Apa itu TOEFL? Ini Arti, Jenis, dan Tips Menghadapinya

apa itu toefl

Ketika kamu ingin kuliah atau kerja di luar negeri, biasanya salah satu syaratnya adalah sertifikat TOEFL. Bahkan, sekarang sertifikat TOEFL juga menjadi syarat untuk bekerja. Tapi, kamu tau gak sih apa itu TOEFL? Kalau kamu masih asing, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu TOEFL?

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language berupa tes untuk membuktikan kecakapan keterampilan bahasa Inggrismu. Ada empat bagian dalam TOEFL yaitu Listening ComprehensionStructure and Written ExpressionReading Comprehension, dan Test of Written English.

Tes ini diperuntukan untuk negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Tujuan dari tes TOEFL yaitu sebagai salah satu syarat untuk membawamu kuliah atau kerja di luar negeri.

Masa berlaku menjadi pertanyaan paling umum yang ditanyakan peserta tes setelah mengikuti tes TOEFL. Menurut ETS (English Test Service), masa berlaku tes TOEFL adalah dua tahun yang diakui dunia.

Perbedaan IELTS dan TOEFL

Apa perbedaan TOEFL dan IELTS? Berikut telah dirangkum beberapa perbedaan TOEFL dan IELTS:

1. Bahasa/Aksen yang Digunakan

TOEFL adalah tes atau ujian kemampuan bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris Amerika (American accent). Sedangkan IELTS adalah ujian bahasa Inggris dengan menggunakan British accent.

2. Skoring

Perbedaan tes TOEFL dan IELTS yang sangat jelas dalam hal skoring. Maksimal skor TOEFL adalah 677. Sedangkan penilaian pada IELTS berkisar pada angka 0-120.

3. Kemampuan yang Diuji

Beberapa kemampuan yang diuji dalam TOEFL dan IELTS memiliki kesamaan. Dalam TOEFL, kemampuan yang diuji berupa Listening, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English. Sedangkan IELTS, menguji kemampuan Writing, Listening, Reading, dan Speaking.

Tes pada TOEFL disajikan dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan tes IELTS tidak disajikan dalam bentuk pilihan ganda, melainkan tulisan tangan

Tiga Jenis TOEFL test Bahasa Inggris

Tes TOEFL PBT
 Photo from Freepik

Sejauh ini ada tiga jenis TOEFL yang telah dikeluarkan oleh ETS, diantaranya:

1. TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah jenis tes yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS di mana kertas digunakan sebagai alat tes. Ada tiga bagian dalam TOEFL PBT yaitu ListeningStructureReading. Rentang skor TOEFL PBT adalah 217 sampai 677 dengan durasi tes yaitu 2 sampai 2,5 jam.

2. TOEFL CBT (Computer Based Test)

TOEFL CBT adalah jenis kedua TOEFL yang dapat dikatakan menjadi pengganti jenis pertama yang masih jarang dipakai di Indonesia. Dengan TOEFL CBT, kamu akan mengikuti tes menggunakan komputer. Materi yang diujikan adalah ListeningStructureReading, dan Writing dengan rentang skor 0-300 dan durasi yang tidak berbeda dengan jenis pertama.

3. TOEFL IBT (Internet Based Test)

TOEFL IBT adalah jenis terbaru yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2006. TOEFL IBT juga menggunakan komputer sebagai alat tes, hanya sistem tesnya menggunakan internet sehingga kamu mengerjakan soal secara online. Materi yang diajukan tidak berbeda dengan jenis sebelumnya. Perbedaannya adalah durasinya yaitu sekitar 4 jam dan rentang skornya yaitu 0-120.

Baca Juga: Ini Minimum Skor TOEFL untuk Kuliah di Eropa

Tips Belajar TOEFL

 Photo from Pexels

Agar kamu bisa lulus tes TOEFL dengan nilai atau skor yang bagus, kamu perlu melakukan beberapa persiapan sebagai berikut:

1. Tentukan Waktu Persiapan dan Waktu Belajar

Sebelum mengambil tes TOEFL, sebaiknya kamu mempersiapkan waktu sekitar 3-6 bulan untuk belajar. Pastikan kamu meluangkan waktu setidaknya 1 jam perhari untuk belajar materi.

2. Mencari Informasi Seputar TOEFL yang Akan Diikuti

Pastikan kamu sudah mengetahui tentang detail TOEFL yang akan kamu ikuti, mulai dari jenis TOEFl, bagaimana penilaiannya, dan berapa durasi yang ditentukan untuk setiap tesnya.

3. Belajar Soal-Soal TOEFL

Belajar soal-soal TOEFL sangat penting. Dengan begitu, nantinya kamu akan mendapatkan gambaran tentang bentuk soal yang akan diujikan. 

4. Mengikuti Tes Persiapan TOEFL

Maksimalkan persiapan TOEFL-mu dengan mengikuti tes persiapan TOEFL. Melakukan tes persiapan sebelum melakukan TOEFL akan membantu kamu lebih luwes dan lebih siapa saat akan melakukan tes TOEFL di hari-H. 

Kenali juga tipsnya disini ya : 5 Cara Belajar TOEFL Otodidak dan Tips Jitu agar Maksimal

Setelah mengetahui apa itu TOEFL, jenis-jenisnya, bagaimana persiapannya, dan apa perbedaanya dengan IELTS sekarang kamu bisa mengikuti tes simulasi TOEFL di Cakap. Hanya membutuhkan waktu 40 menit, kamu bisa meningkatkan peluang untuk dapat skor tinggi ketika tes TOEFL!

Baca Juga:

Coba latihan soal TOEFL, yuk!

Di quiz kali ini, Cakap Quiz mencomot 5 nomor soal TOEFL bagian structure and written expression. Kira-kira kamu bisa perfect score gak? Ayo coba buktikan sekarang!


Nama
Email
Phone
Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Dapatkan E-Book Bahasa Inggris Lengkap, GRATIS!

Belajar Bahasa Inggris gak sesulit Itu loh! Kamu bisa dapatkan tips dan triknya dengan satu langkah mudah, hanya dengan isi data di bawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat