Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Mempelajari sesuatu yang baru tidaklah selalu menyenangkan dan mudah apalagi bila hal itu berbeda dengan apa yang biasa kita temui, misalnya belajar bahasa dan kebudayaan asing. Dalam mempelajari bahasa asing terkadang kita mengalami kesulitan untuk memahami maksud dari sebuah ungkapan atau kata yang mungkin tidak dapat diartikan ke bahasa Indonesia.

Menonton film bisa membantu kamu memahami bahasa asing karena kamu akan menyaksikan bagaimana kosakata dan ekspresi digunakan dalam sebuah percakapan. Belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya tidak selalu terpaku pada buku, kamu bisa belajar lewat lagu, video, atau film. Kali ini kita akan membicarakan bagaimana cara belajar bahasa Inggris lewat film. Berikut penjelasannya,

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Lewat Film?

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
sumber: giphy

Belajar bahasa Inggris lewat buku memang baik tapi kamu tidak mendengar bagaimana suatu kosakata atau kalimat diucapkan dalam situasi sehari-hari. Ya, mungkin kamu juga memiliki rekaman suara dari bab buku yang sedang dibaca, namun apakah kamu melihat ekspresi orang tersebut ketika mengatakan kosakata atau kalimat bahasa Inggris?

Dengan menonton film, kamu akan lebih memahami konteks dari tata bahasa dan kosakata yang kamu pelajar di buku. Kamu pun akan melihat bagaimana percakapan dalam bahasa Inggris atau bahasa lain yang sedang kamu pelajari secara lebih nyata.

Belajar bahasa asing dengan menonton film membantumu melatih kemampuan mendengarkan bagaimana kosakata yang dipelajari digunakan dan kapan kamu harus menggunakan tata bahasa dalam percakapan. Selain itu, kamu pun menjadi lebih memahami intonasi dan ekspresi dalam percakapan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya lewat film.

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Film

Pilih film

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
sumber: giphy

Pilihlah film yang menarik minatmu untuk ditonton. Kamu suka drama? Mungkin Forrest Gump bisa menjadi rekomendasi. Kamu suka film animasi? Film animasi Disney sangat disarankan. Kamu suka film petualangan atau fiksi sains? Star Wars-lah jawabannya.

Dengan memilih film yang memang kamu sukai, kamu akan lebih termotivasi untuk menonton dan belajar. Disarankan juga untuk memilih film yang sudah pernah kamu tonton sehingga kamu sudah mengetahui alur ceritanya.

Pilihlah film yang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki saat ini. Misalnya, bila kamu masih di tingkat pemula, film anak-anak atau remaja akan lebih mudah dipahami dibandingkan film pemenang berbagai penghargaan yang berat. Untuk rekomendasi film, kamu bisa melihat rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris dari Cakap.

Baca JugaRekomendasi Film dan Buku Belajar Bahasa Inggris

Kamus

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
sumber: giphy

Sangat disarankan agar kamu menonton film dengan menggunakan DVD, BluRay, atau nonton film online karena kamu bisa menjeda film kapanpun kamu mau. Ketika kamu menemukan kosakata yang belum diketahui maknanya, kamu bisa menjeda film dan mencarinya di dalam kamus. Setelah menemukan maknanya, catat di sebuah buku catatan agak kamu tidak lupa.

Ulangi

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Film
sumber: giphy

Mungkin kamu akan menemukan frase atau kalimat yang menurutmu keren di dalam film. Kamu bisa mencatatnya dan mengulangi kalimat tersebut agar lebih paham. Misalnya.  “Hell yeah!”—untuk menunjukan persetujuan—kamu bisa menggunakan ekpresi tersebut untuk percakapan sehari-hari.

Namun, kamu juga harus berhati-hati agar bukan kata-kata kasarlah yang kamu gunakan. Jangan hanya karena keren, kamu tidak menyaring informasi yang kamu dapat. Tontonlah film sebanyak dua kali, pertama dengan subtitel, lalu yang kedua tanpa subtitel agar kamu bisa lebih melatih kemampuan menyimakmu.

Tidak apa bila kamu melewatkan beberapa kata atau kalimat, yang penting kamu sudah belajar hal baru. Jangan lupa beristirahat jika kamu merasa lelah di tengah-tengah film. Ingat, belajar akan lebih efektif bila kamu dalam keadaan terbaik.

Belajar bahasa Inggris bisa menjadi sangat menyenangkan bila kamu tahu caranya. Cari kata atau kalimat yang kurang dipahami, pelajari, ulangi. Nonton film online atau lewat DVD/BluRay juga sangat disarankan agar kamu bisa menjeda film kapanpun kamu mau. Lagipula, jika kamu melakukan hal ini di bioskop, akan jadi sangat sulit karena minimnya cahaya da nada subtitel bahasa Indonesia.

Belajar bahasa Inggris lebih cerdas agar hasil jadi lebih maksimal. 

Baca Juga : Ingin Kursus Bahasa Inggris Online? Di Cakap saja!

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google