Arti Sincerely, Salam Penutup Surat dalam Bahasa Inggris

sincerely artinya

Saat menuliskan surat kepada rekan kerja atau kepada teman terdekat bahkan kepada saudara, biasanya kita akan memberikan salam penutup surat agar pesan yang dikirimkan terkesan lebih hangat atau lebih profesional.

Dalam penulisan surat menggunakan bahasa Inggris, banyak sekali salam penutup surat dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan. Surat dengan bahasa Inggris seharusnya ditulis dengan tingkat keresmian yang disesuaikan dengan berbagai macam situasi dan kondisi.

Salah satu salam penutup yang biasa digunakan saat menuliskan surat dalam bahasa Inggris adalah sincerely. Sincerely artinya secara harfiah adalah dengan tulus hati. Namun, apakah kamu sudah tau bagaimana penggunaan sincerely pada salam penutup surat? Simak penjelasan selengkapnya.

Apa Arti Sincerely?

source: giphy.com

Dalam penggunaan salam penutup pada surat, sincerely artinya adalah hormat kami. Sincerely merupakan pilihan yang tepat ketika kamu ingin mengekspresikan profesionalitas tanpa terlalu formal atau informal. Kamu dapat menggunakan salam penutup ini ketika kamu melamar pekerjaan atau membahas kemungkinan kerjasama.

Biasanya, penggunaan kata “sincerely” digunakan pada awal kalimat dan diakhiri dengan kata “yours”. Kata “sincerely” juga memiliki tingkatan penggunaannya. Apabila mengirimkan surat untuk teman atau sahabat dekat, kita bisa menggunakan pernyataan yang lebih santai seperti “Yours most sincerely” atau “Most sincerely”.

Sedangkan, untuk kata-kata seperti “Sincerely yours” dan “Yours sincerely” digunakan untuk surat semi formal atau bisa digunakan jika surat tersebut mempunyai sifat diantara surat resmi dan surat tidak resmi.

Nah, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan kata “sincerely” dan “sincerely yours”?

Baca Juga: Personal Letter: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Gaji Meningkat 30% dengan Skill Bahasa Inggris. Saatnya Kamu Mulai Belajar di Cakap!

Perbedaan “Sincerely” dan “Sincerely Yours”

source: giphy.com

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa beberapa korespondensi dalam sebuah surat ditutup dengan “sincerely” dan lainnya dengan “sincerely yours”?

Menurut Oxford Dictionaries, “sincerely yours” adalah ekspresi formal yang digunakan untuk surat bisnis. Sincerely yours artinya hormat kami secara lebih sopan. Sedangkan, “sincerely” adalah ekspresi yang dapat digunakan dalam email bisnis atau komunikasi pribadi dalam bahasa Inggris Amerika.

Kalimat penutup “sincerely yours” atau bisa juga kamu gunakan sebaliknya “yours sincerely” bisa kamu gunakan apabila kamu mengawali surat dengan menyebut nama penerima pesan, misalkan “Dear Ms. Bianca”, “Dear Mr. Kevin”, dll. Namun, jika kita mengawali surat dengan “Dear Sir/Madam”, tanpa menyebutkan nama penerima pesan, maka kamu bisa menggunakan “Yours faithfully”.

Namun di Amerika Serikat, penggunaan salam penutup “sincerely” pada sebuah surat akan jauh lebih umum daripada “sincerely yours”. Bahkan, menurut Jeff Butterfield dalam bukunya Written Communication, “sincerely” adalah yang paling populer dari semua penutupan bisnis. Salam penutup surat dengan kata “sincerely” ini paling sering digunakan dalam korespondensi formal.

Sehingga, salam penutup pada surat dengan menggunakan “sincerely” terkesan lebih konvensional dan bisa kamu gunakan apabila kamu mengetahui ditujukan kepada siapa surat tersebut. Berbeda dengan “sincerely yours” yang memiliki kesan lebih sopan dan lebih akrab, walaupun juga bisa kamu gunakan apabila kamu mengetahui ditujukan kepada siapa surat tersebut.

“Sincerely yours” bisa kamu gunakan dalam situasi formal. Salam penutup “sincerely yours” adalah ‘standard close’ dan biasanya dilakukan oleh dua pihak yang telah saling mengenal. Sedangkan Sincerely, lebih umum digunakan.

Apabila kamu ragu untuk menggunakan antara kedua pilihan ini, maka lebih baik untuk kamu menggunakan salam penutup “sincerely”, karena salam ini memiliki sifat bisa ditujukan untuk siapa saja.

Dalam menulis email yang memiliki konotasi bersifat formal, penting untuk kamu mengetahui struktur penulisan pesannya agar terkesan sopan dan dapat diterima oleh rekan kerja. Apalagi dengan menggunakan bahasa Inggris, kamu perlu memperhatikan kepada siapa kamu  mengirimkan pesan dan putuskan salam penutup mana yang terbaik.

Setelah mempelajari dan mengetahui tentang “sincerely” dengan benar, kamu perlu melatihnya dengan cara menggunakan salam penutup setiap ingin mengirimkan pesan. Untuk menulis surat dengan struktur yang baik dan benar, kamu bisa daftar kursus bahasa Inggris di Cakap.

Di sana, kamu akan belajar bersama guru profesional berpengalaman. Selain itu, dengan metode interaktif, kamu juga bisa melatih kemampuan menulis dan berbicaramu dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks