Skor TOEFL Tertinggi & Terendah untuk iBT, ITP, PBT, dan CBT

skor toefl tertinggi
Photo by fizkes from iStock

TOEFL merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang berlaku dan diterima di seluruh dunia. Kamu akan membutuhkan skor TOEFL untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggrismu dalam kebutuhan terkait pendidikan, beasiswa, hingga untuk kebutuhan profesional. Sebelum menentukan target nilaimu dan mengambil ujiannya, kamu perlu tahu skor TOEFL tertinggi dan rendah untuk masing-masing format ujian TOEFL. Yuk, baca penjelasannya! 

Table of Contents

Skor Tertinggi & Terendah TOEFL iBT

TOEFL iBT atau Internet Based Test merupakan jenis TOEFL terbaru yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2005. Namun di Indonesia tes jenis ini baru digunakan pada tahun 2006. TOEFL iBT ini dinilai dengan menggunakan skala 0-120 poin. 

TOEFL iBT dibagi menjadi empat bagian tes, yaitu membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Jika kamu mengikuti tes jenis ini, nantinya kamu akan menerima empat skor yang diskalakan dan skor total. Setiap bagiannya memiliki rentang skor 0-30, lalu kemudian setiap bagian akan ditambahkan untuk mendapatkan skor total yang memiliki rentang skor 0-120. 

Setiap bagian memiliki 4–5 tingkat kemahiran, jadi nantinya kamu akan bisa mengetahui tingkat kemahiran kamu pada tiap bagian dengan melihat rentang skor. Untuk lebih memahami mengenai penilaian TOEFL iBT ini, mari simak tabel rentang skor berikut ini.

Skill (Kemampuan)

Proficiency Level (Tingkat Kemahiran)
Reading

Advanced (24–30)
High-Intermediate (18–23)
Low-Intermediate (4–17)
Below Low-Intermediate (0–3)

Listening

Advanced (22–30)
High-Intermediate (17–21)
Low-Intermediate (9–16)
Below Low-Intermediate (0–8)

Speaking

Advanced (25–30)
High-Intermediate (20–24)
Low-Intermediate (16–19)
Basic (10–15)
Below Basic (0–9)

Writing

Advanced (24–30)
High-Intermediate (17–23)
Low-Intermediate (13–16)
Basic (7–12)
Below Basic (0–6)

Berdsarkan tabel tersebut bisa dilihat bahwa skor terendah yang dapat kamu peroleh adalah 0 dalam satu keahlian. Jika kamu mendapat skor 0 untuk tiap keahlian, mana skor total yang kamu peroleh adalah skor terendah yaitu 0. Begitu juga dengan skor tertinggi yang dapat kamu peroleh adalah 30 poin dalam 1 keahlian. Jika kamu mendapatkan skor 30 pada tiap keahlian, maka kamu akan mendapat total skor tertinggi, yaitu 120 poin.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Skor Tertinggi & Terendah TOEFL ITP

TOEFL ITP atau Institutional Testing Program, merupakan tes TOEFL berbasis kertas dan menggunakan konten akademik untuk mengukur kemahiran bahasa Inggris seseorang. jenis TOEFL ini diselenggarakan oleh institusi dan untuk penggunaan internal dari institusi tersebut. 

TOEFL ITP memiliki 2 level, yaitu Level 1 Menengah-Mahir dan Level 2 Awal-Menengah. Skor Level 1 dan Level 2 ditentukan dengan jumlah jawaban yang benar, lalu kemudian diubah menjadi skor berskala. Skor TOEFL ITP dipetakan ke CEFR dan kemudian peserta tes aka diberikan sertifikat. 

Mari simak hasil pemetaan CEFR untuk empat level yang sudah ditentukan (A2, B1, B2, C1) 

CEFR Levels

Total Cut ScoreListening ComprehensionStructure and Written ExpressionReading Comprehension
C16276464

63

B2

543545356
B14604743

48

A2

3373832

31

Berdasarkan tabel di atas, skor TOEFL tertinggi yang dapat kamu peroleh dari TOEFL ITP adalah 627 yang mana skor tersebut termasuk dalam level mahir. Sedangkan nilai terendah yang mungkin kamu peroleh adalah 337 yang mana skor tersebut termasuk dalam level awal.

Tentukan Target Skormu dan Persiapkan Tes TOEFL & IELTS Bersama Cakap

Skor Tertinggi & Terendah TOEFL PBT dan CBT

Selain TOEFL iBT dan TOEFL ITP, ada dua jenis format TOEFL lainnya, yaitu PBT (Paper-Based Test) dan CBT (Computer-Based Test). Hanya saja kedua format ini sudah tidak lagi digunakan oleh lembaga resmi penyelenggara TOEFL berstandar internasional yaitu Educational Testing Service (ETS). 

TOEFL PBT sudah tidak diadakan lagi sejak tahun 2021, sedangkan TOEFL CBT sudah digantikan oleh iBT sejak tahun 2006. Skor TOEFL tertinggi untuk format PBT adalah 677, sedangkan skor terendahnya adalah 220. Sementara skor TOEFL tertinggi untuk CBT adalah 300 dan skor terendahnya adalah 0. 

Nah, demikianlah pembahasan skor TOEFL tertinggi untuk masing-masing format ujiannya, mulai dari iBT, ITB hingga PBT dan CBT. Bagi Sobat Cakap yang tahun ini akan mengambil TOEFL iBT maupun TOEFL ITP, kamu bisa mempersiapkannya dengan mengambil kursus Cakap, lho. Pilih kelas private dan semi-private sesuai kebutuhan dan kenyamanan belajarmu. Cari tahu lebih lengkap tentang Kelas Persiapan Tes di Cakap, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • ets.org
  • itc-indonesia.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.