Sinonim: Penggunaan dan Contoh Persamaan Kata dalam Bahasa Inggris

sinonim bahasa inggris

Istilah ‘sinonim’ mungkin menjadi salah satu istilah bahasa yang paling kamu kenal dan paling sering didengar. Sinonim atau juga dikenal dengan padanan kata merupakan salah satu bentuk dari relasi makna. Sinonim tidak hanya terdapat dalam bahasa Indonesia lho, Sobat Cakap. Di dalam bahasa Inggris, setiap katanya juga memiliki persamaan atau dikenal dengan istilah synonym.

Tahukah kamu, sebuah kata bisa saja memiliki lebih dari satu sinonim lho! Karena itu, dengan mempelajari sinonim dalam bahasa Inggris, kamu bisa sekaligus memperluas vocabulary-mu. Selain itu, kamu juga bisa membuat tulisan-mu menjadi tidak monoton karena adanya variasi kata yang bisa kamu gunakan. 

Yuk belajar lebih lanjut tentang sinonim dalam bahasa Inggris!

Apa itu Sinonim?

Dilansir dari Merriam Webster, kata synonym berarti “a word that has the same meaning as another word in the same language” (sebuah kata yang memiliki arti yang sama dengan kata lainnya di dalam bahasa yang sama). 

Begitupun di dalam Oxford Learner’s Dictionary, synonym diartikan sebagai “a word or expression that has the same or nearly the same meaning as another in the same language” (Sebuah kata atau ekspresi yang memiliki arti yang sama atau hampir mirip dengan kata atau ekspresi lainnya di dalam bahasa yang sama).

Maka dapat disimpulkan sinonim merupakan kata yang memiliki arti yang mirip atau sama persis dengan kata lainnya di dalam bahasa yang sama. Biasanya persamaan kata yang kita kenal hanyalah satu, namun ternyata setiap kata dapat memiliki lebih dari satu persamaan. Kumpulan persamaan kata yang dijadikan satu dapat disebut sebagai thesaurus.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Penggunaan Sinonim Dalam Bahasa Inggris

Sinonim dalam bahasa Inggris bisa dari kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata benda (noun), dan lain lain. Di dalam kalimat, kamu hanya perlu menempatkan sinonim sesuai dengan kelas katanya. Untuk memahami lebih lanjut, mari simak contoh sinonim dan penggunaannya di dalam kalimat berikut ini!

  • Cold (dingin): chilly, freezing, frosty
    The weather is really cold outside = The weather is really chilly outside (Udara di luar sangat dingin)
  • Ask (meminta): request, order, seek
    I ask for a coffee and bread for breakfast = I request a coffee and bread for breakfast (aku meminta kopi dan roti untuk sarapan)
  • Result (hasil): outcome, effect, consequence, conclusion
    Hans hopes to get a good result = Hans hopes to get a good outcome (Hans berharap mendapat hasil yang baik)

Contoh Sinonim Bahasa Inggris

Jika kamu masih penasaran dengan contoh penggunaan sinonim di dalam kalimat, yuk simak lebih lanjut contoh-contoh berikut, kali ini lengkap dengan perbedaan kelas katanya ya.

Contoh sinonim dari kata kerja (verb)

  • Yell (berteriak): scream, shout, cry
    I didn’t mean to yell at you last night = I didn’t mean to scream at you last night (aku tidak bermaksud untuk berteriak padamu semalam)
  • Create (membuat): make, generate, produce, build, construct
    Jack always creates a really good song for me = Jack always produces a really good song for me (Jack selalu membuat lagu yang sangat bagus untukku)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh sinonim dari kata sifat (adjective)

  • Attractive (menarik): appealing, charming, charismatic, captivating
    Harry Styles has a very attractive personality = Harry Styles has a very charming personality (Harry Styles memiliki kepribadian yang sangat menarik)
  • Funny (lucu): amusing, hilarious, humorous, comical, laughable
    I laugh because the movie is too funny = I laugh because the movie is too humorous (Aku tertawa karena filmnya terlalu lucu)

Contoh sinonim dari kata benda (noun)

  • Goal (tujuan): aim, objective, intention, desire, purpose
    Your goal is very clear = your intention is very clear (tujuan-mu sangat jelas)
  • Joy (kegembiraan): happiness, delight, triumph, glee
    My father brings joy to the people around him = My father brings happiness to the people around him (Ayahku membawa kegembiraan untuk orang-orang disekitarnya)

Mudah bukan memahami sinonim dalam bahasa Inggris? Yuk mulai cari tahu sinonim dari kosakata dalam bahasa Inggris lainnya agar vocabulary-mu semakin luas dan skill bahasa Inggrismu semakin terasah! 

Untuk meningkatkan skill bahasa Inggris-mu kamu juga bisa ikut kursus bahasa Inggris online di Cakap lho! Dengan tutor profesional dan berpengalaman, kamu akan mendapat pengalaman belajar bahasa Inggris yang seru dan menyenangkan! Yuk daftar Cakap sekarang! 

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks