Analytical Exposition: Pengertian, Struktur, dan Contoh Text

analytical exposition text

Pernah baca koran bagian opini atau pendapat? Biasanya di bagian itu kamu akan menemukan pandangan penulis terhadap suatu isu. Bagian yang pernah kamu baca itu merupakan salah satu dari contoh analytical exposition.

Setelah mengetahui apa itu narrative text, discussion text, serta jenis text bahasa inggris lainnya, sekarang giliranmu buat tau apa itu analytical exposition.

Apa itu Analytical Exposition?

Analytical exposition adalah teks bahasa inggris yang tujuannya untuk menyampaikan pandangan penulis mengenai suatu isu. Engga cuman di artikel koran aja, analytical exposition text biasanya ada di jurnal, karya ilmiah, dan sebagainya.

Teks ini merupakan teks argumentatif yang berusaha untuk meyakinkan pembaca bahwa isu yang dibahas merupakan isu penting. Selain mencurahkan isi pikiran penulis, analytical exposition text juga bertujuan untuk memberikan sudut pandang lain kepada pembaca. 

Yuk Belajar Jenis Teks Bahasa Inggris Lainnya di Cakap!

Ciri-ciri Analytical Exposition

Menggunakan simple present tense

Analytical exposition text menggunakan simple present tense karena hasil pemikiran penulis yang tertuang dalam teks adalah hasil pemikiran saat ini.

Baca juga: Ayo Belajar 16 Tense Bahasa Inggris!

Menggunakan causal conjunctions

Causal conjunctions adalah kata hubung yang tujuannya untuk menjelaskan sebab terjadinya sesuatu dan akibat yang ditimbulkannya. Contoh causal conjunctions seperti although, in case, as a result, in order, because, because of, despite, dan sebagainya.

Menggunakan internal conjunctions

Internal conjunctions merupakan kata penghubung dua argumen. Contohnya seperti further, first, second, meanwhile, dan sebagainya.

Menggunakan evaluative words

Evaluative words digunakan dalam analytical exposition karena bertujuan untuk memberi penekanan pada isu yang sedang dibahas sehingga pembaca merasakan urgensi dari isu tersebut. Contoh evaluative words yaitu important, crucial, threatened, dan lain sebagainya.

Struktur Analytical Exposition

Sama seperti dengan teks pada umumnya, analytical exposition text memiliki struktur penulisan. Berikut ini struktur penulisan analytical exposition text:

Thesis

Dalam teks ini, biasanya di paragraf pertama pembaca bisa mengetahui isu apa yang sedang dibahas. Selain itu, pembaca juga bisa mengetahui pandangan penulis terhadap isu tersebut.

Arguments

Bagian ini berisi argumen penulis terhadap isu atau peristiwa yang sedang dibahas olehnya. Biasanya terdapat dua pendapat atau lebih yang berfungsi untuk mendukung topik utama.

Conclusion

Kalau kamu udah di bagian ini, berarti kamu udah hampir selesai membaca teks tersebut. Biasanya bagian ini berisi recap dari topik dan argumen yang ditulis oleh si penulis.

Contoh Analytical Exposition

The Importance of Learning English

In this modern era, there are a lot of people who still can’t speak English. Actually, there are many benefits of learning English. Here are two reasons why it’s important.

First, English opens new career opportunities. These days, many companies need employees who can communicate with clients from around the world. Usually, it means someone who can speak English because English is an international language. Being a bilingual person, you can get the opportunity to work in a global company.

Second, English tests can get you into schools. You probably already know English tests such as TOEFL and IELTS. If you learn English well enough to pass English tests like TOEFL, you can study in English-language universities across the globe. Although you aren’t going to study abroad, learning English can help you in making the thesis because there are a lot of sources use English languages.

There are indeed many other benefits of learning the English language. But, the two reasons above help us to believe that English is important for our life and by learning English languages we can communicate with many people from other countries.

Bagaimana? Kamu udah paham bagaimana cara membuat analytical exposition text? Setelah kamu paham teori analytical exposition, sekarang gilirannya kamu membuat sendiri teks buatanmu sendiri.

Teks bahasa inggris ada banyak jenisnya lho! Tapi, tenang aja kamu bisa ikut kelas bahasa inggris di Cakap supaya bisa belajar jenis teks bahasa inggris lainnya. Di Cakap kamu bakal dimentori secara live, jadi bisa berinteraksi langsung dengan mentor. Seru banget kan?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google