Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

Mungkin banyak di antara kamu yang berlajar bahasa Inggris atau ikut kursus bahasa Inggris online adalah karena ingin lulus tes TOEFL. Bagi kamu yang belum tahu apa itu tes TOEFL, TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini berfungsi untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dengan logat Amerika guna diperlukan untuk keperluan akademis perguruan tinggi di Amerika Serikat atau negara-negara lainnya.

Apa fungsi Tes TOEFL? Tes TOEFL adalah

  1. Merupakan salah satu syat penerimaan bila kamu ingin mengikuti short course program di luar negeri. Kamu harus memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai yang ditentukan.
  2. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S-1, S-2, atau S-3 di Amerika Serikat atau negara lain yang menuturkan bahasa Inggris,
  3. Salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa di Amerika Serikat dan/atau negara lain yang menuturkan bahasa Inggris. Bahkan sekarang, di Indonesia pun sudah menerapkan sistem serupa.
  4. Syarat untuk melamar pekerjaan baik di dalam mau pun di luar negeri
  5. Sebagai syarat untuk mendaftar ke program atau organisasi dan institusi internasional
  6. Untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki

Tes TOEFL ini memiliki dia jenis tes, yaitu iBT (Internet-based Test) dan PBT (Paper-based Testing). iBT atau Internet-based Test adalah tes TOEFL yang dilaksanakan dengan menggunakan komputer dan terhubung dengan jaringan internet. Sedangkan PBT atau Paper-based Testing dilaksanakan secara manual atau dengan menggunakan media kertas.

Dari kedua jenis tes tersebut, skala skor penilaian hasil tesnya pun berbeda. Untuk iBT atau Internet-based Test, skor penilaian berkisar antara 216-677. Untuk jenis tes PBT atau Paper-based Testing, skor tesnya berkisar antara 310-677.

Cara Lulus Tes TOEFL

Setelah kamu memahami apa itu tes TOEFL, berikut adalah cara untuk lulus tes TOEFL:

Membuat Daftar Nilai

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

 

sumber: giphy

Kunci dari kesuksesan nilai TOEFL adalah target. Kamu harus tahu berapa nilai yang kamu butuhkan untuk memasuki sebuat perguruan tinggi atau perusahaan di luar negeri. Buatlah daftar nilai minimum yang menjadi syarat masuk. Kamu bisa mencari tahu di situs resmi sekolah atau perusahaan yang dituju.

Setelah itu, kamu buat target nilai yang harus dicapai. Dari sana kamu tahu sekeras apa kamu harus berlatih dan berusaha. Kurang lebih seperti ini contohnya:

Universitas Nilai Minimum Target Nilai
Universitas A    
Universitas B    
Universitas C    

Perusahaan Nilai Minimum Target Nilai
Perusahaan A    
Perusahaan B    
Perusahaan C    

Cari Tahu Tentang Format Test TOEFL

Tes TOEFL memiliki dua jenis, iBT atau Internet-based Test dan PBT atau Paper-based Testing. Tes TOEFL iBT dan PBT meliputi tes membaca (reading), menyimak (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Masing-masing tes memiliki waktu dan soalnya tersendiri. Misalnya untuk tes menulis PBT, peserta akan diminya untuk membuat sebuat esai sepanjang 250-300 kata dalam waktu 30 menit.

Sedangkan untuk tes membaca iBT, peserta akan diminta untuk membaca 3-4 wacana yang disajikan, setelah itu peserta akan diminya untuk menjawab pertanyaan seputar wacana tersebut. Biasannya peserta akan ditanyakan soal pokok pikiran, kosa kata dalam wacana, inti isi wacana, dan lain sebagainya.

Buat Target Durasi Belajar

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

 

sumber: giphy

Kamu sudah tahu berapa nilai yang harus kamu capai, kamu pun sudah tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sekarang, waktunya membuat target durasi belajar. Hal ini dimaksudkan agar kamu tahu berapa lama kamu harus belajar dan berlatih sehingga kamu tidak hanya mempelajari satu bagian saja.

Berikut contoh tabel belajarnya:

Seksi Durasi Belajar Per Hari
Membaca 2 Jam
Menyimak 2 Jam
Berbicara 3 Jam
Menulis 1 Jam

Buat Rencana Belajar

Kamu sudah punya perkiraan berapa lama kamu harus belajar untuk setiap sesi di tes TOEFL. Sekarang waktunya untuk membuat rencana belajar. Rencana belajar berisi materi apa saja yang harus kamu pelajari dan kapan kamu harus mempelajari materi tersebut.

Cari  tahu kapan kamu harus tes TOEFL, hal ini agar kamu tahu kapan harus mulai belajar dan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu. Ingat, kamu tidak perlu belajar semuanya seharian, dicicil lebih baik.

Kursus Bahasa Inggris

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

 

sumber: giphy

Kursus bahasa Inggris dapat sangat membantumu belajar, mereka sudah memiliki program dan perencanaan belajar untukmu. Kamu tinggal mengikuti dan berlatih di rumah. Bila kamu tidak memiliki waktuuntuk ke tempat les atau tempat kursus yang sulit dijangkau, kursus bahasa asing online bisa menjadi pilihan.

Karena dengan kursus bahasa Inggris online, kamu bisa belajar kapanpun dan di manapun. Kamu hanya membutuhkan gawai seperti laptop atau tablet dan koneksi internet untuk belajar. Bahkan institusi kursus bahasa Inggris online seperti Cakap, kini sudah hadir dalam bentuk aolikasi untuk ponsel pintar sehingga kamu bisa belajar di ponsel pintarmu.

Itu dia 5 cara lulus tes TOEFL. Selain 5 cara tersebut, Cakap ingin memberi tahumu tentang strategi untuk lulus tes TOEFL. Berikut strategi lulus tes TOEFL:

Membaca

  • Cobalah untuk mengingat kosa kata bahasa Inggris

  • Gunakan strategi membaca paragraph dalam bahasa Inggris

  • Ketahui konteks dalam paragraf untuk mengetahui maksud dari kata yang tidak kamu ketahui dalam wacana tes TOEFL

  • Belajar untuk membuat catatan kecil ketika mendengarkan seminar atau audiobook bahasa Inggris. Ini baik untuk melatih kemampuanmu dalam menemukan inti dari wacana.

  • Latih kecepatan dan efektivitas membaca

  • Lewati pertanyaan yang sulit dan kerjakan setelah yang mudah selesai

Menyimak

  • Dengarkan berbagai aksen bahasa Inggris. American English, Australian English, British English. Buat dirimu merasa familiar dengan variasi aksen bahasa Inggris

  • Buat catatan ketika mendengarkan wacana

  • Perhatikan dan simak baik-baik apa yang dikatakan dalam wacana

Berbicara

  • Latih kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan penutur asli bahasa Inggris

  • Latih pelafalan bahasa Inggris

  • Rekam suaramu ketika melafalkan bahasa Inggris, lalu dengarkan dan koreksi

  • Jangan takut untuk berbicara

Menulis

  • Berlatih kecapatan menulis

  • Berlatih tentang ejaan dan tata bahasa

  • Buat poin-poin yang ingin ditulis ketika menulis esai

Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

 

sumber: giphy

Jangan lupa untuk melatih bagian yang merupakan kelemahanmu. Kelemahan itu untuk diperbaiki, bukan dihindari. Ingat, semakin kamu memperbaiki kekuranganmu, semakin tinggi pula nilai TOEFL-mu.

Pantau terus perkembangan belajar TOEFL-mu. Lihat pencapaianmu setiap minggu, sejauh mana kamu telah berkembang. Lihat juga sejauh mana kekuranganmu menjadi lebih baik. Bila kamu kesulitan untuk melakukan hal ini, ikutilah kursus bahasa Inggris online, di sana kamu akan diperlihatkan perkembangan belajarmu juga kelebihan dan kekuranganmu.

Intinya, untuk menghadapi tes TOEFL adalah siapkan dirimu sebaik mungkin, usahakan untuk tetap tenang selama tes, kurangi kekurangan yang dimiliki dan berlatih terus. 

Jika kamu ingin mengambil kursus persiapan TOEFL, kamu bisa coba di Cakap tentu saja kamu dapat memilih paket persiapan sesuai kebutuhan kamu. Selain persiapan TOEFL, tentunya Cakap juga menyediakan paket kursus bahasa Inggris untuk kamu yang mau belajar secara online.

Baca Juga: Alasan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google