Apa Itu Future Continuous Tense & Bagaimana Rumus serta Contohnya

future continuous tense

Seperti tenses dengan jenis future lainnya, Future Continuous Tense ini juga digunakan untuk membicarakan situasi atau kondisi di masa depan. Future Continuous Tense juga sering dikenal dengan nama Future Progressive Tense.

Namun, tak hanya membahas mengenai kejadian pada masa depan, tenses ini juga membahas kejadian atau situasi yang terjadi pada saat sekarang ini. Simak artikel berikut ini untuk mengenal Future Continuous Tense lebih baik lagi.

Apa Itu Future Continuous Tense?

Future Continuous Tense ini digunakan untuk menyatakan bahwa sebuah kejadian akan terjadi di masa depan dan terus berlanjut dalam kurun waktu tertentu. Dalam tenses ini, hal yang penting untuk diingat adalah bahwa suatu kejadian yang digambarkan dengan tense ini memiliki durasi waktu.

Future Continuous Tense dapat digunakan untuk menyatakan sebuah kegiatan yang akan atau sedang dilakukan pada suatu waktu di masa yang akan datang dengan keterangan waktu yang spesifik.

Tenses ini juga digunakan untuk menunjukkan kejadian mana yang sedang berlangsung di masa depan ketika ada kejadian lain yang juga terjadi di masa depan. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan dengan sopan dengan tujuan untuk menyampaikan niat seseorang.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Rumus Future Continuous Tense

Future Continuous Tense memiliki rumus yang dapat membuat kamu mudah membedakan tenses ini dengan tenses lainnya.

Rumus Future Continuous Tense Kalimat Positif

Rumus Future Continuous Tense kalimat positif adalah sebagai berikut:

Subject + Will/Shall + Be + Verb -ing

Penggunaan will pada Future Continuous Tense dapat digunakan pada objek seperti I, you, they, we, he, she, it. Sedangkan penggunaan shall pada Future Continuous Tense dapat digunakan untuk subjek I dan we.

Rumus Future Continuous Tense Kalimat Negatif

Rumus Future Continuous Tense dengan kalimat negatif adalah sebagai berikut:

Subject + Will/Shall + Not + Be + Verb -ing + Complement

Perbedaan penggunaan rumus Future Continuous Tense kalimat negatif dapat dilihat pada penggunaan not sebelum kata will atau shall. Dalam kalimat Bahasa Inggris, will not dapat disederhanakan menjadi kata “won’t” dan shall not juga dapat disederhanakan menjadi kata “shan’t”.

Namun, penggunaan kata shan’t tidak terlalu banyak atau tidak lazim untuk digunakan pada percakapan sehari-hari. Penggunaan kata “shan’t” ini biasanya digunakan di dalam surat atau penulisan saja.

Rumus Future Continuous Tense Kalimat Interogatif

Rumus Future Continuous Tense dengan kalimat interogatif adalah sebagai berikut:

Will/Shall + Subject + be + Verb -ing?

Tidak hanya digunakan pada kalimat pernyataan, Future Continuous Tense juga bisa digunakan pada kalimat pertanyaan atau interogatif. Perbedaan struktur rumus antara kalimat pertanyaan dengan kalimat pernyataan ada pada kata will dan shall. Jika dalam kalimat pernyataan will dan shall diletakkan setelah objek, maka dalam kalimat tanya will dan shall diletakkan di paling depan.

Setelah mengetahui rumus Future Continuous Tense dari setiap kondisi dan jenis kalimat, maka saatnya kamu membuat kalimat menggunakan Future Continuous Tense. Berikut merupakan contoh kalimat Future Continuous Tense untuk referensimu.

Kursus Bahasa Inggris di cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Berikut merupakan beberapa contoh kalimat Future Continuous Tense.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense Kalimat Positif

  • Michael will be running a marathon this Saturday.
  • She will be staying with her cousins for a week.
  • I shall be returning the book to the library this evening.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense Kalimat Negatif

  • Due to the new regulations of the new normal, we shall not be going to the office starting tomorrow morning.
  • She will not be coming to your birthday party next week.
  • I won’t be leaving Jakarta tonight.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense Kalimat Interogatif

  • Will they be here tomorrow?
  • Shall you be returning this tray to that counter, please?
  • Will he be looking for a new assistant next week?

Nah, sudah cukup jelas kan pengenalan Future Continuous Tense di atas? Setelah mengenal Future Continuous Tense beserta rumus dan contoh kalimatnya, jangan lupa untuk selalu melatih penggunaan tenses kamu yaa, Sobat Cakap.

Apalagi kamu masih memiliki tugas untuk memahami 15 tenses lainnya dengan rumus yang berbeda-beda. Penggunaan yang tepat dapat membuatmu mengerti dengan lebih cepat, lho. Yuk, tingkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu dengan belajar Bahasa Inggris online bersama Cakap!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks