Exclusive E-Book: Langkah-Langkah Belajar Bahasa Asing dengan Cepat

Thumbnail Belajar Bahasa Asing Mudah

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Asing dengan Cepat

Belajar bahasa asing bisa memberi banyak manfaat bagi Sobat Cakap. Mereka yang menguasai bahasa asing umumnya punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan karirnya. Sayangnya, belajar bahasa asing memang tidak mudah. Bagi orang yang masih awam, prosesnya bisa sangat menantang.

Jika lambat dalam belajar bahasa asing, hal ini tentu bisa menghambat perkembangan diri dan karir, terlebih untuk karir-karir yang mengharuskan kamu menguasai bahasa asing. Bisa jadi kamu tertinggal oleh pesaing dan gagal mendapatkan posisi yang jauh lebih baik. Kami mengerti situasi ini dan akan membantu Sobat Cakap belajar bahasa asing dengan lebih cepat.

Dalam Ebook ini, Sobat Cakap akan belajar tentang bagaimana cara belajar bahasa asing dengan cepat. Jadi jangan lupa simpan ebook ini sebagai pedoman utama dalam mempelajari bahasa asing.

Baca Juga :

Bagian 1 | Tentukan Tujuan

Menentukan Tujuan dalam Belajar Bahasa Asing

Karena ingin cepat mahir, banyak orang yang terlalu terburu-buru mencari cara cepat belajar bahasa asing. Sebagian orang merasa kalau mau menguasai skill baru mereka harus terjun langsung. Asumsi seperti ini memang tidak sepenuhnya salah. Tapi kalau Sobat Cakap belum punya tujuan yang jelas, tips cara cepat belajar bahasa asing yang didapat tidak akan banyak berguna.

Sebelum mulai belajar bahasa asing, tentukan dulu tujuan Sobat Cakap belajar. Fokuskan tujuan tersebut menjadi tujuan yang lebih spesifik, kemudian breakdown menjadi tujuan jangka pendek hingga jangka panjang. Jangan langsung loncat ke cara belajar bahasa asing. Untuk membantu menentukan tujuan belajar bahasa, sobat Cakap bisa menggunakan panduan di bawah ini.

Tentukan Tujuan yang Spesifik

Belajar bahasa pada dasarnya sama dengan belajar skill lain. Sobat Cakap harus fokus dan punya tujuan yang jelas. Tujuan inilah yang akan menjadi target untuk dituju. Jadi semakin spesifik tujuanmu, semakin jelas dan cepat kamu bisa menguasai bahasa asing.

Salah satu trik cara belajar bahasa asing yang cukup efektif adalah dengan fokus pada hal-hal basic tapi sering Sobat Cakap temukan. Sebagai contoh, kamu bisa fokuskan tujuanmu untuk belajar istilah-istilah bahasa asing yang berkaitan dengan belanja online. Setelah hafal istilah-istilah tersebut, barulah Sobat Cakap membuat fokus yang lain. Misalnya saja menghafal kata-kata bahasa asing yang berhubungan dengan waktu atau arah.

Saat menentukan tujuan spesifik, sebaiknya tujuan yang Sobat Cakap pilih juga bisa dihitung. Misalnya kalau ingin belajar kata-kata asing yang berkaitan dengan belanja online, tentukan juga jumlah kata yang akan dihafalkan. Misalnya saja 30 kata atau 50 kata. Cara belajar bahasa asing yang satu ini membuat Sobat Cakap lebih mudah menghitung perkembangan yang berhasil dicapai nanti.

Tentukan Tujuan Jangka Pendek

Belajar bahasa asing adalah proses yang panjang. Setelah berhasil mencapai tingkat tertentu, pasti ada tingkat selanjutnya yang perlu dipelajari. Hal ini sering kali membuat orang yang belajar bahasa asing merasa kerdil hingga akhirnya berhenti. Jadi biar lebih mudah, buatlah tujuan jangka pendek.

Tujuan jangka pendek ini harus dibuat simpel. Biasanya, Sobat Cakap bisa mencapainya dalam waktu harian. Bahkan tidak sedikit yang bisa dicapai dalam waktu beberapa jam saja.

Tujuan dibuatnya tujuan jangka pendek adalah untuk membangun kebiasaan belajar bahasa asing secara rutin. Sama seperti kata pepatah, “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Meski apa yang dipelajari setiap hari terlihat sepele, setelah beberapa bulan Sobat Cakap pasti akan terkejut dengan perkembangan yang dicapai.

Salah satu kunci cara cepat belajar bahasa asing adalah konsisten belajar setiap hari. Inilah yang dipupuk saat Sobat Cakap menentukan tujuan jangka pendek dan menjalankannya secara konsisten.

Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Dibandingkan menentukan tujuan jangka pendek, sebenarnya menentukan tujuan jangka panjang jauh lebih mudah. Saat memutuskan untuk belajar bahasa asing, apa yang terpikir oleh sebagian besar orang biasanya justru tujuan jangka panjang ini.

Tujuan jangka panjang sendiri adalah tujuan besar yang ingin dicapai saat belajar bahasa. Umumnya tujuan ini terlihat sederhana dan terkesan generic. Namun saat dilihat lebih teliti, di dalamnya terdapat tujuan-tujuan kecil yang banyak. Dengan kata lain, tujuan jangka panjang adalah susunan dari tujuan-tujuan yang skalanya lebih kecil.

Bentuk dari tujuan jangka panjang ini cukup beragam. Salah satunya seperti yang disinggung sebelumnya, yakni untuk membantu mendongkrak jenjang karir. Dengan memiliki tujuan jangka panjang, Sobat Cakap bisa menemukan cara belajar bahasa asing yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikan Tantangan pada Diri Sendiri

Saat menentukan tujuan belajar bahasa, sebaiknya jangan selalu mencari cara yang mudah. Cobalah untuk memberi sedikit tantangan pada diri sendiri. Mungkin ini terasa merepotkan. Tapi harus diakui, ini bisa menjadi cara cepat belajar bahasa asing.

Tantangan membuat apa yang dipelajari jadi lebih membekas. Sobat Cakap juga jadi lebih terdorong untuk memaksimalkan potensi diri. Tapi perlu dicatat. Tantangan yang dibuat jangan berlebihan dan bukan termasuk tantangan yang mustahil dicapai.

Fokus Pada Tujuan yang Sudah Dibuat

Salah satu cara cepat belajar bahasa asing adalah fokus pada tujuan yang telah dibuat. Tujuan inilah yang nantinya menjadi roadmap untuk belajar bahasa. Selama belajar mungkin Sobat Cakap akan tergoda untuk membuat tujuan-tujuan baru. Tapi perlu dicatat, jangan membuat tujuan baru jika tujuan yang lama belum tercapai.

Sekarang Sobat Cakap sudah memiliki tujuan yang jelas untuk belajar bahasa. Kamu sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Agar tidak lupa, catat tujuan-tujuan tersebut.

Baca Juga :

Bagian 2 | Pelajari Dasar-dasar Bahasa

Pelajari Huruf

Belajar bahasa asing sebaiknya dimulai dari bahasa yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Beberapa bahasa yang banyak digunakan diantaranya adalah bahasa Inggris dan Mandarin.

Untuk bahasa Inggris, Sobat Cakap mungkin tidak akan banyak merasa kesulitan. Huruf yang digunakan masih sama dengan bahasa Indonesia, yakni sama-sama menggunakan huruf latin. Jadi tidak banyak yang perlu dipelajari di sini. Tapi saat belajar bahasa Mandarin, kamu perlu mempelajari hurufnya juga.

Saat mempelajari huruf asing, mulailah dari yang paling dasar. Mulailah dari huruf-huruf dasar, seperti huruf vokal dan konsonan. Setelah itu, barulah Sobat Cakap beralih ke bentuk huruf lanjutan.

Pelajari Kosakata

Kosakata bahasa asing idealnya memang dipelajari setelah Sobat Cakap belajar huruf. Meski begitu, bukan berarti kamu harus benar-benar menguasai huruf asing baru beralih ke kosakata. Cara belajar bahasa asing seperti ini justru terlalu membuang banyak waktu.

Di sini yang terpenting adalah memiliki dasar yang cukup. Jadi setelah mengenal huruf dasar, Sobat Cakap bisa mulai belajar kosakata. Ini bisa menjadi cara cepat belajar bahasa asing.

Jika bicara soal kosakata bahasa asing, jumlahnya ada begitu banyak. Jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan lebih. Kalau harus menghafal semua kosakata tersebut, rasanya butuh waktu seumur hidup untuk belajar bahasa baru.

Meski begitu, sebenarnya hanya ada beberapa kosakata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ini berlaku untuk semua bahasa, entah itu bahasa Inggris ataupun bahasa Mandarin. Jadi kalau ingin cara cepat belajar bahasa asing, Sobat Cakap bisa mulai dari sini.

Contoh: untuk bisa melakukan percakapan dasar bahasa Inggris, hafal 600 kata saja sudah cukup. Di sinilah titik awalnya. Setelah hafal 600 kata yang paling sering digunakan dalam percakapan, Sobat Cakap bisa menambahnya secara bertahap dan naik ke tahapan cara belajar bahasa asing berikutnya.

Saat belajar bahasa dan kosakata asing, pastikan jangan terlalu berat sebelah. Jenis kosakata sendiri ada beberapa jenis. Selain kata benda, masih ada kata kerja, kata sifat hingga kata keterangan.

Ada beberapa cara belajar bahasa asing yang bisa dilakukan untuk membantu menghafal kosakata baru yaitu:

  • Mempelajarinya dari situasi nyata. Belajar bahasa asing akan terasa lebih menyenangkan jika Sobat Cakap mempelajarinya dari film atau podcast. Kosakata yang digunakan biasanya juga termasuk kosakata yang sering digunakan dalam percakapan.
  • Membuat proses belajar jadi lebih interaktif juga bisa menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa asing. Jangan hanya sebatas menghafal dari membaca. Menghafalkan kosakata baru dengan cara mendengar dan mengucapkannya seringkali justru lebih efektif.

Pelajari Pengucapan

Paham saat ada orang berbicara dengan bahasa asing tapi tidak bisa kalau harus mengucapkan. Kondisi seperti ini mungkin sudah tidak asing lagi. Biasanya ini terjadi jika kamu belajar bahasa baru hanya dengan cara membaca atau mendengar. Padahal selain tahu apa yang disampaikan, Sobat Cakap pasti juga ingin bisa berbicara dengan bahasa asing kan?

Satu-satunya cara untuk bisa berbicara dengan bahasa asing adalah dengan belajar bagaimana cara berbicara dengan bahasa tersebut. Dalam tahapan cara belajar bahasa asing, belajar cara pengucapan biasanya dilakukan setelah menguasai kosakata.

Pengucapan antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain bisa berbeda-beda. Bahkan meski huruf yang digunakan sama, pengucapannya bisa saja berbeda. Misalnya saja pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Meski begitu, dasar cara belajar bahasa asing pada dasarnya sama, terlebih belajar cara pengucapannya.

Untuk mempelajari pengucapan kosakata asing, Sobat Cakap bisa melakukan beberapa cara berikut, diantaranya:

  1. Sobat Cakap harus mendengarkan bagaimana kosakata tersebut diucapkan. Akan lebih baik lagi kalau kamu mendengarnya dari native speaker.
  2. Kalau ingin tahu bagaimana pengucapan yang benar, sebaiknya hindari belajar dari film. Meski cara belajar bahasa asing melalui film cukup efektif untuk belajar kosakata, hal tersebut tidak berlaku saat belajar pengucapan yang benar. Biasanya ada beberapa aksen atau dialek yang digunakan dalam film. Selain itu, tidak jarang percakapannya banyak menggunakan kata-kata slang.
  3. Belajar bahasa asing bisa jadi lebih efektif dengan belajar dari konten-konten video edukasi bahasa di internet. Belajar bahasa asing dari konten-konten seperti ini biasanya juga lebih mudah serta alurnya pun lebih jelas.
  4. Setelah mendengar, tirukan pengucapannya. Ulangi sampai benar-benar mirip. Kalau memungkinkan, minta orang yang lebih tahu untuk mendengarkan dan mengoreksi. Jadi kalau memang ada pengucapan yang salah, kamu bisa tahu di mana letak kesalahannya dan apa yang perlu diperbaiki. Perlu diingat, guru atau pembimbing adalah bagian dari cara cepat belajar bahasa asing.

Bagian 3 | Melatih Kemampuan

Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa, terdapat beberapa cara dalam melatih kemampuan berbahasa sobat cakap, yaitu:

  • Latih Kemampuan Menulis

Bahasa adalah pelajaran yang hanya bisa dipahami dan dikuasai setelah dipraktikkan. Karena itu, belajar teori dan menghafal kosakata saja tidaklah cukup. Sobat Cakap juga perlu melatih kemampuan tersebut dengan mempraktikkannya.
Salah satu cara cepat belajar bahasa asing adalah dengan melatih kemampuan menulis. Untuk beberapa bahasa yang secara tulisan sangat berbeda, seperti bahasa Mandarin atau bahasa Korea, menulis membantu Sobat Cakap agar lebih terbiasa dengan tulisan-tulisan asing. Bahkan untuk bahasa yang sama-sama menggunakan huruf latin, menulis bisa membantu menanamkan kosakata yang telah dipelajari ke dalam pikiran. 

  • Menulis Kalimat Singkat

Saat baru belajar bahasa, hal pertama yang harus selalu diingat adalah belajarlah secara bertahap. Jangan terburu-buru. Langsung menulis kalimat yang rumit dan panjang tidak akan banyak membantu. Justru sebaliknya, Sobat Cakap justru bisa menyerah karena merasa belajar bahasa asing itu terlalu sulit.

Cara cepat belajar bahasa asing bukanlah jalan pintas untuk menguasai bahasa. Cara belajar bahasa asing ini hanya membantu Sobat Cakap agar lebih mudah menangkap pelajaran bahasa.

Agar lebih terbiasa dengan tulisan bahasa asing, mulailah dengan menulis kalimat-kalimat singkat. Biasanya, kalimat yang ditulis adalah kalimat dasar yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya saja seperti kalimat sapaan dan kalimat perkenalan diri.

Struktur kalimat singkat juga jelas dan sederhana. Jadi Sobat Cakap tidak akan merasa kesulitan untuk memisahkan mana yang subjek dan mana yang predikat. Selain untuk membiasakan diri dan lebih memahami bahasa yang dipelajari, cara belajar bahasa asing ini juga menjadi fondasi penting untuk menuju ke kalimat yang lebih rumit.

  • Pelajari Struktur Kalimat

Salah satu tujuan menulis adalah untuk membantu melihat struktur kalimat dengan lebih jelas. Saat menulis, Sobat Cakap bisa melihat di mana subjek, predikat, objek dan keterangan dengan lebih mudah. Jika belajar bahasa asing hanya dari mendengarkan, struktur kalimat seperti ini biasanya sulit terlihat, apalagi untuk kamu yang baru mulai belajar.

Struktur kalimat bahasa umumnya mirip antara satu dengan yang lain. Bahkan untuk beberapa bahasa, bisa dibilang strukturnya sama. Perbedaannya lebih sering terletak pada urutannya saja.

Salah satu cara cepat belajar bahasa asing yang bisa Sobat Cakap coba adalah dengan membandingkan antara struktur kalimat bahasa asing dengan struktur kalimat terjemahannya. Sandingkan kalimat tersebut dengan beberapa kalimat sejenis. Perhatikan polanya.

Mempelajari struktur kalimat pada dasarnya sama dengan belajar tentang aturan bahasa itu sendiri. Karena itu, jangan abaikan aturan-aturan dasar bahasa yang tengah dipelajari. Dengan cara belajar bahasa asing yang seperti ini, nantinya Sobat Cakap bisa berbahasa asing dengan baik dan benar.

  • Latih Kemampuan Mendengarkan

Mendengarkan adalah cara terbaik untuk mengetahui bagaimana suatu kosakata diucapkan. Dengan mendengar, Sobat Cakap bisa tahu pengucapan yang benar. Namun bukan cuma itu, melatih kemampuan mendengarkan juga penting untuk membantu mempermudah memahami percakapan. Itulah kenapa cara belajar bahasa asing tidak bisa dilepaskan dari melatih kemampuan mendengarkan.

Kemampuan mendengarkan adalah kemampuan yang sangat vital. Dalam setiap bahasa pasti ada kata-kata yang mirip. Meski hanya sedikit, perbedaan cara pengucapan bisa membuat orang salah paham. Untuk melatih kemampuan ini, ada beberapa cara cepat belajar bahasa asing yang bisa Sobat Cakap terapkan.

  • Mendengarkan Musik

Melatih kemampuan mendengarkan tidak harus selalu dilakukan dengan cara-cara kaku dan membosankan. Sebaliknya, belajar bahasa asing harusnya dibuat lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik.

Cari musik yang sesuai dengan bahasa yang ingin Sobat Cakap pelajari. Kalau kamu tidak punya musik favorit, pilih saja musik yang lagi hits.

Saat mendengarkan lagu yang sama berkali-kali, tanpa sadar Sobat Cakap akan hafal dengan kosakata dalam lagu tersebut. Bahkan meski tanpa berusaha keras untuk menghafal, kamu bisa hafal kata-kata baru. Inilah yang membuat cara belajar bahasa asing yang satu ini begitu efektif.

Kalau ingin cara yang lebih cepat, ada satu cara cepat belajar bahasa asing yang lebih efektif lagi. Cara belajar bahasa asing ini sering digunakan oleh polyglot atau orang-orang yang menguasai lebih dari satu bahasa.

Caranya adalah dengan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas fisik, seperti jalan santai atau jogging. Tentu saja, cara ini bisa lebih efektif lagi kalau kamu mendengarkan sambil mencoba menyanyikan lagu yang didengarkan.

  • Menonton Film dengan Subtitle

Cara cepat belajar bahasa asing yang juga tidak kalah menyenangkan adalah belajar bahasa dari film asing. Sama seperti saat melatih kemampuan mendengarkan dengan bantuan musik, menonton film juga bisa membantu memudahkan Sobat Cakap mengingat kosakata bahasa asing.

Belajar bahasa dari menonton film dengan subtitle juga punya kelebihan tersendiri. Dalam lagu, kalimat yang digunakan biasanya lebih puitis. Struktur kalimatnya juga jauh dari kata baku. Namun kalau Sobat Cakap belajar dari film, struktur kalimatnya lebih mendekati percakapan sehari-hari.

  • Latih Kemampuan Pengucapan

Setelah melatih kemampuan mendengarkan, berikutnya Sobat Cakap bisa mulai melatih kemampuan pengucapan. Sebenarnya, latihan ini bisa dilakukan berbarengan dengan latihan mendengarkan. Tapi agar lebih efektif, berikut cara cepat belajar bahasa asing yang bisa Sobat Cakap coba.

  • Berlatih dengan Native Speaker

Tidak ada cara belajar bahasa yang lebih baik selain berlatih langsung dengan native speaker. Dari native speaker, Sobat Cakap bisa melihat secara langsung seperti apa pengucapan kosakata bahasa asing. Bukan cuma mendengar, kamu juga bisa melihat bagaimana cara melafalkannya dari gerakan mulut.

Berlatih dengan native speaker juga lebih interaktif. Kalau ada yang tidak kamu pahami, kamu bisa langsung bertanya. Kamu juga bisa berlatih dengan percakapan langsung. Cara belajar bahasa asing ini tentu jauh lebih efektif dibandingkan berlatih sendiri di rumah.

  • Gunakan Bahasa yang Dipelajari Dalam Keseharian

Bahasa ibu bisa dikuasai karena digunakan setiap hari. Hal yang sama juga berlaku dengan bahasa-bahasa lain. Agar lebih cepat menguasai bahasa asing, Sobat Cakap perlu menggunakannya dalam keseharian.

Gunakan setiap kosakata atau kalimat yang sudah dipelajari dalam keseharian. Kuncinya di sini adalah percaya diri. Banyak orang yang lambat belajar bahasa asing karena merasa malu. Tanpa rasa percaya diri, cara cepat belajar bahasa asing yang selama ini dipraktikkan tidak akan banyak berarti.

Penutup

Setelah mengetahui cara belajar bahasa asing yang lebih efektif, Sobat Cakap perlu belajar secara terus-menerus dan rutin. Belajar bahasa asing juga tidak bisa dilakukan dengan sekedar membaca saja. Kamu juga perlu praktik dan bantuan orang yang tepat.

Sobat cakap bisa mengikuti kelas bahasa yang disediakan dari Cakap. Sobat Cakap bisa belajar 5 bahasa yang paling banyak diminati, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Hingga Bahasa Indonesia. Bersama mentor yang telah tersertifikasi, Sobat Cakap bisa menguasai bahasa asing lebih cepat. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang kursus bahasa asing di Cakap.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.