Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!

Add Your Heading Text Here

Banyak yang mengatakan bahwa kartun hanya untuk disaksikan oleh anak-anak namun faktanya tidak demikian. Memang ada beberapa kartun dan film animasi yang khusus ditujukan untuk orang dewasa, misalnya BoJack Horseman dan The Simpsons. Menonton kartun dapat menjadi hiburan yang tepat ketika kamu mulai penat belajar bahasa Inggris tapi jika kamu memilih judul yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasamu, kartun dapat menjadi salah satu cara asik belajar bahasa Inggris.

Kali ini Cakap akan membahas kartun terbaik untuk membantu kamu belajar bahasa Inggris. Mengapa belajar bahasa Inggris lewat menonton kartun adalah ide yang bagus?

  1. Aktor suara di kartun mengucapkan kalimat dialog dengan jelas. Itu berarti mereka mengucapkan kosakata dengan baik sehingga semua orang dapat memahaminya.
  2. Banyak kartun anak-anak yang berfokus pada interaksi sosial, sehingga kamu dapat mendengar beberapa percakapan dan frasa yang memang digunakan di dunia nyata.
  3. Kartun anak-anak menggunakan kata-kata yang cukup sederhana untuk dipahami oleh pelajar bahasa Inggris tingkat pemula tetapi juga melemparkan banyak kosakata baru yang menantang untuk pelajar bahasa Inggris yang lebih maju.
  4. Jika Kamu menonton acara yang diperuntukan anak-anak yang sangat kecil, tokoh atau karakter dalam acara tersebut sering mengulangi kata-kata, frasa, dan bahkan struktur kalimat keseluruhan sehingga ini dapat memudahkanmu untuk belajar bahasa Inggris.
  5. Biasanya berdurasi pendek, sekitar 20 menit. Bahkan kadang-kadang setiap episode dibagi menjadi dua bagian masing-masing 10 menit.
Baca Juga

Nah, berikut 5 kartun terbaik untuk belajar bahasa Inggris baik untuk anak-anak dan orang dewasa:

WordGirl

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!
sumber: pbskids.org

WordGirl adalah serial televisi animasi anak-anak asal Amerika yang diproduksi oleh unit animasi Soup2Nuts dari Scholastic Entertainment for PBS Kids. Acara ini memiliki demografi usia penonton 4-9 tahun. WordGirl adalah acara televisi yang mengajarkan kosakata untuk anak-anak. Dalam acara ini, seorang gadis superhero bertarung dengan orang jahat melalui kekuatan kata-kata.

Belajar Bahasa Inggris dengan Aplikasi Cakap Jadi Lebih Praktis

Episodenya diambil dalam gaya yang sangat unik dan mereka menjelaskan kosakata bahasa Inggris baru saat mereka menggunakannya. Bagi orang dewasa memang ini terkesan terlalu kekanakan tapi sangat bagus bagi kamu yang ingin mempelajari kosakata baru atau ingin mengajarkan kosakata pada anak-anak.

Postcards from Buster

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!
sumber: sharetv.com

Postcards from Buster (Kartu Pos dari Buster) adalah serial televise anak-anak yang berisi animasi dan live-action yang awalnya ditayangkan di PBS. Acara ini adalah spin-off dari serial kartun Arthur. Acara ini dibintangi sahabat terbaik Arthur, kelinci berusia 8 tahun, Buster Baxter. Kepribadian Buster adalah anak yang cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Dia juga percaya bahwa makhluk luar angkasa itu nyata. Jika kamu menikmati belajar tentang budaya dan traveling, kamu mungkin menikmati acara Postcards fom Buster.

Adventure Time

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!
sumber: giphy

Adventure Time adalah serial televisi animasi fantasi Amerika yang dibuat oleh Pendleton Ward untuk Cartoon Network. Serial ini mengisahkan tentang petualangan seorang bocah lelaki bernama Finn dan sahabat karibnya yang juga merupakan saudara angkatnya, Jake. Jake adalah seekor anjing dengan kekuatan magis untuk mengubah bentuk dan ukuran dirinya.

Adventure Time adalah serial yang sangat “aneh” karena alur ceritanya yang terkadang berlapis-lapis. Namun serial ini dapat menjadi suplemen belajar bahasa Inggrismu karena menyajikan percakapan yang realistis. Kamu pun perlu berhati-hati karena tidak semua kosakata di serial ini adalah kosakata yang nyata. Sebagian kosakata dalam serial ini adalah bahasa yang dibuat-buat. Ini bagus untuk mengecek seberapa banyak kosakata bahasa Inggris yang sudah kamu ketahui.

Baca Juga

Phineas and Ferb

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!
sumber: giphy

Phineas and Ferb adalah serial televisi komedi musikal animasi asal Amerika. Serial ini mengikuti kisah Phineas Flynn dan saudara tirinya, Ferb Fletcher pada liburan musim panas. Setiap hari, Phineas dan Ferb membuat proyek yang biasanya tidak realistis mengingat usia mereka yang masih sangat muda. Proyek ini mengganggu saudari mereka, Candace, yang sering mencoba untuk mengungkapkan kejahatan mereka kepadanya dan ibu Phineas, Linda Flynn-Fletcher, dan ayah Ferb, Lawrence Fletcher.

Phineas dan Ferb selalu melakukan hal-hal kreatif dan ilmiah yang dikatakan orang-orang tentang mereka tidak boleh karena mereka terlalu muda. Ini adalah pengingat yang baik bagi kamu yang bisa melakukan apa saja jika kamu memiliki keinginan yang cukup keras.

Dexter’s Laboratory

Belajar Bahasa Inggris dengan Tawa bersama Serial Kartun Favoritmu!
sumber: giphy

Dexter’s Laboratory adalah acara televisi animasi fiksi ilmiah asal Amerika yang dibuat oleh Genndy Tartakovsky untuk Cartoon Network. Berkisah tentang Dexter, seorang bocah jenius dan penemu yang memiliki laboratorium tersembunyi di kamarnya, di sana ia menyimpan berbagai rahasia dari orang tuanya.

Dexter selalu bermasalah dengan kakak perempuannya, Dee Dee, yang selalu menemukan cara untuk masuk ke dalam lab Dexter dan secara tidak sengaja menggagalkan eksperimennya. Dexter juga terlibat dalam persaingan sengit dengan sesama anak jenius bernama Mandark, yang merupakan tetangga dan teman sekelas Dexter.

Serial ini mungkin tidak mengajarkan kosakata baru untuk kamu yang sudah dewasa namun karena Dexter adalah anak yang jenius, ia cenderung berbicara dengan bahasa Inggris yang lebih rumit. Kamu dapat mendapatkan diksi baru yang lebih terkesan “elit” dari kosakata yang sudah kamu ketahui.

Sobat Cakap, menonton kartun memang terkesan kekanakan namun kamu masih bisa mendapatkan berbagai pelajaran baru dengan menontonnya. Kamu bisa belajar bahasa Inggris atau tentang kehidupan. Ini bisa menjadi sarana penyegaran diri setelah kursus bahasa Inggris online di Cakap.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google