Cara Mudah Bicara Bahasa Inggris Biar Makin Lancar

pengucapan bahasa inggris
Belajar Prpnunciasion atau Pengucapan dalam Bahasa Inggris, yuk!

Cara pengucapan atau pronunciation adalah salah satu kemampuan yang penting dalam menguasai bahasa Inggris. Selain memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui cara mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar. 

Terdapat berbagai kata di dalam bahasa Inggris yang seringkali salah pengucapannya. Untuk menghindari hal tersebut, mempelajari dan melatih pronunciation sangat diperlukan agar pesan yang ingin kamu sampaikan di dalam sebuah percakapan dapat diterima dengan baik.

Kata-Kata yang Sering Salah Pengucapan

Photo by Glen Carrie on Unsplash
  • English /ˈɪŋ.ɡlɪʃ/ : kata English sendiri seringkali salah diucapkan. Banyak yang menyebut kata English dengan awalan huruf e sedangkan penyebutan yang benar adalah ‘inglish’ dengan awalan i.
  • Answer /ˈansər/ : kata answer menjadi salah satu kata dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan. Dalam pengucapannya, huruf w diabaikan sehingga pengucapannya menjadi an-ser.
  • Steak  /steɪk/ : kata steak seringkali dilafalkan ‘stik’ padahal penyebutan yang benar adalah ‘steik’.
  • Write /raɪt/ : penyebutan kata write yang benar yaitu dengan mengabaikan huruf w di depan sehingga berbunyi ‘rait’.
  • Women /ˈwɪm.ɪn/ : banyak yang masih menyebut kata women dengan ‘wu-m(ə)n’ padahal penyebutan yang benar adalah wi-min.

Mau Belajar Bahasa Inggris Gratis? Yuk Daftar Cakap Club Sekarang!

Tips & Cara Lancar Bicara Bahasa Inggris

berdiskusi dalam bahasa inggris

 

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Beberapa tips berikut dapat kamu lakukan agar kamu semakin terbiasa dalam mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan benar.

  • Meniru ucapan penutur asli bahasa Inggris
  • Belajar dari phonetic symbols
  • Belajar menggunakan tongue twister
  • Mulai membiasakan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari
  • Menonton film berbahasa Inggris atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajarmu Sendiri!

Manfaat Belajar Pronunciation

dua wanita sedang berdiskusi

 

Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Memiliki pelafalan yang benar dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting. Alasan utamanya yaitu untuk menghindari miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam mengartikan suatu kata karena pengucapan dalam bahasa Inggris akan dengan mudah disalahpahami jika salah melafalkan kata-katanya.

Dengan belajar dan melatih pronunciation, kamu dapat mengetahui dan dengan mudah melakukan pelafalan khususnya dalam hal komunikasi. Jika kamu memiliki pelafalan yang buruk, orang akan kesulitan untuk memahami apa yang kamu katakan dan sebaliknya, jika kamu memiliki pelafalan yang bagus maka orang akan dengan mudah memahami maksud dari perkataanmu.

Itulah mengapa, penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam pengucapan. Kepercayaan diri juga akan semakin meningkat jika mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat.

Kamu juga bisa belajar pronunciation lewat kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho! Dengan tutor lokal dan native, kamu bisa melatih pronunciation-mu di kelas yang menyenangkan.

Eits, kamu bisa ambil kesempatan belajar di Cakap secara GRATIS selama 14 hari, lho. Pilih jadwal dan daftarkan diri kamu sekarang!

Baca juga :

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat