Mengupas TOEFL PBT, Jenis Tes TOEFL Pertama

persiapan toefl

TOEFL memiliki tiga jenis tes, salah satunya yaitu TOEFL PBT. TOEFL PBT adalah jenis tes tertua yang dikeluarkan oleh ETS (English Testing Service). Meski begitu, masih banyak yang belum paham apa itu TOEFL PBT. Untuk itu, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu TOEFL PBT?

TOEFL PBT adalah jenis tes TOEFL berbasis kertas dan hanya tersedia di beberapa negara saja. Jenis tes ini berlangsung selama 2,5 jam dan ada tiga sesi utama dalam TOEFL PBT diantaranya adalah Listening, Structure, dan Reading.

Sesi Listening

Sesi ini menguji kemampuanmu dalam mendengarkan dialog atau narasi dalam bahasa Inggris melalui audio tape yang diputarkan oleh panitia tes. Sesi ini memiliki 50 soal dengan durasi 40 menit.

Sesi Structure

Pada sesi ini, pemahamanmu soal grammaratau tata bahasa akan diuji. Dalam sesi ini, kamu akan bertemu dengan soal-soal finding errors, di mana kamu harus menunjukkan letak kesalahan dalam suatu kalimat. Sesi ini memiliki 40 soal dengan durasi 25 menit.

Sesi Reading

Sesi ini menguji kemampuanmu dalam memahami berbagai teks bacaan. Umumnya, pemahaman yang diuji yaitu terkait topik teks bacaan, isi bacaan, ide utama, dan bahkan arti kata dalam teks bacaan tersebut.

Dalam sesi ini, konsentrasi dan bank kosakata kamu paling diuji. Sesi ini memiliki 50 soal  bacaan dengan durasi 55 menit. Untuk berhasil melewati sesi ini, kamu harus menyusun strategi yang cepat dan tepat.

Gratis! Genjot Nilai TOEFL lewat Tes Simulasi TOEFL Online di Cakap!

Sesi Test of Written English

Sesi ini menguji kemampuanmu untuk menuangkan isi pikiran ke dalam sebuah essai. Namun, tidak banyak tes TOEFL yang mengujikan sesi ini. Skor sesi ini pun diberikan secara terpisah dari tiga sesi utama. Jika diujikan, sesi ini berada sebelum sesi listening.

Sesi

Waktu (menit)

Jumlah Soal

Listening

40

50

Structure

25

40

Reading

55

50

Test of Written English

30

1 topik

Sistem Penilaian TOEFL PBT

Rentang skor TOEFL PBT adalah 310 sampai 677. Skor ini terdiri dari 3 sesi utama dari TOEFL PBT yaitu listening, structure, dan reading. Sesi test of written english terpisah dari tiga sesi utama dan memiliki rentang skor berbeda yaitu antara 0 sampai 6.

Sampai kapan masa berlaku TOEFL PBT? Nilai TOEFL PBT berlaku selama dua tahun terhitung dari tahun tes. TOEFL PBT dapat kamu gunakan untuk universitas mana pun yang mengakui TOEFL iBT. Sebab, ETS telah mengeluarkan tabel konversi untuk kampus dalam mengkonversi nilai PBT ke iBT.

Berapa skor TOEFL minimum untuk kerja atau kuliah? Saat ini kebanyakan perusahaan dan universitas mematok nilai TOEFL mulai dari 450-550. Makanya, kamu harus rajin ikut tes simulasi TOEFL online agar skor TOEFL kamu tinggi!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks