Belajar Pengucapan Bahasa Inggris yang Benar, yuk!

pengucapan bahasa inggris

Pronunciation atau cara pengucapan merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam menguasai bahasa Inggris. Selain memperbanyak kosakata dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu mengetahui cara mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar. 

Terdapat berbagai kata di dalam bahasa Inggris yang seringkali salah pengucapannya. Untuk menghindari hal tersebut, mempelajari dan melatih pronunciation sangat diperlukan agar pesan yang ingin kamu sampaikan di dalam sebuah percakapan dapat diterima dengan baik.

Kata-Kata yang Sering Salah Pengucapan

Photo by Glen Carrie on Unsplash
  • English /ˈɪŋ.ɡlɪʃ/ : kata English sendiri seringkali salah diucapkan. Banyak yang menyebut kata English dengan awalan huruf e sedangkan penyebutan yang benar adalah ‘inglish’ dengan awalan i.
  • Answer /ˈansər/ : kata answer menjadi salah satu kata dengan huruf mati (konsonan) yang tidak dibunyikan. Dalam pengucapannya, huruf w diabaikan sehingga pengucapannya menjadi an-ser.
  • Steak  /steɪk/ : kata steak seringkali dilafalkan ‘stik’ padahal penyebutan yang benar adalah ‘steik’.
  • Write /raɪt/ : penyebutan kata write yang benar yaitu dengan mengabaikan huruf w di depan sehingga berbunyi ‘rait’.
  • Women /ˈwɪm.ɪn/ : banyak yang masih menyebut kata women dengan ‘wu-m(ə)n’ padahal penyebutan yang benar adalah wi-min.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Tips untuk Melatih Pengucapan Bahasa Inggris

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Beberapa tips berikut dapat kamu lakukan agar kamu semakin terbiasa dalam mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan benar.

  • Meniru ucapan penutur asli bahasa Inggris
  • Belajar dari phonetic symbols
  • Belajar menggunakan tongue twister
  • Mulai membiasakan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari
  • Menonton film berbahasa Inggris atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Manfaat Belajar Pronunciation

Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Memiliki pelafalan yang benar dalam bahasa Inggris merupakan hal yang sangat penting. Alasan utamanya yaitu untuk menghindari miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam mengartikan suatu kata karena pengucapan dalam bahasa Inggris akan dengan mudah disalahpahami jika salah melafalkan kata-katanya.

Dengan belajar dan melatih pronunciation, kamu dapat mengetahui dan dengan mudah melakukan pelafalan khususnya dalam hal komunikasi. Jika kamu memiliki pelafalan yang buruk, orang akan kesulitan untuk memahami apa yang kamu katakan dan sebaliknya, jika kamu memiliki pelafalan yang bagus maka orang akan dengan mudah memahami maksud dari perkataanmu.

Itulah mengapa, penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam pengucapan. Kepercayaan diri juga akan semakin meningkat jika mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat.
Kamu juga bisa belajar pronunciation lewat kursus bahasa Inggris online di Cakap, lho! Dengan tutor lokal dan native, kamu bisa melatih pronunciation-mu di kelas yang menyenangkan. Yuk, daftar sekarang!

Baca juga :

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks