Future Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, & Contohnya

future perfect continuous tense

Satu dari enam belas tenses yang sering digunakan dan nggak kalah penting buat dibahas adalah future perfect continuous tense. Tidak begitu sulit untuk menguasai tenses ini jika kamu sudah mengetahui rumus dan fungsi penggunaan yang tepat, atau juga kalau kamu sudah mengenal present perfect continuous tense sebelumnya. Karena, rumus dari keduanya tidak terlalu jauh berbeda. 

Tenses yang satu ini sangat identik dengan “will” dan “have been”. Daripada makin penasaran, langsung saja yuk kepoin tenses yang satu ini!

Table of Contents

Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menjelaskan serangkaian aksi atau tindakan yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa yang akan datang (masa depan) dan akan berlanjut sampai nanti. Tenses ini juga dikenal dengan sebutan future perfect progressive.

Selain identik dengan “will dan have been”, future perfect continuous tense juga identik dengan preferensi waktu, seperti for seven months, since …, dan lain sebagainya. Preferensi waktu inilah yang dapat membedakan antara tenses ini dengan future continuous tense.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Bagaimana rumus pembentuk future perfect continuous tense? Tenses ini menggunakan present participle atau verb-ing. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini:

Rumus future perfect continuous tense:

Positive

Subject + will + have + been + verb-ing

Negative 

Subject + will + not + have + been + verb-ing 

Interrogative 

Will + Subject + have + been + verb-ing

Fungsi Future Perfect Continuous Tense

Selain berfungsi untuk mengungkapkan aksi yang akan/sudah berlangsung sekian lama di masa depan, future perfect continuous tense juga memiliki fungsi lain, yaitu:

  • Menyatakan kejadian yang saat ini belum berakhir, namun akan berakhir di masa depan. Perhatikan contoh berikut:
    Next month, Rosa will have been studying here for three years.

     

  • Menyatakan peristiwa yang akan sudah terjadi dan akan berlangsung selama beberapa waktu di masa mendatang. Perhatikan contoh berikut
    I will have been living here for two months by the end of this week.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Future Perfect Continuous Tense vs Present Perfect Continuous Tense

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa future perfect continuous tense digunakan untuk menerangkan tindakan yang akan sudah berlangsung sebelum waktu tertentu di masa depan. Sedangkan present perfect continuous tense digunakan untuk menjabarkan aksi yang telah dimulai atau sudah selesai di masa lampau dan terus berlanjut hingga sekarang.

Jika rumus yang digunakan untuk membentuk kalimat future perfect continuous tense adalah Subject + will + have + been + verb-ing, maka lain halnya dengan present perfect continuous tense. Rumus yang digunakan untuk membentuk kalimat present perfect continuous tense adalah Subject + has/have + been + verb-ing (tidak ada “will” setelah subject).

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

Berikut ini terlampir beberapa contoh kalimat future perfect continuous tense yang bisa menambah pemahamanmu seputar tenses ini:

  • Gina will have been taking charge of the class for the next week.
    (Gina akan bertanggung jawab atas kelas selama satu minggu ke depan).

     

     

  • By next year, I will have been living in Bali for ten years.
    (Pada tahun depan, saya akan sudah tinggal di Bali selama sepuluh tahun).

     

     

  • How long will you have been teaching when you retires?
    (Berapa lama kamu mengajar ketika kamu pensiun?)

     

     

  • Raisa will have been reading with her friend for two hours.
    (Raisa akan/sudah membaca dengan temannya selama dua jam.)

     

     

  • Will you have been living in Germany for ten months next year?
    (Apakah Santi akan tinggal di Jerman selama sembilan bulan tahun depan?)
 

Itulah penjelasan selengkapnya tentang pengertian, rumus, fungsi, dan contoh kalimat future perfect continuous tense. Jika kamu masih penasaran dengan materi tenses lainnya, seperti past perfect tense atau simple future tense, kamu bisa terus pantengin blog Cakap, ya! 

Atau kalau ingin belajarmu lebih efektif dan cepat, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online di Cakap. Di sana kamu akan belajar langsung bareng teachers professional yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Referensi:
-grammarly.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

      #SiapaCakapDiaDapat