Contoh Report Text, Lengkap dengan Pengertian & Strukturnya

report text

Dalam jenis-jenis teks bahasa Inggris, report text jadi salah satu yang sering disamakan dengan descriptive text. Padahal, keduanya jelas berbeda. Cari tahu apa itu report text dan contoh report text di bawah ini!

Report Text

Apa Itu Report Text

struktur-report-text
Photo from Freepik

Report text menjelaskan sesuatu secara umum dan cenderung menyajikan data aktual, sedangkan descriptive justru lebih berdasar pada opini penulis yang spesifik.

Gak berbeda jauh dengan motivation letter yang menceritakan tentang dirimu sendiri, report text juga gitu kok. Tapi, ceritanya lebih ke benda, tempat, sejarah, ataupun hal-hal umum lainnya. 

Tata bahasa yang digunakan adalah simple present tense. Biasanya, gak jarang pula penulis menambahkan simple passive voice sebagai variasi bentuk kalimat. Untuk pengertian udah tahu nih? Oke, sebelum ke contoh, harus tahu bagian-bagiannya dulu ya.

Tujuan Report Text

Buat apa sih report text itu? Jangan salah, ada banyak tujuan dan manfaat yang bisa didapat lewat tulisan-tulisan dalam report text. Report text bertujuan untuk menggambarkan benda atau objek secara faktual dan apa adanya kepada para pembaca.

Tidak hanya itu, report text juga bisa menambah pengetahuan atau informasi baru untuk para pembacanya. Mengapa demikian? Karena report text bertujuan untuk menyajikan data aktual kepada pembaca untuk menambah pengetahuan dan informasi. Dalam hal ini, topik-topik yang biasanya diangkat dalam report text adalah topik tentang lingkungan, alam, hewan, tanaman, budaya, dan banyak topik lainnya.

Ciri-Ciri Report Text

Untuk membedakan report text dengan text-text lainnya, tentu kamu perlu mengetahui ciri khas yang selalu ada pada report text. Mau tahu apa saja ciri-cirinya? Langsung saja yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  • Tulisan yang berada dalam report text haruslah merupakan sebuah fakta.
  • Tenses yang digunakan dalam report text umumnya menggunakan simple present.
  • Title dalam report text sebisa mungkin merupakan sesuatu yang umum dan dikenali oleh banyak pembaca.
  • Biasanya disertai gambar atau data-data statis sebagai bukti keabsahan faktanya.

     

Struktur Report Text

report-text
Photo from Pexels

Dalam report text, ada beberapa bagian yang wajib ada, yaitu title, general classification, dan description. Ketiga bagian ini disebut-sebut krusial sehingga saat kamu akan membuat report text, kamu harus benar-benar memperhatikan bagian-bagian ini:

  • Title: kamu akan tahu sebuah teks merupakan report text dari judulnya, sebab maknanya yang sangat umum. Nanti lihat di contoh, ya!
  • General classification: paragraf pembuka ini berisi penjabaran umum suatu hal yang ingin kamu ceritakan. Misalnya kamu menulis tentang kertas. Pada bagian ini, kamu menjelaskan pengertian, penggunaan, atau bahan baku pembuatannya dengan singkat.
  • Description: barulah, di paragraf selanjutnya, kamu mulai membahas tentang kertas secara menyeluruh. Mulai dari sejarah hingga cara pembuatan, semuanya ditulis di bagian description. Kamu juga bisa menyertakan gambar ataupun data statistik seputar penggunaan kertas sejak zaman dahulu.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

Contoh Report Text

Berikut contoh report text yang bisa kamu jadikan bahan referensi ketika membuatnya.

Contoh Report Text tentang Tuition Center

report-text-tuition-center
Photo from Freepik

                                                     Tuition Center  

One of the educational institutions that are able to help you study outside of school is called the tuition center. If you intend to boost your studying method, you can take the classes in a tuition center. Besides, it will help you understand school materials more.

There are several subjects such as mathematics, science, social, and English. Basically, these subjects are taught to follow the standard subjects that will be on the national exam. The four main subjects are specified for elementary and middle school students. Meanwhile, there will be replenishment for high school students such as geography, sociology, history in social subjects, and chemistry, physics, biology, advanced mathematics in science subjects.

Students commonly start their sessions after school, but some of them often come on the weekend as well. They will take two to four hours studying with a teacher. Students can take a maximum of two classes in a day. If they only take one class, then it will last for four hours at most, but with a one-time break. So, generally, they will have two hours straight before a thirty minutes break, and start again for another two hours.

Each tuition center has a different range of prices and a total of students per class. Mostly, there are three to five students in one class in order to keep the cooperative situation working. But for some places, it is common to put more than five students at once. As you can see, tuition centers are not only a place to study with new friends, they are also beneficial to make students study in a more private space.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

                                                   Tuition Center

Salah satu lembaga pendidikan yang mampu membantu kamu belajar di luar sekolah disebut pusat biaya kuliah. Jika kamu ingin meningkatkan metode belajar, kamu dapat mengambil kelas di pusat pengajaran. Selain itu, ini akan membantu kamu lebih memahami materi sekolah.

Ada beberapa mata pelajaran seperti matematika, sains, sosial, dan bahasa Inggris. Pada dasarnya mata pelajaran tersebut diajarkan mengikuti mata pelajaran standar yang akan diusahakan pada ujian nasional. Empat mata pelajaran utama dikhususkan untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Sementara itu, akan ada pembekalan untuk siswa SMA seperti geografi, sosiologi, sejarah pada mata pelajaran sosial, dan kimia, fisika, biologi, matematika tingkat lanjut pada mata pelajaran sains.

Siswa biasanya memulai sesi mereka setelah sekolah, tetapi beberapa dari mereka sering datang pada akhir pekan juga. Mereka akan membutuhkan dua hingga empat jam belajar dengan seorang guru. Mahasiswa dapat mengambil maksimal dua kelas dalam sehari. Jika mereka hanya mengambil satu kelas, maka itu akan berlangsung paling lama empat jam, tetapi dengan istirahat satu kali. Jadi, umumnya, mereka memiliki waktu dua jam terus menerus sebelum istirahat tiga puluh menit, dan mulai lagi selama dua jam lagi.

Setiap pusat pendidikan memiliki kisaran harga yang berbeda dan jumlah siswa per kelas. Sebagian besar, ada tiga hingga lima siswa dalam satu kelas untuk menjaga agar situasi kooperatif tetap berjalan. Tetapi di beberapa tempat, biasanya menempatkan lebih dari lima siswa sekaligus. Seperti yang kamu lihat, pusat pendidikan bukan hanya tempat untuk belajar bersama teman baru, tetapi juga bermanfaat untuk membuat siswa belajar di ruang yang lebih privat.

Tambah Skill Gratis di Cakap Upskill, Live di Aplikasi Cakap

Contoh Report Text tentang Netflix

report-text-netflix
Photo from Pexels

 

                                         Interesting Facts about Netflix

Netflix is an American media provider and a production company. It is popularized because of its interesting films and series that are published there. Firstly found in 1997, Netflix has become a streaming website people can subscribe to although it is not available in China, North Korea, Syria, Iran, and Crimea due to local area restrictions.

You can get thirty days of free trial with a new account. But, if you intend to keep watching free films and television programs, there are subscription options that you can choose from. Netflix is not only providing American-made art but also Japanese, Korean, even Spanish as well. The films and series have an age range from children to adults, so basically everyone can stream anything easily from it.

You can watch any genre through your gadgets such as phone, tablet, laptop, and television. Watching films or binge-watching any kind of series is way more efficient and easier now. Besides worldwide genres, Netflix has its own productions, either films or series.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

                                     Fakta Menarik tentang Netflix

Netflix merupakan penyedia media dan perusahaan produksi asal Amerika. Netflix dipopulerkan oleh film dan serial menarik yang diterbitkan. Pertama kali ditemukan pada tahun 1997, Netflix telah menjadi situs web streaming yang dapat dilanggan oleh orang-orang meskipun tidak tersedia di China, Korea Utara, Suriah, Iran, dan Krimea karena pembatasan area lokal.

Kamu bisa mendapatkan uji coba gratis selama tiga puluh hari dengan akun baru. Namun, jika kamu berniat untuk tetap menonton film dan program televisi gratis, ada opsi berlangganan yang bisa di pilih. Netflix tidak hanya menyajikan karya seni buatan Amerika tetapi juga Jepang, Korea, bahkan Spanyol. Film dan serialnya memiliki rentang usia dari anak-anak hingga orang dewasa, jadi pada dasarnya semua orang bisa streaming apa saja dengan mudah.

Kamu dapat menonton genre apa pun melalui gadget seperti ponsel, tablet, laptop, dan televisi. Menonton film atau pesta-pesta menonton serial apa pun jauh lebih efisien dan mudah sekarang. Selain genre yang mendunia, Netflix memiliki produksinya sendiri, baik film maupun serial.

Psst, Ini Cara Cepat Fasih Bahasa Inggris dari Rumah

Contoh Report Text tentang Benua

report-text-benua
Photo from Freepik

 

                                Learn about 7 Continents of the World

There are seven continents and five oceans on our planet. The continents are the huge landmasses that are separated by the waters of the oceans. The seven continents on our planet are Africa, Asia, Antarctica, Europa, North America, and South America, and Oceania/Australia. These 7 continents vary in size and population numbers.

Asia is the largest continent in size. It has the biggest land area and the world’s biggest population. This means most people on our Earth live on the Asian continent. About 4.6 billion people live in Asia. The Asian continent has the most populous cities, which means there are the biggest cities in the world.

Australia/Oceania is the smallest continent on the planet. Strictly speaking, Oceania is a geographic region that includes Australasia, Polynesia, Micronesia, and Melanesia. About 43 million people live in Oceania. The most populous cities of the continent are Sydney, Melbourne, Brisbane, and Perth – all these cities are in Australia.

Meanwhile, Europe is considered to be the wealthiest and richest continent, however, there are poor regions especially in the eastern parts of the continent too. According to the United Nations, there are 44 countries in Europe.

Africa is the continent with the most countries. There are 54 countries on the African continent. About 1.3 billion people live in Africa. The largest cities of the African continent are Lagos/Nigeria, Kinshasa/DR Congo, and Cairo/Egypt. The oldest human fossils such as skeletons and skulls have been discovered in Africa, therefore the African continent is also referred to as the ‘cradle of humankind’. Africa also houses the longest river in the world, the Nile, and the second-highest waterfalls in the world, the Tugela Falls in South Africa.

North America is a continent which is located entirely in the northern and western hemisphere. There are 23 countries in total on the North American continent. The world’s largest island Greenland is located on the North American continent. About 580 million people live on the North American continent. South America is a continent of many natural superlatives. About 430 million people live in South America. Antarctica is the smallest continent by population numbers. This means the huge continent is only sparsely populated. On Antarctica, there are only research stations for scientists and no permanent settlements. Antarctica is covered almost completely by ice.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

                                 Belajar tentang 7 Benua di Dunia

Ada tujuh benua dan lima samudra di planet kita. Benua adalah daratan besar yang dipisahkan oleh perairan lautan. Tujuh benua di planet kita adalah Afrika, Asia, Antartika, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, dan Oceania / Australia. 7 benua ini bervariasi dalam ukuran dan jumlah populasi.

Asia merupakan benua terbesar dalam skala ukuran. Benua ini memiliki luas daratan terbesar dan populasi terbesar di dunia. Ini berarti kebanyakan orang di Bumi kita hidup di benua Asia. Sekitar 4,6 miliar orang tinggal di Asia. Benua Asia memiliki kota terpadat, artinya terdapat kota terbesar di dunia.

Australia / Oceania adalah benua terkecil di planet ini. Sebenarnya, Oseania adalah wilayah geografis yang mencakup Australasia, Polinesia, Mikronesia, dan Melanesia. Sekitar 43 juta orang tinggal di Oceania. Kota terpadat di benua ini adalah Sydney, Melbourne, Brisbane, dan Perth – semua kota ini berada di Australia.

Sementara itu, Eropa dianggap sebagai benua terkaya dan terkaya, namun ada juga daerah miskin terutama di bagian timur benua ini. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, terdapat 44 negara di Eropa.

Afrika adalah benua dengan negara terbanyak. Ada 54 negara di benua Afrika. Sekitar 1,3 miliar orang tinggal di Afrika. Kota-kota terbesar di benua Afrika adalah Lagos / Nigeria, Kinshasa / DR Congo, dan Kairo / Mesir. Fosil manusia tertua seperti kerangka dan tengkorak telah ditemukan di Afrika, oleh karena itu benua Afrika juga disebut sebagai ‘tempat lahir manusia’. Afrika juga menampung sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, dan air terjun tertinggi kedua di dunia, Air Terjun Tugela di Afrika Selatan.

Amerika Utara merupakan sebuah benua yang seluruhnya terletak di belahan bumi utara dan barat. Ada total 23 negara di benua Amerika Utara. Pulau Greenland terbesar di dunia terletak di benua Amerika Utara. Sekitar 580 juta orang tinggal di benua Amerika Utara. Amerika Selatan adalah benua dengan banyak superlatif alami. Sekitar 430 juta orang tinggal di Amerika Selatan. Antartika adalah benua terkecil menurut jumlah populasi. Ini berarti benua besar hanya berpenduduk sedikit. Di Antartika, hanya ada stasiun penelitian untuk ilmuwan dan tidak ada pemukiman permanen. Antartika hampir seluruhnya tertutup oleh es.

Genjor Skor TOEFL dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Itulah pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contoh-contoh report text, Sobat Cakap! Gimana? Kelihatan jelas kan dari judulnya aja udah umum, begitu pun dengan isinya. Bagian deskripsinya pun menjelaskan topik dengan gak begitu spesifik. Jadi, udah bisa bedain ya antara report dan descriptive text!

Mau lebih perdalam bahasa Inggrismu biar nulis teks-teksnya makin jago? Gabung Cakap aja, yuk! Selain jenis teks, kamu juga akan belajar bahasa Inggris  soal membuat surat nih. Misalnya resignation letter atau pun surat melamar kerja! Banyak yang bisa kamu dapetin kalau belajar sama Cakap, lho. Penasaran? Buruan ikut kelasnya!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat