Ikemen, Tipe Pria yang Digandrungi Wanita Jepang

apa itu ikemen

Dalam anime atau film jepang, terkadang sering muncul istilah ‘ikemen’. Istilah ini biasanya diucapkan si karakter ketika bertemu dengan pria yang ketampanannya level dewa. Nah, sebenarnya apa sih ikemen itu?

Apa itu Ikemen (イケメン)?

source: giphy.com

Ikemen (イケメン) adalah istilah yang mengacu pada pria yang tampan atau memiliki gaya yang keren. Ikemen merupakan istilah yang berkembang di budaya pop Jepang, dengan kata lain ikemen termasuk istilah gaul.

Ikemen terdiri dari dua kata yaitu ‘ikeru’ dan ‘menzu’. Ikeru memiliki arti maskulin, cool, modis, tampan, sedangkan menzu memiliki arti men atau pria. Jadi, ikemen merupakan tipe pria yang maskulin dan modis.

Nah, lalu seperti apa rupa pria ideal di Jepang? Secara umum ikemen adalah pria yang berpenampilan rapi, bermata sipit, suara rendah, dan tubuh yang proporsional. Di Jepang, mata sipit dianggap lebih dewasa dan cerdas, sedangkan mata bulat dianggap imut, mungkin ada pengaruh dari anime yang karakternya kebanyakan bermata bulat.

Ikemen vs Ikedan

Act of Service

Kalau kamu tau ikemen, mungkin kamu juga tau ikedan. Berbeda dengan ikemen, ikedan merupakan istilah untuk tipe suami ideal. Sebab, ikedan terdiri dari dua kata yaitu ‘ikeru’  yang artinya keren dan ‘danna’ yang artinya suami.

Ikedan dipopulerkan oleh VERY, sebuah majalah wanita Jepang. Nah, ikedan tidak hanya sebatas maskulin dan modis, namun juga mampu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah, dan lain-lain.

Jadi, ikedan adalah tipe suami yang maskulin dan modis serta sukarela membantu pekerjaan rumah tangga. Namun, ada saja yang tidak setuju dengan penggambaran ideal ini karena menganggap pria yang menghabiskan kebanyakan waktu di rumah adalah pria yang tidak memiliki kehidupan dan berpenghasilan.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu ikemen dan ikedan, kamu lebih tertarik sama yang mana? Atau kamu masih penasaran untuk ngulik budaya pop Jepang? Kalau gitu, kamu cukup gabung kelas bahasa Jepang di Cakap. Di sana kamu bisa ngulik apapun yang berbau Jepang!

 

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.