7 Salam Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Sudah Tahu?

salam perpisahan bahasa Jepang
7 Salam Perpisahan dalam Bahasa Jepang, Sudah Tahu?

Salam atau yang dalam bahasa Jepang disebut aisatsu merupakan pelajaran dasar yang harus kamu kuasai. Kali ini akan dibahas beberapa salam perpisahan yang bisa kamu gunakan saat berpisah dengan seseorang. Perlu diketahui, masing-masing salam perpisahan dalam bahasa Jepang memiliki konteks penggunaan masing-masing. 

Kali ini akan dibahas beberapa salam perpisahan yang familiar dan umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Simak penjelasannya, yuk! 

1. Itte kimasu (いってきます)

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Salam ini biasa digunakan ketika kamu meninggalkan rumah untuk kemudian kembali lagi, misalnya pergi sekolah atau bekerja. Respon untuk ucapan ini adalah itterashai (いってらっしゃい) yang diucapkan oleh orang yang tinggal di rumah. 

2. Jaa ne (じゃあね)

Photo by Zen Chung from Pexels

Jika kamu ingin menyampaikan “sampai jumpa” dalam konteks kasual, misalnya terhadap teman sebaya, kamu bisa menggunakan jaa ne. Penggunaan jaa ne sangat umum untuk menyatakan “sampai jumpa” dalam percakapan sehari-hari bahasa Jepang.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

3. Mata ne (またね)

Photo by Emran Yousof from Unsplash

Mata ne memiliki arti dan penggunaan yang mirip dengan jaa ne. Hanya saja, terkadang orang menambahkan waktu yang lebih spesifik, misalnya mata ashita (また明日) yang artinya “sampai jumpa besok”. 

4. Bai bai (バイバイ)

Photo by Trần Huy Hoàng from Pexels

Mirip dengan bahasa Inggris “bye bye” atau “sampai jumpa” yang biasanya disebutkan dalam konteks kasual oleh anak muda. Jika kamu berpisah dengan temanmu setelah pergi bersama, kamu bisa menggunakan “bai bai”. 

5. Oyasuminasai/Oyasumi (おやすみなさい/おやすみ)

Photo by takahiro taguchi from Unsplash

Ketika berpisah dengan seseorang di malam hari, kamu bisa menggunakan oyasuminasai atau oyasumi yang artinya “selamat beristirahat” atau “selamat tidur”. Oyasuminasai memiliki kesan yang sedikit formal, sementara oyasumi terkesan lebih kasual.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

6. Mata zehi (またぜひ)

Photo by Monstera from Pexels

Salam ini digunakan untuk seseorang yang baru pertama kalinya bertemu denganmu, misalnya karena suatu kegiatan bersama. Kamu bisa menggunakan mata zehi sebagai salam perpisahan yang berarti “sampai jumpa lain waktu”. 

7. Sayounara (さようなら)

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Meskipun sayounara adalah salam perpisahan bahasa Jepang paling umum, orang Jepang sendiri jarang menggunakannya untuk percakapan sehari-hari. Hal ini karena sayounara memiliki makna perpisahan untuk selamanya. 

Nah, itulah beberapa ucapan salam perpisahan dalam bahasa Jepang yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jangan lupa untuk memperhatikan konteks perpisahannya sebelum memilih salah satu di antara tujuh salam di atas, ya!

Kamu juga bisa belajar lebih banyak lagi tentang bahasa Jepang dengan mengambil kursus Bahasa Jepang di Cakap, lho! Para sensei di Cakap siap membantumu untuk lebih mahir, baik secara materi maupun percakapan sehari-hari. Daftar kursusnya sekarang juga, yuk! 

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Exclusive E-Book Bahasa Jepang Untuk Sobat Cakap, GRATIS!

Ingin Belajar Hiragana dan Katakana? Kami sediakan e-book panduan lengkapnya di sini. Kamu bisa dapatkan dengan satu langkah mudah!

      #SiapaCakapDiaDapat