Advertisement Text: Pengertian, Isi, Contoh Singkat dan Artinya

advertisement text

Advertisement teks adalah salah satu media marketing yang kini banyak digunakan oleh bisnis karena terbukti ampuh mendatangkan konversi. Tak jarang brand-brand ternama memasarkan produk dengan cara yang unik dan terkesan nyeleneh sehingga meningkatkan penjualan. Usahamu mau seperti itu? Coba gunakan advertisement text, simak yuk!

Apa itu Advertisement Text?

Advertisement text adalah teks iklan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mengenalkan, mengumumkan, atau memasarkan sebuah produk bisnis agar produk tersebut dapat dikenal oleh audiens.

Sederhananya advertisement text merupakan teks untuk mengiklankan produk. Produk apa? Apapun seperti jasa, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Advertisement text biasa kita jumpai di berbagai media seperti televisi, koran, majalah, radio, poster, baliho, dan masih banyak lagi. Sekarang juga advertisement text sudah masuk dalam dunia digital seperti instagram ads, google ads, dan facebook ads.

Ciri yang paling menonjol dari advertisement text yaitu kosakata yang bersifat persuasif. Contohnya seperti new, invite, best, modern, awesome, dan masih banyak lagi.

Teks ini memiliki sedikit kemiripan dengan explanation text yang memiliki struktur explanation di dalamnya. Bedanya advertisement text menjelaskan suatu produk, sedangkan explanation text menjelaskan mengapa sesuatu dapat terjadi.

Struktur dan Isi Advertisement Text

Advertisement text memiliki struktur penyusunan yang sederhana. Namun begitu, membuat teks ini tidak semudah yang dibayangkan. Berikut struktur penyusunan advertisement text:

Title atau Judul

Judul merupakan hal pertama yang diperhatikan oleh audiens ketika membaca sebauh iklan. Oleh karena itu judul harus memiliki kalimat yang dapat menarik perhatian dan relate dengan audiens.

Explanation

Setelah kamu menarik perhatian dengan judul yang menarik, selanjutnya kamu perlu menjelaskan isi dari iklan yang kamu buat. Jangan lupa untuk mengajak orang melakukan sesuatu yang kamu harapkan.

Butuh Cepat Fasih Bahasa Inggris? Ini Rahasianya!

Contoh Advertisement Text

Berikut ini adalah dua contoh advertisement text beserta artinya dalam Bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan bahan referensi:

Contoh Advertisement Text untuk Produk Bisnis

English
Learn English in CAKAP Private

Online learning so you can study from home
Have access to study with our foreign teachers everyday
Duration 25 minutes for each study session
Discount 50% for the family package!

Interested? Visit us on www.cakap.com

Bahasa Indonesia
Belajar Bahasa Inggris di Cakap Private

Pembelajaran daring sehingga kamu bisa belajar dari rumah
Mendapat akses untuk belajar dengan guru asing kami setiap hari
Durasi 25 menit setiap sesi belajar
Diskon 50% untuk paket keluarga

Tertarik? Kunjungi kami di www.cakap.com 

Contoh Advertisement Text untuk Promo Bisnis

English
Get Shopping Voucher by Cakapin Temanmu

Invite your friend to learn English at Cakap. You’ll get a shopping voucher worth 250 thousand every time you invite friends to join Cakap.

Learn more here now!

Bahasa Indonesia
Dapatkan Voucher Belanja dengan Cakapin Temanmu

Ajak temanmu untuk belajar bahasa Inggris di Cakap. Kamu akan mendapatkan voucher belanja senilai 250 ribu tiap ajak teman gabung Cakap. 

Pelajari lebih lanjut di sini sekarang!

Selain mempelajari advertisement text, kamu juga perlu mempelajari persuasive words agar iklan kamu menjadi lebih menarik. Usahakan kamu tidak mengulang kosakata dari iklan yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu kamu perlu memperkaya word bank bahasa Inggrismu.

Agar lebih mudah memperkaya word bank, kursus bahasa inggris bisa kamu ikuti Cakap English Club. Setiap harinya kamu akan disuguhi topik baru sehingga kamu akan menemukan kosakata baru dan dengan begitu word bank kamu akan semakin kaya.

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat