5 Kesalahan Bahasa Inggris yang Masih Sering Dilakukan

“Duh I’m boring deh!” Ada yang masih suka ngomong ini? Ternyata kalimat ini salah lho, sobat Cakap! Sebetulnya mau bilang kalau kamu lagi bosan, tapi yang ada kamu malah menyebut diri sendiri membosankan. Waduh!

Ini merupakan salah satu kesalahan bahasa Inggris yang sering dilakukan oleh orang Indonesia. Tapi karena sudah biasa digunakan, akhirnya banyak orang yang mengikuti saja.

Ada banyak kesalahan penggunaan kata dalam bahasa Inggris yang terkesan sepele namun sebenarnya memiliki makna yang berbeda jauh dengan yang kamu maksud. Wajar saja, bahasa Inggris memiliki lebih dari 171 ribu kata! Bahkan penutur asli pun bisa keliru dalam menggunakan sejumlah kata yang mirip.

Nah supaya kamu gak melakukan kesalahan yang sama, yuk simak artikel di bawah ini!

I’m boring

Seharusnya: I’m bored

Ini salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang. Walaupun hanya beda 3 huruf di belakang, ternyata ini artinya beda banget!
Boring merupakan adjectives atau kata sifat. Kata sifat yang berakhiran -ing digunakan untuk menggambarkan seseorang, sesuatu, atau sebuah situasi yang menimbulkan suatu perasaan. Sementara adjectives dengan akhiran -ed mendeskripsikan perasaan atau kondisi yang kamu alami sendiri.
I’m boring = Saya menyebabkan orang lain merasa bosan.
I’m bored = Saya merasa bosan.

Selain kata boring, prinsip ini juga bisa diaplikasikan pada kata sifat lainnya seperti annoying/annoyed, confusing/confused, exciting/excited, dan interesting/interested.

Thanks God

Seharusnya: Thank God

Thanks God source: giphy.com

Ah, cuma beda satu huruf aja. Eits, tapi secara tata bahasa ini salah, sobat Cakap!

Thanks” merupakan kependekan dari “thank you” yang diucapkan langsung kepada lawan bicara. Jadi mengatakan “thanks God” (terima kasih, Tuhan) berarti mengucapkan terima kasih seolah kamu sedang berbicara langsung kepada Tuhan.

Sementara “thank God” merupakan frasa yang kamu ucapkan kepada orang lain, menunjukkan bahwa kamu bersyukur kepada Tuhan. Masih bingung? Ini contoh penggunaannya:

Cacha lagi menyebrang jalan, tiba-tiba ada motor ngebut. Untung saja Cacha sempat menghindar. Cacha bergumam sendiri “Thanks, God!” Teman Cacha yang melihat kejadian itu langsung mengatakan “Thank God you’re okay!

Fix (Tetap)

Seharusnya: fixed

Fix (Tetap) source: giphy.com

“Harganya udah fix nih ya!” Maksud dari fix di kalimat ini adalah harganya sudah tetap. Tapi secara tata bahasa, kalimat ini masih salah!

Fix” merupakan kata kerja (verb) yang berarti memperbaiki. “Fixed” juga bisa menjadi bentuk verb 2 dari kata kerja “fix”. Namun, dalam kalimat di atas “fix” yang dimaksud adalah “tetap” yang merupakan kata sifat (adjectives) sehingga seharusnya menggunakan “fixed”.
Contoh:
Saya kemarin memperbaiki meja saya – I fixed my table yesterday. “Fixed” di sini merupakan kata kerja (verb).
Kami membeli buku ini dengan harga tetap – We bought this book at a fixed price. “Fixed” di sini merupakan kata sifat (adjectives).

Belajar Bahasa Inggris Kapan dan Dimana Saja Jadi Lebih Mudah Hanya di Aplikasi Cakap

Your welcome

Seharusnya: You’re welcome

Your welcome source: giphy.com

Apa bedanya? “You’re welcome” merupakan kependekan dari “you are welcome”. Sementara “your” merupakan bentuk kepemilikan dari “you” yang berarti “milikmu”. Contoh penggunaannya dalam percakapan:
A: May I borrow your pen?
B: Sure!
A: Thanks.
B: You’re welcome.

I’m like (Saya suka)

Seharusnya: I like

I’m like (Saya suka) source: giphy.com

Kenapa? Karena “like” pada frasa “I like” merupakan kata kerja, seperti kata “suka” pada frasa “saya suka”. Misalnya kamu mau bilang “Saya suka kucing” maka bahasa Inggris yang tepat adalah “I like cats”.

Sementara “like” dalam frasa “I’m like” merupakan kata sifat yang artinya “seperti”. Jadi kalau kamu bilang “I’m like cats” artinya jadi “Saya seperti kucing.”

Contoh kalimat:

I’m like my mother. I like cats too. = Saya seperti ibu saya. Saya suka kucing juga.

Nah, itu dia kesalahan penggunaan kata-kata bahasa Inggris yang masih sering dilakukan. Kalau kamu sering melakukan kesalahan di atas, gak apa-apa. Melakukan kesalahan saat belajar itu wajar kok, jadi gak usah malu. Yang penting sekarang kamu sudah tahu yang benar dan punya niat untuk terus melatih kemampuanmu, salah satunya bisa dengan belajar bahasa Inggris di Cakap. Terus semangat belajar ya!

Baca Juga:
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google