7 Alasan Kenapa Bahasa Inggris Penting untuk Kerja dan Karier

pentingnya bahasa Inggris untuk karier
pentingnya bahasa Inggris untuk karier

Siapa sih yang gak mau punya karier oke dan bisa sukses? Semua pasti mau! Tapi gimana cara mencapainya? Salah satunya dengan melengkapi diri dengan berbagai skill yang relevan. Apalagi, saat ini dunia kerja semakin ketat persaingannya.

Salah satu skil yang kamu butuhkan tak lain adalah keterampilan berbahasa Inggris. Tahu gak sih, 96% perusahaan di Indonesia menyatakan bahwa kemampuan bahasa Inggris ini penting, baik untuk yang posisi senior maupun yang baru masuk. Kalau kamu lancar bahasa Inggris, ada banyak manfaat lho yang bisa didapat. Apa aja ya?

Peluang kerja lebih luas

Dengan bisa bahasa Inggris, peluang mendapatkan pekerjaanmu jadi semakin luas. Saat ini, banyak perusahaan mewajibkan karyawannya bisa bahasa Inggris. Apalagi di era globalisasi ini, perusahaan tentu mau bisa bersaing. Selain itu, dengan bisa bahasa Inggris kamu jadi punya keunggulan dibandingkan kandidat lain yang hanya bisa satu bahasa saja. 

Selain itu, dengan bisa bahasa Inggris kamu juga jadi berkesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan asing atau multinasional. Kamu jadi bisa apply ke lebih banyak perusahaan deh!

Jenjang karier yang lebih oke

Kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni bisa membantu jenjang kariermu untuk mendapatkan promosi dan jabatan yang lebih oke. Misalnya, perusahaan mendapat klien asing atau harus mengadakan pertemuan di luar negeri. Kalau kamu bisa bahasa Inggris, kamu jadi berkesempatan untuk ditugaskan untuk hal-hal ini, yang umumnya dilakukan oleh orang yang posisinya sudah lebih tinggi.

Tingkatkan Peluang Karier dengan Kursus Inggris di Cakap!

Bisa akses lebih banyak informasi

Coba deh sekarang kamu ke google, cari informasi di internet. Kebanyakan informasi yang kamu temukan kebanyakan adalah yang berbahasa Inggris. Ada juga sih memang yang menggunakan bahasa Indonesia, tapi kadang informasi yang menggunakan bahasa Inggris bisa lebih lengkap. Bahkan ada juga yang tidak ada versi bahasa Indonesia. 

Kalau kamu bisa bahasa Inggris, otomatis kamu jadi bisa akses lebih banyak informasi. Pengetahuanmu pun juga jadi lebih luas. Kamu pun jadi bisa belajar lebih banyak hal dan menambah skill-mu yang bisa membantumu dalam pekerjaan. 

Bisa punya pendapatan yang lebih besar

Menurut studi, profesional yang memiliki kemampuan bahasa Inggris pendapatannya bisa meningkat 30-50%. Pasalnya, kamu jadi bisa berkesempatan untuk mendapat tanggung jawab yang lebih besar dan jabatan yang lebih tinggi. Jabatan yang lebih tinggi, artinya pendapatan yang lebih besar deh. 

Kemampuan berpikir yang lebih baik

Ternyata orang yang bisa lebih dari satu bahasa kemampuan berpikirnya berbeda lho. Orang yang belajar bahasa asing sejak usia dini diklaim memiliki fungsi kognitif yang lebih baik. Menurut studi, mereka lebih bisa mengingat daftar dan urutan. Selain itu, mereka juga lebih mudah beradaptasi di lingkungan yang baru. Kemampuan-kemampuan ini tentu bermanfaat bukan untuk karier?

Negosiasi jadi lebih mudah

Kemampuan negosiasi salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki lho. Punya kemampuan berbahasa asing akan memudahkan kamu untuk bernegosiasi. Pertama, kamu jadi bisa bernegosiasi dengan klien dari luar negeri. 

Selain itu, orang yang bisa berbahasa asing dikatakan punya kemampuan negosiasi yang lebih baik lho. Soalnya, mereka bisa melihat perspektif dan sudut pandang yang lebih luas. Jadi kamu lebih bisa memahami dan merespons lawan bicaramu deh. 

Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Terakhir, bisa bahasa asing memungkinkan kamu untuk melanjutkan pendidikanmu, misalnya S2 di luar negeri. Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu syarat masuk di hampir semua universitas di luar negeri, dibuktikan melalui sertifikat TOEFL atau IELTS. Kalau kamu punya gelar S2, jenjang kariermu tentu akan semakin menjanjikan. 

Nah, udah lihat kan seberapa bermanfaatnya kemampuan bahasa Inggris untuk kariermu? Dengan bisa bahasa Inggris, kemungkinanmu untuk dilirik oleh perusahaan pun jadi lebih tinggi. Yuk, mulai belajar bahasa Inggris dari sekarang!

Kamu bisa belajar bahasa Inggris di Cakap dengan menggunakan Kartu Prakerja yang sebentar lagi pendaftarannya dibuka lho. Di Cakap, kamu bisa belajar bahasa Inggris online sesuai profesi dan cita-citamu. Jadi materinya super relevan dengan karier.

Pelajari juga kumpulan materi bahasa Inggris untuk dunia kerja dari daftar berikut, yuk!

Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

  1. Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

  2. CV bahasa Inggris

  3. Contoh cover letter dalam bahasa Inggris

  4. Cara menolak tawaran kerja dalam bahasa Inggris

  5. Percakapan bahasa Inggris di kantor

  6. Kumpulan pertanyaan interview Bahasa Inggris

  7. Daftar kosakata bahasa Inggris untuk wawancara kerja

  8. Tips presentasi bahasa Inggris

  9. Kumpulan contoh email formal bahasa Inggris

  10. Cara membuat janji temu dalam Bahasa Inggris

  11. Contoh presentasi produk dalam bahasa Inggris

  12. Contoh surat bisnis dalam bahasa Inggris

  13. Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat