5 Frasa Bahasa Jepang Apa Kabar yang Diucapkan Sehari-hari

bahasa jepang apa kabar

Frasa Bahasa Jepang apa kabar pasti digunakan dalam percakapan sehari-hari. Umumnya, frasa ini menjadi kalimat pembuka atau sapaan dalam sebuah percakapan. Apakah kamu sudah tahu apa saja frasa Bahasa Jepang apa kabar? Yuk, cek di bawah ini!

source: giphy.com

おげんきですか (Ogenki desuka)

おげんきですか (Ogenki desuka) adalah frasa Bahasa Jepang apa kabar bentuk formal. Frasa ini jarang diucapkan dalam percakapan sehari-hari, tetapi lebih sering dalam percakapan satu arah, seperti menulis surat, pidato, email, acara TV, dll.

お元気でしたか (Ogenki deshita ka)

Berbeda dengan ogenki desuka, お元気でしたか (Ogenki deshita ka) adalah frasa Bahasa Jepang apa kabar bentuk lampau. Frasa ini dapat digunakan ketika kamu sudah lama tidak bertemu dengan lawan bicaramu. 

Umumnya, frasa Bahasa Jepang apa kabar ini digabungkan dengan kalimat お久しぶりです (ohisashiburi desu) yang artinya ‘sudah lama tidak bertemu’. Namun, kalimat percakapan tersebut hanya dapat kamu pakai ketika berbicara dengan orang terdekat atau seumuran denganmu.

Berikut contoh percakapannya:

A: お久しぶりです, お元気でしたか?
Ohisashiburi desu, ogenki deshita ka?
Sudah lama tidak bertemu ya, apa kabarmu?

Lalu, bagaimana jika ingin menyapa orang yang lebih tua atau memiliki level yang lebih tinggi? Nah, kamu bisa menggabungkan dengan kalimat ごぶさたしておりま (gobusatashiteorimasu) yang memiliki arti yang sama dengan ohisashiburi desu.

Buat Akun Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

元気 (Genki)

 元気 (genki) adalah frasa Bahasa Jepang apa kabar dalam bentuk informal. Frasa ini hanya dapat kamu ucapkan ketika menyapa orang terdekat saja, seperti teman dekat, rekan kerja, dan lain sebagainya.

元気だった (Genki datta)

元気だった (Genki datta) adalah bentuk informal dari ogenki deshita ka. Frasa Bahasa Jepang apa kabar ini memiliki bentuk informal, sehingga tidak tepat jika kamu mengucapkannya pada orang yang lebih tua atau memiliki level lebih tinggi darimu.

最近、どう? (Saikin, dou?)

Dalam bahasa Indonesia, 最近、どう? (Saikin, dou?) artinya ‘bagaimana kabarmu selama ini?’. Ucapan ini hanya dapat digunakan ketika menyapa orang yang sudah dekat denganmu saja. Jika merujuk frasa Bahasa Inggris apa kabar, saikin dou mirip dengan “what’s up?”

Itu dia frasa Bahasa Jepang apa kabar yang dapat kamu ucapkan dalam percakapan sehari-hari. Untuk menguasainya, kamu dapat belajar Bahasa Jepang di Cakap. Di sana, kamu bisa interaksi langsung dengan tutornya. Dijamin bisa nonton anime tanpa perlu subtitle!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks