Memahami Apa itu Preposition dan Jenisnya dengan Mudah

preposition adalah

Preposition adalah elemen penting dalam grammar Bahasa Inggris. Dalam membentuk sebuah kalimat, preposition seringkali digunakan. Maka dari itu, kamu wajib paham apa itu preposition agar percaya diri saat berinteraksi menggunakan Bahasa Inggris. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Preposition?

Preposition adalah sebuah kata Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menghubungkan noun dan pronoun. Ada beberapa preposition yang acap kali digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari, antara lain: in, on, at, of, to, by, for, with, under, into, upon, before, after, towards, inside, outside, above, below.

6 Jenis Preposition

Preposition memiliki 6 jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, yakni preposition of time, preposition of place, preposition of movement, preposition of manner, preposition of purpose, preposition of quantity. Berikut penjelasannya:

1. Preposition of Time

Preposition of time adalah preposisi yang digunakan untuk menerangkan waktu. Contoh preposition of time yang sering digunakan ialah in, on, at. In digunakan untuk menjelaskan bulan atau tahun, on digunakan untuk menjelaskan spesifik hari, at digunakan untuk menjelaskan jam. Berikut contoh kalimatnya:

  • In the 70’s, people were still watching black and white television pictures. (Pada tahun 70-an, orang-orang masih menonton gambar televisi berwarna hitam putih.)
  • They gave me flowers on my graduation day. (Mereka memberiku bunga di hari kelulusan.)
  • At 5 p.m., I will have to go home. (Pukul 5 sore, aku akan pulang ke rumah.)

In, on, dan at terkadang sulit sekali dibedakan. Padahal, kamu cukup mengingat saja urutan dari ketiga preposisi ini. In menjelaskan waktu yang umum, on menjelaskan waktu yang spesifik, at menjelaskan waktu yang sangat spesifik.

Baca Juga:Apa Perbedaan In, On, dan At? Simak Penjelasannya!

Daftar Cakap Sekarang dan Nikmati Kelas Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

2. Preposition of Place

Preposition of place adalah preposisi yang digunakan untuk menerangan tempat. Sama seperti jenis preposition sebelumnya, in on at juga sering digunakan sebagai preposition of place. In digunakan untuk menjelaskan tempat yang memiliki batas, on digunakan untuk menjelaskan tempat di atas suatu barang, at menjelaskan tempat yang spesifik. Berikut contoh kalimatnya:

  • She had fun in Australia last holiday. (Dia bersenang-senang di Australia saat liburan kemarin.)
  • The toilet is on the first floor. (Toiletnya berada di lantai satu.)
  • My sister is at the school. (Kakak perempuanku sedang bersekolah

3. Preposition of Movement

Preposition of movement adalah preposisi yang digunakan untuk menerangkan suatu gerakan. Ada beberapa contoh preposition of movement, seperti inside, into, off, towards, up, down, dan masih banyak lagi. Berikut contoh kalimatnya:

  • We are going to circling aroundthe city(Kita akan pergi mengeliling di sekitar kota)
  • I saw a fragile puppy coming inside her house. (Aku melihat anak anjing yang rapuh masuk ke dalam rumahnya)
  • His gaze turned towards the hallway. (Tatapannya beralih ke lorong)

4. Preposition of Manner

Preposition of manner adalah preposisi yang digunakan untuk menerangkan hubungan noun atau subject dengan aksi yang terjadi. Contoh preposition of manner yang sering digunakan yaitu by, with, like, without, in, dan on. Berikut contoh kalimatnya:

  • Liana is allowed to wash the car by her father. (Liana diizinkan untuk mencuci mobil oleh ayahnya).
  • He’s going to dinner with his family. (Ia akan makan malam bersama keluarganya)

5. Preposition of Purpose

Preposition of purpose adalah preposisi yang digunakan untuk menerangkan tujuan antara noun dengan subject atau unsur kalimat lainnya. Contoh preposition of purpose yang sering digunakan ialah for. Berikut contoh kalimatnya:

  • He bought fresh clothes for his trip. (Ia membeli pakaian baru untuk perjalanannya besok)
  • Lizzie is going for a walk. (Lizzie akan pergi jalan-jalan)

Genjot Peluang Karier dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

6. Preposition of Quantity

Preposition of quantity adalah preposisi yang digunakan untuk menerangkan hubungan jumlah antara noun dengan subject atau unsur kalimat lainnya. Contoh preposition of quantity yang sering digunakan yaitu for dan by. Berikut contoh kalimatnya:

  • I’ve been waiting for years. (Aku sudah lama menunggu)

Untuk menguasai setiap jenis preposition, kamu bisa melatihnya bersama guru profesional Cakap. Dengan fitur virtual class, belajar jadi lebih interaktif meskipun kamu belajar dari rumah. Durasi kelas juga relatif singkat sehingga tidak menganggu rutinitas harianmu. Yuk, daftar kursus Bahasa Inggris online di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks