di bagian belakang mouse)

Finally, your wireless mouse is ready to use. (Terakhir, mouse nirkabel kamu siap digunakan.)

Demikian artikel mengenai procedure text. Sudah mulai paham kan? Sering-sering dilatih ya! Nah, untuk kamu yang berminat belajar bahasa Inggris secara berkelompok dengan bimbingan tutor profesional tentunya, yuk segera bergabung bersama Cakap English Club. 

cakap english club

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google