Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Restoran dan Terjemahannya

percakapan bahasa Inggris di restoran

Saat ini, makin banyak turis yang ingin mengenal Indonesia. Mereka biasa menikmati liburan sekaligus mencicipi kuliner khas Indonesia. Untuk berbicara dengan warga lokal, sebagian besar dari mereka pasti menggunakan bahasa Inggris bukan?

Terus, gimana ya kalau kamu yang diajak bicara oleh mereka? Gugup karena kemampuan bicara dalam bahasa Inggrismu masih dirasa kurang? Jangan khawatir! Rasa gugup itu pasti ada, sebab tidak semua orang terbiasa bicara dengan tamu internasional.

Maka dari itu, pengetahuan bahasa Inggris sungguh penting untuk dipelajari. Kamu bisa meningkatkan speaking skill dan mengaplikasikannya di kegiatan sehari-hari. Manfaat belajar bahasa Inggris dapat langsung dirasakan, salah satunya oleh kamu yang bekerja di restoran.

Ketika restoran tempat kamu bekerja kedatangan turis, pastinya kamu gak ingin kewalahan dengan bahasa Inggris kan? Tanpa paham bahasa Inggris, bisa-bisa kamu salah mengartikan pesanan mereka? Duh, jangan sampai kejadian!

Tapi, sebelum masuk ke percakapan, hal yang perlu kamu tahu adalah kalimat atau frasa yang digunakan untuk membentuk percakapan itu sendiri. 

Hello. Would  you like to see the menu? (Halo. Apakah Anda ingin melihat menunya?)

Please be seated. (Silakan duduk.)

What do you want to order? (Apa yang ingin Anda pesan?)

How do you want your iced tea? (Ada catatan untuk es tehnya?)

Is there anything else that you want to order? (Apakah ada pesanan tambahan?)

Do you wish to change your order? (Apakah Anda ingin mengubah pesanan?)

Enjoy your dinner! (Selamat menikmati makan malam Anda!)

Perkenalan diri

Waiter : Good evening. I am Dani, at your service. Please be seated. (Selamat sore. Saya Dani, yang akan melayani Anda. Silakan duduk.)

Tourist : Good evening. Thank you. (Terimakasih.)

Menawarkan makanan

Waiter : Would you like to see the menu? (Apakah Anda ingin melihat menunya?)

Tourist : Yes, please. (Ya.)

Waiter : What do you want to order? (Apa yang ingin Anda pesan?)

Tourist : Do you have any recommendations on a special menu? (Apakah kalian punya menu andalan?)

Waiter : We have the best Nasi Goreng in the city, with the mango-bingo juice. Would you like to try them? (Kami punya Nasi Goreng terbaik di kota ini, dengan jus mango-bingo. Apakah Anda ingin mencobanya?)

Tourist : Of course. (Tentu.)

Sudah umum sekali jika turis bertanya tentang menu andalan yang ada di sebuah restoran. Apalagi tidak semua dari mereka pernah mencicipi masakan Indonesia. Maka dari itu, kamu perlu memberitahu sekaligus menawarkan mereka menu yang paling favorit di tempat kamu bekerja!

Kalau menu yang dipesan sedang habis bagaimana? Atau kalau kamu ingin bertanya apakah ada catatan untuk menu yang telah dipesan, gimana ya ngomongnya?

Waiter : Sorry, Sir. We have just run out of iced tea. Do you wish to change the order? (Maaf, Pak. Es tehnya baru saja habis. Apakah Anda ingin mengubah pesanan?

Tourist : Oh, yes. I would like to order iced coffee, then. (Oh, ya. Kalau begitu, saya ingin pesan es kopi.)

Waiter : Great. How do you want your iced coffee? (Baik. Ada catatan untuk es kopinya?)

Tourist : Not too sweet and please add more espresso. (Tidak terlalu manis dan tolong tambahkan espresso.)

Waiter : Will do, Sir. Is there anything else that you want to order? (Baik, Pak. Apakah ada pesanan tambahan?)

Tourist : No, that is all. (Tidak, itu saja.)

Waiter : Okay. I will be back with your order. (Oke. Saya akan kembali dengan pesanan Anda.)

Nah, itulah contoh percakapannya. Pasti mudah kalau kamu berlatih terus. Ketika pesanan sudah datang, kamu bisa mengucapkan “Enjoy your dinner!” yang artinya ‘selamat menikmati makan malam Anda.’ Ekspresi itu akan memberi kesan hangat pada pengunjung, sehingga mereka akan merasa telah dilayani dengan baik.

Nah, materi seperti ini bisa kamu pelajari dan latih kalo kamu udah daftar Kartu Prakerja. Dengan Kartu Prakerja, kamu akan diberi kesempatan untuk mengasah skill dengan pelatihan ataupun belajar online, termasuk kemampuan bahasa Inggris. Kamu juga bisa memanfaatkan program bahasa Inggris prakerja di Cakap. Yuk, cari tahu dibawah ini.

Cakap Kartu Prakerja

Cakap akan bantu kamu mendalami bahasa Inggris dengan materi yang relevan sama kariermu. Belajarnya juga fleksibel! Ayo, asah skill bahasa Inggrismu supaya lancar ngomong sama turis!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google