Pengertian serta Jenis Phrase dalam Bahasa Inggris

phrase adalah

Ketika belajar grammar bahasa Inggris pasti kamu akan mempelajari phrase atau frasa dalam bahasa Inggris. Meskipun begitu, masih banyak lho yang sulit membedakan phrase dengan sentence atau kalimat. Padahal, keduanya jelas berbeda.

Supaya kamu jago grammar bahasa Inggris, maka kamu perlu pahami phrase. Engga cuman satu, phrase punya beberapa jenis. Tapi sebelum itu, cari tau dulu yuk apa itu phrase dan bagaimana perbedaannya dengan sentence?

Apa itu Phrase?

Phrase adalah gabungan berbagai kata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna tetapi tidak termasuk subject dan verb. Phrase tidak bisa memiliki batasan jumlah kata, namun yang pasti phrase harus lebih dari satu kata.

Phrase terdiri dari modifier yang memiliki fungsi untuk menjelaskan dan head yang berfungsi untuk dijelaskan. Modifier dibagi menjadi pre modifier dan post modifier, simak contoh di bawah ini:

  • Pre modifier
    Modifier yang terletak sebelum head, contohnya: Beautiful city, Huge nose, Red flower. Head dari contoh itu adalah city, nose, dan flower.
  • Post modifier
    Modifier yang terletak setelah head, contohnya: Work hard, Study style, That girl in the red floral dress. Head dari contoh itu adaah work, study, dan that girl.

Lalu, apa perbedaan phrase dan sentence? Untuk memahaminya, kamu bisa melihat contoh yang ada di tabel:

Word

City

Phrase

Beautiful city

Sentence

We came to a beautiful city last night

Belajar Bareng Teman di Cakap Semi Private, Lebih Kondusif dan Terjangkau!

Jenis-jenis Phrase

Setelah memahami apa itu phrase, sekarang giliranmu cari tau apa aja jenis-jenis phrase. Ada 9 jenis phrase yang perlu kamu pahami:

1. Noun Phrase

Noun phrase adalah kelompok kata yang terdiri dari satu kata benda dan modifiernya. Head dalam noun phrase adalah noun atau kata benda. Seperti contoh: 

Phrase

Head

Modifier

Big bike

Bike

Big

Fan on the wall

Fan

On the wall

Sweet cake

Cake

Sweet

2. Adverbial Phrase

Adverbial phrase adalah kelompok kata yang berfungsi sebagai adverb. Head dari jenis phrase ini adalah adverb. Berikut contoh adverbial phrase:

Phrase

Head

Modifier

Very well

Very

Well

Absolutely fine

Absolutely

Fine

Spoke softly

Softly

Spoke

3. Verb Phrase

Jenis frasa ini terdiri dari satu verb dan modifiernya. Head dari phrase ini adalah verb atau kata kerja. Berikut contoh verb phrase:

Phrase

Head

Modifier

Work hard

Work

Hard

Pick a color

Pick

A color

Drive safe

Drive

Safe

4. Gerund Phrase

Gerund phrase adalah jenis frasa yang headnya adalah gerund. Udah tau belum gerund itu apa? Pelajari dulu yuk sebelum liat contoh di bawah ini!

Phrase

Head

Modifier

Dancing queen

Dancing

Queen

Playing guitar

Playing

Guitar

Collecting stamps

Collecting

Stamps

5. Infinitive Phrase

Infinitive phrase adalah frasa yang dapat berfungsi sebagai verb, adverb, atau adjective. Frasa terdiri dari infinitive verb. Head dari frasa ini adalah to infinitive. Berikut contohnya:

Phrase

Head

Modifier

To call him

To call

Him

To fix your bike

To fix

Your bike

To sleep soundly

To sleep

Soundly

Baca Juga: Apa itu Infinitive? Ini Penjelasan dan Contohnya!

6. Appositive Phrase

Appositive phrase adalah frasa bahasa Inggris berupa ground phrase, infinitive phrase, atau noun phrase. Appositive phrase berfungsi untuk menjelaskan noun atau pronoun lain. Biar gak bingung kamu bisa liat contoh ini:

  • An artist from Sydney
    Ruel, an artist from Sydney, has launched his latest song yesterday

7. Participle Phrase

Frasa ini adalah gabungan antara present (-ing) atau past participle (-ed) dengan direct object dan modifier. Fungsi participle phrase yaitu sebagai verb atau adjective. Berikut contoh participle phrase:

  • The man riding in the circuit is my best friend
  • The book that is given to me is on the table

8. Prepositional Phrase

Phrase ini mencakup kata depan atau preposisi dan kata benda. Headnya berupa preposisi, sedangkan modifiernya berupa objek dari preposisi. Berikut ini contohnya:

Phrase

Head

Modifier

Since today

Since

Today

At home

At

Home

During the pandemic

During

The Pandemic

9. Exclamatory Phrase

Exclamatory adalah kata seruan atau ajakan. Exlamatory phrase terdiri dari head yang berupa exclamatory dan modifiernya. Berikut contoh dari exclamatory phrase:

Phrase

Head

Modifier

What a lovely day

What

A lovely day

How lucky she is

How

Lucky

What a smart kid

What

A smart kid

Memahami dan menghafal jenis-jenis phrase memang tidak bisa sistem kebut semalam. Kamu perlu menyisihkan waktu untuk mempraktekkannya secara berulang. Ajak temanmu supaya tidak bosan selama belajar.

Kamu juga bisa belajar bahasa Inggris bareng dua temanmu di Cakap Semi Private. Belajar jadi engga membosankan dan tentunya lebih terjangkau. Mau fasih bahasa Inggris, kan? Buruan daftarkan dirimu dan temanmu!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google