Ini Dia Perbedaan Penggunaan Will dan Going To dalam Kalimat

penggunaan will dan going to

Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki sinonim atau biasa dikenal dengan persamaan makna. Namun, dua kata dengan makna paling serupa pun memiliki konteks penggunaan yang berbeda. Perbedaan penggunaan kata dengan makna serupa itu juga dimiliki oleh kata will dan going to. Penggunaan will dan going to seringkali membingungkan bahkan bisa sampai tertukar. Bagaimana ya cara membedakannya?

Setelah sebelumnya membahasa must dan have to, sekarang saatnya memahami perbedaan dua kata lain yang arti harfiahnya serupa, yaitu will dan going to. Read this well, ya!

Apa Arti Will dan Going to?

source: giphy.com

Kata will dan going to memiliki arti yang sama, yaitu ‘akan’. Jika keduanya memiliki arti yang sama, lantas di mana letak perbedaan will dan going to? Will termasuk dalam golongan kata kerja bantu atau sering dikenal sebagai modal auxiliary verb. Will berfungsi untuk memperjelas keterangan waktu. Ia juga biasanya digunakan untuk memberi makna pada kalimat present future tense.

Hal yang tidak boleh terlewatkan dalam going to adalah ‘be’, be going to. Penggunaan kata ‘going to’ tidak terlepas dari to be di depannya. Pemilihan to be dalam going to tentu harus menyesuaikan subjek yang mendahuluinnya dan tenses yang digunakan.

Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini mengenai penggunaan will dan going to dan kemungkinan keduanya digunakan dalam konteks situasi yang sama.

Penggunaan Will

Agar lebih jelas dan mudah dipahami, penggunaan will dan going to akan dibahas satu persatu. Konteks penggunaan Kata will di dalam kalimat lebih banyak daripada penggunaan going to. Will dapat digunakan dalam beberapa situasi. Situasi dan konteks apa saja kah yang bisa menggunakan kata ‘will’? Simak penjelasan berikut ini:

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Rapid Decision

Rapid decision adalah situasi Ketika kamu memutuskan suatu hal secara spontan/mendadak. Maka, dalam situasi ini kamu bisa menggunakan will:

Contoh:

  • My father has come, so I think I will go home now. (Ayah saya sudah datang, jadi saya pikir saya akan pulang sekarang).
  • I’m so hungry, I think I’ll buy some donuts. (Saya sangat lapar, saya pikir saya akan membeli beberapa donat.

Menyatakan janji

Will dapat digunakan dalam kalimat untuk menyatakan sebuah janji. Perhatikan contoh di bawah ini!

  • Thank you for the invitation, sure I will come to your wedding. (Terima kasih atas undanganya, pasti saya akan datang di acara pernikahanmu).
  • I will buy you a car, right on your graduation day. (Saya akan memberikanmu mobil, tepat di hari kelulusanmu).

Menyatakan Ancaman

Selain digunakan untuk menyatakan janji, kata ‘will’ dalam sebuah kalimat juga dapat berfungsi sebagai bentuk pernyataan ancman. Perhatikan contoh berikut ini:

  • If you don’t take chemistry class today, I will call your parents. (Jika kamu tidak mengikuti kelas Kimia hari ini, aku akan menelpon orang tuamu).
  • Don’t call me again, or I will block your number. (Jangan menelponku lagi atau aku akan memblokir nomormu).

Menyatakan Penolakan

Untuk menyatakan penolakan terhadap sesuatu, kata will selalu dibarengi dengan kata pengingkaran berupa ‘not’, ‘will not’ or ‘won’t’. Perhatikan contoh berikut ini:

  • I won’t come to your house tonight, I’m very busy. (Saya tidak akan datang ke rumahmu malam ini, saya sangat sibuk).
  • He will not attend this seminar. (Dia tidak akan menghadiri seminar ini).

Menyatakan Bantuan

Penggunaan will yang selanjutnya adalah untuk menyatakan bantuan atau offering secara suka rela kepada orang lain. Perhatikan contoh berikut ini:

  • I will cook some food, so you can have dinner here. (Saya akan memasak beberapa makanan, jadi kamu bisa makan malam di sini).
  • I will go to the market and buy the fruits you want. (Saya akan pergi ke pasar dan membelikanmu buah-buahan).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penggunaan Going to

Penggunaan will dan going to akan semakin jelas terlihat perbedaanya, saat kamu memahami konteks atau situasi yang memberlakukan penggunaan going to. Berikut penjelasan dan contoh penggunaan going to:

Menyatakan Ide Masa Depan

Going to dapat digunakan untuk menyatakan ide atau rencana masa depan. Tidak peduli apakah rencana tersebut realistis atau tidak. Perhatikan contoh berikut:

  • I am going to have Holidays in Athens. (Saya akan pergi berlibur ke Atena).
  • She is going to buy a house in kediri. (Dia akan membeli rumah di Kediri).

Menunjukan Tanda/Sign

Selain digunakan untuk menyatakan ide masa depan, going to juga bisa digunakan untuk menunjukan tanda-tanda mengenai sesuatu yang akan terjadi. Perhatikan contoh berikut ini:

  • It’s already the second half and the score is 3-0, I’m sure they are going to win. (Ini sudah babak kedua dan skornya 3-0, saya yakin mereka akan menang).

Penggunaan Will dan Going to

Apakah penggunaan will dan going to bisa dipakai pada konteks yang sama? Tentu bisa! Will dan going to bisa dipakai di saat bersamaan Ketika membahas mengenai “prediksi”. Perhatikan contoh berikut ini:

  • I think it will rain today. (Saya pikir hari ini akan turun hujan).
  • I think it is going to rain today. (Saya pikir hari ini akan turun hujan).

Itu dia penggunaan will dan going to dalam kalimat. Setelah membaca materinya, kamu pasti memahami dengan baik apa saja perbedaan will dan going to.

Belajar Bahasa Inggris sangat menarik dan membuat candu bukan? Buat kamu yang masih ingin tahu dan ingin mempelajari materi lain, ini saat yang tepat untuk ikut kursus Bahasa Inggris online di Cakap. Dengan dampingan teacher yang professional dan menyenangkan, belajar Bahasa Inggris jadi makin seru dan gampang. Yuk daftarkan dirimu di Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks