Apa itu TOEFL? Ini Penjelasannya!

apa itu toefl

Ketika kamu ingin kuliah atau kerja di luar negeri, biasanya salah satu syaratnya adalah skor TOEFL. Bahkan, sekarang skor TOEFL juga menjadi syarat untuk bekerja. Tapi, kamu tau gak sih apa itu tes TOEFL? Kalau kamu masih asing, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu TOEFL?

source: giphy.com

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language yang merupakan sebuah tes untuk membuktikan kecakapan keterampilan bahasa Inggrismu. Ada empat bagian dalam TOEFL yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English.

Tes ini diperuntukan untuk negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Tujuan dari test seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu sebagai salah satu syarat untuk membawamu kuliah atau kerja di luar negeri.

Masa berlaku menjadi pertanyaan paling umum yang ditanyakan peserta tes setelah mengikuti tes TOEFL. Menurut ETS (English Test Service), masa berlaku tes TOEFL yang diakui oleh dunia adalah dua tahun. Jadi, selama dua tahun kamu bisa ikut les bahasa Inggris agar skor kamu bisa meningkat.

Genjot Skor TOEFL dengan Ikut Tes Simulasi TOEFL Ini!

Tiga Jenis TOEFL

Sejauh ini ada tiga jenis TOEFL yang telah dikeluarkan oleh ETS, diantaranya:

1. TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah jenis tes yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS di mana kertas digunakan sebagai alat tes. Ada tiga bagian dalam TOEFL PBT yaitu Listening, Structure, Reading. Rentang skor TOEFL PBT adalah 217 sampai 677 dengan durasi tes yaitu 2 sampai 2,5 jam.

2. TOEFL CBT (Computer Based Test)

TOEFL CBT adalah jenis kedua TOEFL yang dapat dikatakan menjadi pengganti jenis pertama yang masih jarang dipakai di Indonesia. Dengan TOEFL CBT, kamu akan mengikuti tes menggunakan komputer. Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading, dan Writing dengan rentang skor 0-300 dan durasi yang tidak berbeda dengan jenis pertama.

3. TOEFL IBT (Internet Based Test)

TOEFL IBT adalah jenis terbaru yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2006. TOEFL IBT juga menggunakan komputer sebagai alat tes, hanya sistem tesnya menggunakan internet sehingga kamu mengerjakan soal secara online. Materi yang diajukan tidak berbeda dengan jenis sebelumnya. Perbedaannya adalah durasinya yaitu sekitar 4 jam dan rentang skornya yaitu 0-120.

Setelah mengetahui apa itu TOEFL dan perbedaan tiga jenisnya, sekarang kamu bisa mengikuti tes simulasi TOEFL di Cakap. Hanya membutuhkan waktu 40 menit, kamu bisa meningkatkan peluang untuk dapat skor tinggi ketika tes TOEFL!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks