Salam dalam Bahasa Jepang (Aisatsu) Beserta Artinya

aisatsu

Aisatsu dalam bahasa Indonesia artinya Salam. Orang Jepang menggunakan salam hampir dalam setiap kegiatan. Salah satu contohnya seperti irasshaimase yang biasa digunakan ketika menyambut customer masuk ke dalam restoran.

Nah agar word bank bahasa Jepang kamu bertambah, berikut ini adalah beberapa salam dalam bahasa Jepang atau aisatsu. Simak yuk!

Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jepang secara Formal

おはようございます
Ohayōgozaimasu
Selamat Pagi

Ohayōgozaimasu merupakan salam selamat pagi bahasa Jepang secara sopan. Pada dasarnya salam ini dapat diucapkan pada siapapun. Biasanya orang Jepang mengucapkan salam atau aisatsu ini pada orang yang tidak terlalu dekat dan lebih senior.

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jepang secara Informal

おはよう
Ohayou
Selamat Pagi

おはー
Ohaa
Selamat Pagi

ボン
Bon
Selamat Pagi/Hai

Ohayou, Ohaa, dan Bon merupakan format gaul ketika mengucapkan selamat pagi dalam bahasa Jepang. Ohayou dan Ohaa merupakan singkatan dari Ohayogozaimasu sedangkan Bon diambil dari bahasa Perancis, bounjour. Anak muda Jepang menganggap bahasa Perancis adalah bahasa yang keren sehingga digunakan untuk sapaan informal.

Baca Juga : Contoh Kosakata Bahasa Jepang Sehari-hari

Selamat Siang dalam Bahasa Jepang

Ucapan Selamat Siang Bahasa Jepang secara Formal

こんにちわ
Konnichiwa
Selamat Siang/Hai

Konnichiwa merupakan salam ketika mengucapkan selamat siang di Jepang. Namun, kata ini juga dapat digunakan pada malam hari karena orang Jepang juga menggunakan kata ini sebagai kata sapaan ‘Hai/Halo’.

Konnichiwa yang diartikan sebagai halo hanya dapat digunakan pada orang tertentu dan kondisi tertentu. Salam ini tidak dapat digunakan untuk menyapa orang-orang terdekat, jadi hanya dapat digunakan ketika menyapa orang yang berada diluar circle kamu.

Ucapan Selamat Siang Bahasa Jepang secara Informal

こんちわ
Konchiwa
Selamat Siang/Hai

ちわ
Chiwa
Selamat Siang/Hai

Konchiwa dan Chiwa merupakan ucapan selamat siang secara informal. Keduanya merupakan singkatan dari Konnichiwa. Kamu dapat menggunakan sapaan ini hanya untuk orang terdekat aja karena sapaan ini sifatnya engga sopan.

Selamat Malam dalam Bahasa Jepang

Ucapan selamat malam dalam bahasa Jepang hanya ada satu variasi. Jadi tidak ada kata khusus baik untuk formal maupun informal.

こんばんは
Konbanwa
Selamat Malam

Konbanwa merupakan salam pertemuan yang digunakan pada malam hari. Konbanwa sendiri diucapkan ketika kamu bertemu dengan orang yang tidak dekat denganmu. Sama seperti konnichiwa yang memiliki arti lain, konbanwa juga dapat berarti “permisi” yang digunakan ketika bertamu ke rumah orang lain.

Baca Juga : 15 Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Selamat Bekerja dalam Bahasa Jepang

お疲れ様です
Otsukaresamadesu
Terimakasih atas kerja keras anda

Otsukaresamadesu merupakan salam yang digunakan untuk menunjukkan rasa terimakasih atas kerja keras yang telah diberikan. Aisatsu atau salam ini dapat digunakan untuk berbagai kalangan usia. Kamu termasuk sopan jika mengucapkan salam ini pada atasanmu.

ご苦労様です
Gokurousamadesu
Terimakasih atas kerja keras anda

Engga sembarang orang yang bisa mengucapkan salam ini. Gokurousamadesu hanya bisa diucapakan dari atasan untuk bawahan saja. Kamu akan dianggap tidak sopan jika mengucapkan ini pada atasanmu.

Sampai Jumpa dalam Bahasa Jepang

さようなら
Sayounara
Sampai Jumpa

Familiar kan dengan sayonara? Mungkin kamu pernah menyanyikannya ketika kelas pramuka telah usai. Nah sayonara merupakan salam yang sopan, namun umumnya digunakan pada lingkungan sekolah. Seperti guru mengucapkan salam pada muridnya dan begitu sebaliknya.

Selamat Jalan dalam Bahasa Jepang

いってきます
Ittekimasu
Saya pergi

いってらっしゃい
Itterasshai
Selamat jalan

Ittekimasu merupakan salam yang diucapkan oleh anggota keluarga kepada anggota keluarga lain ketika hendak meninggalkan rumah. Jadi kamu bisa mengucapkan ini pada orang tua ketika ingin pergi ke kantor, sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Sedangkan Itterashai merupakan salam balasan dari ittekimasu.

Kedua salam tersebut dapat digunakan pula dalam lingkungan kantor. Namun biasanya dimodifikasi sedikit agar terlihat lebih sopan. Ittekimasu menjadi Ittemairimasu dan Itterasshai menjadi Itterashaimase.

Selamat Tidur dalam Bahasa Jepang

おやすみなさい
Oyasuminasai
Selamat Malam/Selamat Tidur

Ketika ingin mengucapkan selamat tidur pada pasanganmu, kamu bisa gunakan salam ini. Selain iitu, salam ini juga dapat berfungsi sebagai salam perpisahan ketika kamu  dan lawan bicaramu berpisah pada malam hari.

Masih banyak salam dalam bahasa Jepang yang bisa kamu pelajari lagi. Untuk melatih salam dalam bahasa Jepang kamu perlu lawan bicara. Kamu juga bisa gabung Japanese Club dan melatih speaking skill termasuk salam dalam bahasa Jepang bersama teman baru.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google