Penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

penggunaan the

Penggunaan aan, the atau articles dalam bahasa Inggris merupakan hal yang kerap ditemui ketika belajar bahasa Inggris. Sebab, ketiga articles bahasa Inggris umumnya dipakai dalam percakapan sehari-hari

Articles dalam Bahasa Inggris dibagi dua yaitu definite dan indefinite. Kata the merupakan jenis definite article, sedangkan a dan an merupakan jenis indefinite article. Simak penjelasan di bawah agar kamu memahami penggunaan the, a, dan an!

Penggunaan The dalam Bahasa Inggris

Penggunaan the

 

Sesuai dengan jenisnya yaitu definite (pasti), maka kata the digunakan pada kata benda yang sudah pasti atau spesifik. Misalkan, teman kamu bertanya, “Are you eating the bread?”, berarti kalian sedang membicarakan spesifik roti yang kalian berdua ketahui.

Kapan harus pakai The? Kata the dapat digunakan dengan singular, plural, atau uncountable nouns. Di bawah ini ada beberapa contoh konteks yang menggunakan kata the dalam bahasa Inggris:

Mutual Reference

Kata the adalah artikel definite sehingga penggunaan the hanya mengacu pada sesuatu yang telah dipahami oleh kamu dan lawan bicaramu. Berikut contohnya:

Do you want to give the book? (Apakah kamu mau memberikan buku itu?)

Dalam percakapan ini, lawan bicaramu telah mengetahui buku apa yang kamu maksud dan kamu menanyakan buku yang spesifik tersebut. Berbeda jika kamu mengatakan, “Do you want to give me a book?”, ini artinya kamu meminta sebuah buku secara acak.

Cuma Registrasi Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari!

Unique Objects

Ada beberapa objek yang memang harus selalu diawali dengan kata the, diantaranya:

  • The sun (matahari)
  • The moon (bulan)
  • The sea (laut)
  • The earth (bumi)
  • The sky (langit)
  • The North Pole (Kutub Utara)
  • The world (bumi)
  • The internet (internet)
 

Superlatives Degree

Superlatives degree adalah adjective atau adverb yang menyatakan tingkat perbandingan ‘paling’ atau ‘ter’. Dalam superlative, adjective atau adverb selalu diawali dengan kata the, seperti the prettiest (tercantik), the most handsome (paling tampan), the tallest (tertinggi).

Ordinal Numbers

Ordinal numbers adalah satuan angka yang menyatakan tingkatan atau urutan. Dalam ordinal numbers, angka selalu diawali dengan kata the, seperti the first (pertama), the last (terakhir), the third (ketiga), dll.

Masih banyak konteks-konteks yang menggunakan kata the. Kamu bisa mempelajari dan menguasainya dengan daftar kelas Bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu juga bisa sekaligus praktek lho, sehingga kamu lebih cepat fasih, deh.

Nah, setelah memahami penggunaan the dalam bahasa Inggris, sekarang giliran kamu mempelajari penggunaan a dan an dalam bahasa Inggris.

Psst, Ini Cara Cepat Fasih Bahasa Inggris dari Rumah!

Penggunaan a dan an dalam Bahasa Inggris

Penggunaan the

Kata a dan an adalah indefinite articles dalam bahasa Inggris yang digunakan ketika merujuk sesuatu hal secara tidak spesifik. Kata ini digunakan ketika kamu tidak menghiraukan benda mana yang sedang kamu bicarakan.

Apa bedanya a dan an?

kata a digunakan ketika kata yang mengikutinya diawali dengan huruf konsonan, sedangkan kata an digunakan ketika kata yang mengikutinya diawali dengan huruf vokal. Berikut contohnya:

  • He is reading a book (Ia sedang membaca sebuah buku)
  •  He is eating an apple (Ia sedang memakan sebuah apel)

Namun, ketika sebuah kata yang diawali huruf konsonan namun dimulai dengan bunyi vokal (a, i, u, e, o), maka kamu harus menggunakan an. Berikut contohnya:

  • an hour
  • an honest confession
  • an xray

Demikian pula, ketika sebuah kata yang diawal huruf vokal namun dimulai dengan bunyi konsonan, maka kamu harus menggunakan a. Berikut contohnya:

  • a university
  • a one-eyed teacher

Hal ini juga berlaku pada acronym, kamu harus memastikan huruf dan bunyi pada kata yang paling awal. Berikut contohnya:

Benar

a Federal Bureau Investigation agent

Salah

a FBI agent

Benar

an FBI agent

Nah, itu dia penggunaan the, an, dan a yang tepat. Kamu bisa menguasai materi ini dengan daftar kelas Bahasa Inggris di Cakap. Bersama tutor profesional, kamu dapat memahami materi ini dengan baik. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat