Tingkatkan English Speaking Skills dengan Tips Ini!

belajar bahasa inggris

Ketemu native speaker di sekolah atau kampus? Atau atasan di kantor orang asal AS? Wah, kalau mau ngobrol, pasti harus pakai Inggris nih!

Zaman sekarang, kemampuan bahasa Inggris itu semakin dibutuhkan lho. Selain kemampuan tulis, kemampuan verbal pun sangat penting. Jangan cuma lancar dalam bahasa Indonesia, bahasa inggris juga perlu supaya kamu makin pede!

Bicara dalam bahasa Inggris bukan hanya menunjukkan kelancaranmu dalam berbahasa asing, tapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Ditambah lagi, kamu tidak akan kesusahan jika harus bertegur sapa atau ngobrol dengan orang yang cakap berbahasa Inggris.

Yuk, cari tahu cara untuk meningkatkan kemampuan bicara kamu dalam bahasa Inggris!

Forget about grammar for a while…

source: giphy.com

Ketika harus bicara dalam bahasa Inggris, hal pertama yang harus dilakukan adalah melupakan masalah benar tidaknya grammar-mu. Kenapa? Karena jika terlalu fokus memikirkan grammar, bisa-bisa kamu jadi gak fokus ke obrolannya lho. Akhirnya kamu jadi gak pede dan obrolan jadi gak ngalir. Lebih baik beranikan diri dulu aja untuk bicara spontan. Bahkan, foreigners gak peduli-peduli amat kok soal grammar kalo lagi ngobrol. So, jangan takut salah, coba aja dulu! Namun, kalau kamu mau belajar grammar, simak dulu 9 tips belajar grammar bahasa Inggris dengan cepat.

Perbanyak vocabulary dan pelajari pronunciation-nya

source: giphy.com

Tambah kosakata bahasa Inggrismu dengan cara yang kamu suka. Misalnya, dari musik, film, ataupun game. Usahakan setiap hari punya target untuk belajar vocab supaya perbendaharaan katamu makin luas. Tulis kata yang belum dimengerti, cari artinya di kamus, lalu ucapkan!

Biasanya, kamus daring punya fitur pronunciation. Setiap kali kamu mencari kata baru di kamus daring, pasti muncul tombol berupa speaker di sebelah kata tersebut. Jika diklik, maka akan terdengar cara pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris.

Belajar dari musik atau film pasti lebih menyenangkan. Ketika muncul kata yang tidak dipahami, belajarlah dari cara si penyanyi atau aktor mengucapkannya. Dengan begitu, jadi makin terbiasa deh dengar percakapan dalam bahasa Inggris. Mau belajar lebih tentang vocabulary dan pronunciation bahasa Inggris. Yuk, baca e-book belajar bahasa Inggris. Rangkuman dari Cakap untuk membantu meningkatkan skill bahasa Inggris kamu. Lengkap lho!

Mau Lancar Bahasa Inggris? Yuk Download Aplikasi Cakap!

Talk to yourself and record!

source: giphy.com

Jangan malu untuk melakukan self-talk ya. Kepercayaan diri juga bisa tumbuh karena sering bicara dengan diri sendiri. Ungkapkan cerita apapun menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga bisa ngomong di depan kaca kok! Sambil berbicara, rekam suaramu, lalu dengarkan kemudian. Dengan ini, kamu bisa memperbaiki pronunciation yang masih kurang pas.

Kunjungi Event yang Berkaitan dengan bahasa Inggris

source: giphy.com

Mau berinteraksi langsung dengan orang banyak? Kunjungi event yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Misalnya, event musik atau seni, bahkan seminar internasional. Jalinlah komunikasi dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama denganmu. Selain pengalaman, kemampuan bersosialisasi dalam bahasa Inggrismu pun dijamin bertambah.

Cari teman bicara

source: giphy.com

Selain rutin melakukan self-talk, mengajak teman untuk menjadi lawan bicara itu berguna lho. Usahakan untuk ngobrol sehari-hari dengannya menggunakan bahasa Inggris. Cara ini akan terasa lebih menyenangkan karena kamu dapat berinteraksi langsung dengan orang lain.

Bukalah topik baru dengan teman sebaya atau native speaker. Kamu juga dapat meminta tolong untuk saling belajar dan sharing seputar kata-kata yang kamu gunakan selama berdiskusi. Dengan begitu, kamu akan membiasakan diri berpikir dengan bahasa inggris dan mengutarakannya.

Join Cakap!

source: giphy.com

Unduh aplikasi Cakap secara gratis di gadget untuk membantumu latihan ngomong Inggris. Cakap punya fitur Cakap Chat agar kamu bisa diskusi dengan pengajar profesional seputar topik-topik menarik dalam bahasa Inggris. Kalau bosan belajar sendiri, kamu bisa belajar bareng teman baru di Cakap English Club lho. Dengan komunikasi dua arah, dijamin makin cas-cis-cus deh ngomongnya! Yuk ambil paket kamu dibawah!

Nah, itu dia cara-cara melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu. Coba terapkan tips-tips di atas, jangan pernah takut untuk mencoba, dan jangan takut salah karena kesalahan itu awal dari keberhasilan.

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google