Perbedaan Must dan Have to, Kata yang Menyatakan ‘Keharusan’

perbedaan must dan have to

Dalam bahasa Inggris, penggunaan dan pemilihan kata dipertimbangkan berdasarkan konteksnya. Konteks di sini bisa berbasis waktu atau ketepatan. Terlepas dari persamaan makna yang dimiliki, must dan have to memiliki perbedaan yang cukup kompleks. Salah satu hal yang mempengaruhi perbedaan must dan have to adalah ‘expressing of obligation’ nya.

Banyak pengguna bahasa Inggris khususnya pemula dan non-native speaker yang masih bingung membedakan penggunaan must dan have to. But relax, karena kamu akan tahu perbedaan keduanya dalam artikel ini!

Perbedaan Must dan Have to

source: giphy.com

Must dan have to adalah dua kata yang memiliki arti serupa, yaitu ‘harus’. Keduanya sama sama berfungsi untuk menyatakan ekspresi ‘keharusan’ atau biasa juga disebut expressing obligation. Namun, kedudukan dan penggunaan must dan have to dalam sebuah kalimat tidaklah sama. Keduanya memiliki konteks dan cara pakai yang berbeda. Perbedaan must dan have to terletak pada dasar ‘kemungkinan’ atau suatu ‘keharusan’. 

Lebih jelas dan lengkapnya, simak penjelasan penggunaan must dan have to di bawah ini!

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

PenggunaanMust

Untuk mengetahui perbedaan must dan haveI to kamu harus memahami masing-masing penggunaanya terlebih dahulu. Must adalah kata yang termasuk dalam golongan modals. Ada beberapa situasi yang mendasari penggunaan ‘must’ dalam kalimat. Must digunakan untuk menyatakan keharusan yang berasal dari pembicara. Maksud dari ungkapan ini adalah keharusan yang dibicarakan berasal dari opini si pembicara.

Must tidak mengalami perubahan karena dia merupakan bagian dari modals. Penggunaanya juga hanya berlaku untuk menyatakan ‘keharusan’ yang terjadi pada saat ini.

Penggunaan must dalam kalimat negative menyatakan suatau larangan. Dalam bentuk negative ini, larangan yang dinyatakan dengan kata ‘must’ bersifat lebih keras daripada ‘have to

Contoh Penggunaan Must:

  • You must go right now. (Kamu harus pergi sekarang).
    Keterangan:Must dalam contoh di atas menyatakan keharusan yang berasal dari opini pembicara. Pembicara mengharuskan tokoh ‘you’ untuk pergi sekarang juga.
  • I must buy some watermelon. (Saya harus membeli beberapa semangka)
    She must buy some watermelon. (Dia harus membeli beberapa semangka).
    Keterangan: Kedua kalimat di atas menggunakan kata ‘must’  tanpa mengalami perubahan, terlepas dari pergantian subjek dalam kalimat.
  • You mustn’t meet that guy. (Kamu dilarang bertemu dengan laki-laki itu).
    Keterangan: Pada kalimat di atas, kata ‘must’ terbilang dalam bentuk negative, menyatakan larangan keras tokoh ‘you’ untuk bertemu dengan ‘laki laki itu’.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Penggunaan Have to

Perbedaan must dan have to akan lebih jelas saat kamu mengetahui praktik penggunaan keduanya. Have to digunakan untuk mengekspresikan kewajiban yang kuat, karena ‘keharusan’ yang diciptakan oleh kata have to bukan berasal dari pembicara melainkan dari campur tangan orang lain.

Have to termasuk ke dalam golongan tenses sehingga penggunaanya mengalami perubahan bergantung pada tenses dan subject yang ada dalam kalimat. Keterkaitan have to dengan tenses ini membuat penggunaanya lebih fleksibel, have to dapat digunakan dalam kalimat masa lampau, masa kini, dan masa depan.

Penggunaan have to dalam kalimat negative menunjukan makna bahwa ‘tidak ada kewajiban/keharusan’. Bentuk negatifnya diselingi dengan kata do/doesn’t.

Contoh Penggunaan Have to:

  • Agata has to be at school exactly at 7, otherwise she will be late. (Agata harus pergi ke sekolah tepat pukul 7, jika tidak dia akan telat).
    Keterangan:  Contoh di atas menunjukan bahwa ‘keharusan’ tersebut bukan berasal dari si pembicara, melainkan dari pihak lain, yaitu sekolah).
  • I have to watch this drama. (Saya harus menonton drama ini).
    She has to watch this drama. (Dia harus menonton drama ini).
    Keterangan: Dua kalimat di atas memiliki subjek yang berbeda, yaitu ‘I’ dan ‘she’. Sehingga penggunaannya pun berubah dari have to menjadi has to.
  • You don’t have to buy the bag. (Kamu tidak harus membeli tas itu).
    Keterangan: Dalam kalimat di atas, ‘you’ tidak diwajibkan/diharuskan membeli tas.

Kamu sudah mengetahui dan memahami bahwa perbedaan must dan have to dipengaruhi oleh beberapa konteks, yaitu waktu dan tingkat ‘keharusan’. Sekarang kamu bisa menggunakan keduanya pada sasaran kalimat yang tepat.

Asah kemampuan Bahasa Inggrismu bersama Cakap. Ikuti kursus Bahasa Inggris online di Cakap dan dapatkan banyak keuntungan. Kamu bisa pilih teacher dan bebas atur jadwal belajarmu sendiri loh. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks