Salam dalam Bahasa Jepang (Aisatsu) Beserta Artinya

aisatsu

Bahasa Jepang aisatsu dalam bahasa Indonesia artinya “salam”. Orang Jepang menggunakan salam hampir dalam setiap kegiatan. Salah satu contohnya seperti irasshaimase yang biasa digunakan ketika menyambut pelanggan masuk ke dalam restoran.

Nah, agar perbendaharaan kata bahasa Jepang kamu bertambah, berikut ini adalah beberapa salam dalam bahasa Jepang atau aisatsu. Simak yuk!

Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jepang secara Formal

おはようございます
Ohayō gozaimasu
Selamat Pagi

Ohayō gozaimasu merupakan salam selamat pagi bahasa Jepang secara sopan. Pada dasarnya salam ini dapat diucapkan pada siapapun. Biasanya orang Jepang mengucapkan salam atau aisatsu ini pada orang yang tidak terlalu dekat, lebih tua, dan orang yang dihormati. 

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jepang secara Informal

おはよう
Ohayou
Selamat Pagi

おはー
Ohaa
Selamat Pagi

ボン
Bon
Selamat Pagi/Hai

Ohayou, ohaa, dan bon merupakan format gaul ketika mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Jepang. Ohayou dan ohaa merupakan singkatan dari ohayou gozaimasu, sedangkan bon diambil dari bahasa Prancis, yaitu bounjour. Anak muda Jepang menganggap bahasa Prancis adalah bahasa yang keren sehingga digunakan untuk sapaan informal.

Baca Juga : Contoh Kosakata Bahasa Jepang Sehari-hari

Kursus Bahasa Jepang Lebih Praktis di Aplikasi Cakap!

Selamat Siang dalam Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Siang Bahasa Jepang secara Formal

こんにちは
Konnichiwa
Selamat Siang/Hai

Konnichiwa merupakan salam ketika mengucapkan selamat siang di Jepang. Jika menonton anime, kamu mungkin sering melihat konnichiwa diterjemahkan sebagai “hai” atau “halo”. Kata ini bisa digunakan untuk konteks formal, biasanya disertai dengan membungkuk. 

Ucapan Selamat Siang Bahasa Jepang secara Informal

こんにちは
Konnichiwa
Selamat Siang!

こんちは
Konchiwa
Siang!

Sebenarnya, kamu juga dapat menggunakan  konnichiwa untuk konteks informal tanpa disertai tindakan membungkuk. Selain itu, bayak juga yang menyingkat konnichiwa menjadi konchiwa yang relatif lebih mudah diucapkan. Penggunaan keduannya dapat berlaku untuk teman sebaya atau orang yang sudah akrab denganmu.

Selamat Malam dalam Bahasa Jepang

Ucapan selamat malam dalam bahasa Jepang hanya ada satu variasi. Jadi tidak ada kata khusus baik untuk formal maupun informal.

こんばんは
Konbanwa
Selamat malam

Konbanwa adalah salam pertemuan dalam bahasa Jepang yang berarti “selamat malam”. Meskipun terkadang diterjemahkan sebagai “hai” atau “halo”, kamu hanya dapat menggunakan konbanwa pada malam hari karena konban berarti “malam ini”. 

Baca Juga : 15 Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Selamat Bekerja dalam Bahasa Jepang

おつかれさまでした
Otsukaresamadeshita
Terima kasih atas kerja keras Anda

Otsukaresamadeshita merupakan salam yang digunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih atas kerja keras seseorang. Aisatsu atau salam ini dapat digunakan untuk berbagai kalangan usia, baik dalam konteks formal maupun informal. Kamu termasuk sopan jika mengucapkan salam ini pada atasanmu.

ご苦労様です
Gokurousamadeshita
Terima kasih atas kerja keras Anda

Ungkapan ini hanya dapat diucapkan dari orang yang memliki posisi lebih tinggi atau atasan kepada bawahannya. Kamu tidak bisa menggunakan ungkapan ini kepada atasanmu karena akan dianggap tidak sopan. 

Sampai Jumpa dalam Bahasa Jepang

さようなら
Sayounara
Selamat tinggal

じゃまた
Jaa mata
Sampai jumpa

Familiar kan dengan sayounara? Kata ini merupakan salam perpisahan paling populer dalam bahasa Jepang. Meski demikian, sayounara jarang digunakan sehari-hari karena mengandung makna perpisahan selamanya. Jaa mata lebih sering digunakan untuk menyatakan sampai jumpa. 

Psst, Ini Cara Mudah Lancar Berbahasa Jepang dari Rumah!

Selamat Jalan dalam Bahasa Jepang

いってきます
Ittekimasu
Saya pergi

いってらっしゃい
Itterasshai
Selamat jalan

Ittekimasu merupakan salam yang diucapkan oleh anggota keluarga kepada anggota keluarga lain ketika hendak meninggalkan rumah. Jadi, kamu bisa mengucapkan ini pada orang tua ketika ingin pergi ke kantor, sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Sedangkan itterashai merupakan salam balasan dari ittekimasu.

Kedua salam tersebut dapat digunakan pula dalam lingkungan kantor. Namun biasanya dimodifikasi sedikit agar terlihat lebih sopan. Ittekimasu menjadi ittemairimasu dan itterasshai menjadi itterashaimase.

Selamat Tidur dalam Bahasa Jepang

おやすみなさい
Oyasuminasai
Selamat malam/selamat tidur

Ketika ingin mengucapkan selamat tidur pada pasanganmu, kamu bisa gunakan salam ini. Selain itu, salam ini juga dapat berfungsi sebagai salam perpisahan ketika kamu  dan lawan bicaramu berpisah pada malam hari.

Masih banyak salam dalam kursus bahasa Jepang yang bisa kamu pelajari lagi. Untuk melatih salam dalam bahasa Jepang kamu perlu lawan bicara.

Kamu juga bisa gabung Japanese Club dan melatih kemampuan berbicara termasuk salam dalam bahasa Jepang bersama teman baru.

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.