Memiliki Arti Serupa, Ini Dia Letak Perbedaan When dan While

perbedaan when dan while

When dan while adalah salah satu dari sekian banyak kosakata bahasa Inggris yang memiliki arti serupa atau hampir sama. Namun, keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi konteks penggunaan atau segi keberlangsungan tindakan. Lalu, di mana letak perbedaan when dan while pada dasarnya?

Beberapa dari English learner mungkin masih keliru untuk menentukan penggunaan when dan while. Agar tidak ada kekeliruan dan kebingungan lagi, kamu bisa mempelajarinya secara lebih jelas dalam artikel berikut ini! Keep reading, ya!

Penggunaan When

Untuk mengetahui perbedaan when dan while, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana penggunaan keduanya.

Berbeda dengan ‘when’ dalam kalimat tanya, ‘when’ di sini digunakan sebagai kata penghubung yang memiliki arti ‘ketika’.

Ada tiga ketentuan penggunaan when sebagai kata penghubung, yaitu saat aksi dilakukan bersamaan, aksi yang terjadi di masa lampau dengan durasi yang panjang, dan saat membicarakan mengenai usia atau age.

Lebih jelasnya, simak penjelasan penggunaan when sebagai kata hubung di bawah ini!

1. Aksi Dilakukan Secara Bersamaan

Maksudnya adalah ‘when’ berfungsi sebagai kata hubung yang menghubungkan dua kalimat dengan dua aksi atau tindakan yang dilakukan pada waktu bersamaan. Singkatnya, dua aksi tersebut selesai dilakukan pada saat yang sama.

Contoh penggunaan ‘when’:

  • Maria smiled when Alex looked at her. (Maria tersenyum saat Alex menatapnya).
  • Hendri shouted when Alana pinched his ear. (Hendri berteriak ketika Alana menjewer telinganya.)

Keterangan: Kedua aksi tersebut dilakukan dan selesai pada saat yang bersamaan, dengan kata lain, kedua aksi tersebut tidak berkelanjutan atau bersusulan tetapi terjadi pada saat yang sama.

Penggunaan when dalam ‘one action immediately after another’ berarti bahwa when berfungsi sebagai kata penghubung dua aksi yang terjadi bergantian (setelah satu aksi selesai, aksi lain segera menyusulnya).

Contoh penggunaan when dalam ‘one action immediately after another’

  • When Andre wakes up, Andre take a shower. (Ketika Andre bangun tidur, Andre mandi).

Keterangan: Dalam kalimat di atas, menjelaskan bahwa ketika Andre bangun tidur, Andre langsung mandi. Itu berarti satu aksi/aksi pertama Andre diikuti aksi lainnya/aksi kedua.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Aksi Masa Lampau dengan Durasi Panjang

Fungsi selanjutnya dari ‘when’ adalah menjelaskan aksi atau kejadian yang terjadi di masa lampau dengan durasi yang panjang/lama.

Contoh penggunaan ‘when’:

  • When Rasya lived in Jatinangor, He often visited Batu Api. (Ketika Rasya tinggal di jatinangor, dia sering mengunjungi Batu Api)
  • When I was a kid, I lived in Magetan. (Ketika saya kecil, saya tinggal di Magetan).

Keterangan: Pada kalimat pertama, penggunaan ‘I lived in Jatinangor’ menunjukkan bahwa Rasya pernah tinggal di Jatinangor di masa lampau. Kemudian pada kalimat kedua, penggunaan ‘was a kid’ menunjukkan bahwa tokoh ‘aku’ tinggal di Magetan sejak dulu dengan durasi waktu yang lama.

3. Age/Umur

When juga bisa digunakan untuk menyebutkan age/umur.

Contoh penggunaan ‘when’:

  • We moved to Argentina when I was seventeen. (Kami pindah ke Argentina, ketika saya berumur 17 tahun).
  • I already learned to paint when I was eight. (Saya sudah belajar melukis ketika umur delapan tahun).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penggunaan While

Perbedaan when dan while akan semakin jelas saat kamu mengetahui bagaimana penggunaan while dan fungsinya sebagai penghubung.

While digunakan sebagai kata penghubung dari aksi kontinu yang terjadi secara bersamaan. Sebagai catatan, aksi kontinu adalah aksi yang sedang berlangsung atau masih berprogres.

Rumus penggunaan while dalam Bahasa Inggris biasanya menggunakan rumus continuous tense (while diikuti S + was/were + present participle + ing).

Contoh penggunaan while:

  • She was swimming while Andi was sleeping. (Dia sedang berenang saat Andi sedang tidur).
  • I was writing the letters while Riana was singing. (Aku sedang menulis surat saat Riana sedang menyanyi).

When dan While Digunakan Bersamaan

Setelah mengetahui perbedaan when dan while, pasti akan muncul pertanyaan apakah keduanya bisa digunakan secara bersamaan? When dan while bisa digunakan dalam waktu bersamaan dengan catatan ‘bahwa aksi atau kejadian tersebut memiliki jangka waktu yang sebentar/short duration.’

Contoh penggunaan when dan while secara bersamaan:

  • I was cooking in the kitchen when Clara was sweeping the lawn. (Saya sedang memasak di dapur ketika Clara menyapu halaman).
  • While I was cooking in the kitchen, Clara was sweeping the lawn. (Ketika saya sedang memasak di dapur, Clara sedang menyapu halaman).

Sekarang kamu sudah tahukan perbedaan when dan while, bukan? Dari penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa perbedaan when dan while sejatinya terletak pada keberlangsungan aksi atau tindakan.

Bahasa Inggris memiliki banyak struktur dan tatanan yang membuatnya semakin menarik untuk dipelajari. Cakap hadir dan siap menjadi teman belajarmu. Hanya di Cakap, belajar Bahasa Inggris interaktif dan menyenangkan. Yuk, kursus Bahasa Inggris di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks