Arti Congratulation & Ucapan Selamat Bahasa Inggris Lainnya

arti congratulation

Di hari bahagia dalam moment dan suasana mana pun, ada kosakata Bahasa Inggris yang mengambil peran penting. Kosakata itu adalah congratulation. Tak ayal, semua orang pasti pernah menerima dan memberikan ucapan congratulation pada seseorang. Namun, apakah kamu tahu arti congratulation?

Arti Congratulation

source: giphy.com

Congratulation artinya selamat. Kata congratulation termasuk ke dalam golongan noun atau kata benda. Congratulation bisa menjadi countable noun dan uncountable noun

Baik sebagai uncountable noun maupun countable noun, congratulation berarti ‘tindakan memberi selamat kepada seseorang’, kamu bisa menggunakan kata congratulation dalam situasi formal dan informal.

Contoh kalimat ‘congratulation’:

  • He sent me a note of congratulation on my wedding. (Dia mengirimkanku ucapan selamat atas pernikahanku).
  • I give him one set of PS 5, a sort of congratulation. (Saya memberinya satu set PS 5, sebagai bentuk atas ucapan selamat).  

Hanya Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

Ucapan Selamat Selain Congratulation

source: giphy.com

Congratulation tidak hanya memiliki satu bentuk. Ada beberapa kata yang merupakan pecahan atau bagian dari kata tersebut. Mau tau apa sajakah itu? Keep read this article ya!

Congratulation(s)

Congratulations adalah bentuk paling mirip dengan congratulation.Penambahan letter ‘s’ di akhir kata menandakan bahwa kata tersebut berbentuk jamak atau plural. Congratulations di sini berarti ‘pesan yang berisi ucapan selamat kepada seseorang’.

Menambahkan kata offer atau send menjadi pilihan yang tepat, sehingga membentuk kalimat offer congratulations atau send congratulations of. Penambahan offer dan send berguna untuk menekankan ekspresi tulus dan benar-benar ikut berbahagia di momen kebahagiaan seseorang.

Kata ini termasuk ke dalam ungkapan formal atau informal. Jadi, kamu bisa menggunakannya di lingkungan kerja, bisnis, atau saat mengucapkan selamat kepada seseorang yang dihormati.

Contoh kalimat ‘congratulations’:

  • Offer congratulations! Great job. You deserve it! (Selamat! Kerja yang luar biasa. Kamu berhak mendapatkannya).
  • If so, Congratulations on your graduation. (Selamat atas kelulusanmu).

Congrats

Congrats merupakan bentuk paling pendek dari kata congratulation dengan arti yang sama yakni ‘selamat’. Bentuk ini merupakan bentuk yang tidak formal, biasanya digunakan saat mengucapkan selamat kepada orang terdekat atau orang yang lebih muda dari si penutur.

Congrats merupakan bentuk informal dari kata congratulations. Dengan bentuknya yang informal, biasanya kata ini digunakan saat mengucapkan selamat kepada orang terdekat atau orang yang lebih muda dari si penutur.

Contoh kalimat ‘congrats’:

  • Congrats! You get the best score in Philosophy. (Selamat! kamu mendapatkan nilai Filsafat terbaik).
  • This is a good news, you pass the audition. Congrats ya. (Ini adalah kabar baik, kamu lulus audisi. Selamat ya.) 

Congratulate

Meskipun bentuknya berbeda, congratulate tetap memiliki arti yang sama dengan congratulation yakni ‘selamat’ atau lebih tepatnya ‘mengucapkan selamat’.

Contoh kalimat ‘congratulate’:

  • Wah, I am so happy to hear that she go to university. I should congratulate her on it. (Wah, saya bahagia mendengar bahwa dia diterima di kampus. Saya harus mengucapkan selamat padanya).
  • I must congratulate you on your success. (Aku harus mengucapkan selamat atas kesuksesanmu.

Congratulated

Congratulated merupakan bentuk lampau dari kata ‘congratulate’. Ucapan ini artinya ‘memberi selamat’ atas moment kebahagiaan seseorang yang sudah terjadi di masa lalu. 

Contoh kalimat ‘congratulated’:

  • Last week, she congratulated me on my theater show. (Minggu lalu, dia mengucapkan selamat padaku atas pertunjukan teaterku)

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Sendiri

Well Done

Secara harfiah, well done artinya ‘baik sekali’. Namun begitu, kamu bisa menggunakan kata ini untuk mengucapkan ‘selamat’. Kata ini dapat kamu ucapkan pada orang-orang terdekatmu.

Contoh kalimat ‘well done’:

  • Well done, you make this event unforgettable! (Bagus sekali, kamu membuat acara ini tidak akan terlupakan).

You Rock

Saat melihat atau mendengar kata ini, mungkin kamu sudah bisa menentukan bahwa kata tersebut tidak disarankan penggunaanya dalam situasi formal. Kamu bisa menggunakan you rock pada saat kamu merasa bangga atas keberhasilan teman atau orang terdekatmu.

Contoh kalimat ‘you rock’:

  • You just need one hour to finish this exam? You rock brother! (Kamu hanya butuh waktu satu jam untuk menyelesaikan ujian ini? Kamu keren, Sobat).

That’s it! Gimana? Udah tahu arti congratulation dan cara lain buat mengucapkan selamat kan? Ternyata bentuk dari congratulation tidak hanya satu ya, masing-masing bentuknya juga memiliki peran yang berbeda.

Tertarik belajar bahasa Inggris lebih jauh? Mau tau tata bahasa Inggris secara lebih rinci? Kamu bisa dapatkan semua jawabannya di Kelas Bahasa Inggris Cakap. Di sana, kamu bakal belajar langsung bersama tutor profesional. Yuk, gabung Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks