15 Cara Perkenalan dalam Bahasa Jepang dan Contoh Teksnya

teks-pengenalan-jepang

Kalau kamu tertarik belajar bahasa Jepang, tau bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang adalah hal yang wajib kamu pelajari. Tidak hanya saat baru berkenalan dengan orang Jepang, kamu bisa menggunakan contoh berikut di kondisi-kondisi tertentu seperti saat melakukan pertukaran pelajar atau baru masuk kerja di Jepang. Yuk belajar dari contoh teks perkenalan berikut ini!

Daftar Contoh Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

1. Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang Singkat

Teks Bahasa Jepang : 
おはようございます。私は自分自身を紹介することができます。
 
私の正式名称はErlina Kusumandariですが、Erlinと呼ぶことができます。
 
私は1993218日に生まれたので、私は現在22歳です。
 
私は両親と一緒にコタゲーテに住んでいましたが、今私は学校を続けるために東ジャワ州スラバヤの寄宿舎に住んでいます。
 
私の趣味は歌と執筆です。
 
私の目標は英語の先生になることです。
 

Cara membaca : 

Ohayōgozaimasu. Watashi wa jibun jishin o shōkai suru koto ga dekimasu.

Watashi no seishiki meishō wa Erlina Kusumandaridesuga, Erlin to yobu koto ga dekimasu.

Watashi wa 1993-nen 2 tsuki 18-nichi ni uma retanode, watashi wa genzai 22-saidesu.

Watashi wa ryōshin to issho ni Kotagēte ni sunde imashitaga, ima watashi wa gakkō o tsudzukeru tame ni Higashi Jawa-shū Surabaya no kishukusha ni sunde imasu.

Watashi no shumi wa uta to shippitsudesu.

Watashi no mokuhyō wa eigo no sensei ni naru kotodesu.

Artinya : 

Selamat pagi semuanya. Izinkan saya untuk memperkenalkan diri.

Nama lengkap saya Erlina Kusumandari tetapi kamu dapat memanggil saya Erlin.

Saya lahir pada 18 Februari 1993 jadi umur saya sekarang 22 tahun.

Saya tinggal di Kotagede bersama orangtua saya, namun sekarang saya tinggal di kos-kosan di Surabaya, Jawa Timur untuk melanjutkan sekolah saya.

Hobi saya adalah menyanyi dan menulis. Cita-cita saya adalah menjadi seorang guru bahasa inggris.

2. Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang Lengkap

Teks Bahasa Jepang : 

おはようございます、自分自身を紹介することができます。 私はDiah Ayu Pramestriです。私は19941212日にアチェで生まれました。今、私はBandar Lampung市に留学し続けます。 今、私は叔父の家に住んでいます。

今私は自分自身をさらに紹介することができます。 私は冒険のにおいがするものが好きです。 読書、見て、何もせずに自由時間を過ごすようなことはほとんどありません。 今、私と私の家族について。 私は2人の兄弟のうちの1人です。私は今、まだ高校のバンバクにいます。

私の父はMuhammad Alliという漁師でした。 私の母親はUmmi Kalsumという普通の主婦でしたが。 私は何よりも私の家族を愛しています。 今回は私からの紹介です。 皆さんにお会いできてうれしいです。

Cara membaca : 

Ohayōgozaimasu, jibun jishin o shōkai suru koto ga dekimasu. Watashi wa Diah Ayu Pramestridesu. Watashi wa 1994-nen 12 tsuki 12-nichi ni ache de umaremashita. Ima, watashi wa Bandar Lampung ichi ni ryūgaku shi tsudzukemasu. Ima, watashi wa oji no ie ni sunde imasu.

Ima watashi wa jibun jishin o sarani shōkai suru koto ga dekimasu. Watashi wa bōken no nioi ga suru mono ga sukidesu. Dokusho, mite, nani mo sezu ni jiyū jikan o sugosu yōna koto wa hotondo arimasen. Ima, watashi to watashinokazoku ni tsuite. Watashi wa 2-ri no kyōdai no uchi no 1-ridesu. Watashi wa ima, mada kōkō no banbaku ni imasu. 

Watashinochichi wa Muhanmado Alli to iu ryōshideshita. Watashi no hahaoya wa Ummi Kalsum to iu futsū no shufudeshitaga. Watashi wa naniyori mo watashinokazoku o aishiteimasu. Konkai wa watashi kara no shōkaidesu. Minasan ni oaidekiteureshīdesu.

Artinya : 

Selamat pagi semuanya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Diah Ayu Pramestri, saya lahir di Aceh pada 12 Desember 1994. Sekarang saya menetap di kota Bandar Lampung untuk melanjutkan study. Sekarang ini saya tinggal di rumah paman saya.

Sekaran izinkan saya untuk memperkenalkan diri lebih jauh. Saya suka hal-hal yang berbau petualangan. Hal-hal kecil seperti membaca, menonton dan menghabiskan waktu luang saya tanpa melakukan apa-apa. Baiklah sekarang tentang saya dan keluarga saya. Saya satu dari dua bersaudara, saya memiliki adik perempuan dia sekarang masih duduk di bangku SMA.

Ayah saya adalah seorang nelayan bernama Muhammad Alli. Sedangkan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang bernama Ummi Kalsum. Saya sangat mencintai keluarga saya lebih dari apapun. Baiklah itu saja perkenalan dari saya kali ini. Senang bertemu dengan kalian semua.

3. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang Singkat dan Artinya

Teks bahasa Jepang :

みなさんこんにちは。

私は自分自身を紹介したい。私の名前はSeto Nurdiyantoroです。私は西ジャワのバンドン出身です。私はムハンマディヤバンドン土木工学部の学生です。

私は19931217日にジョグジャカルタで生まれました。これが私の5年目の学生になるので私の論文を完成させています。ここでは、Jalan Teuku Umar 20番のCibaduyutに泊まりました。私はここの妹と一緒に住んでいます。

Cara membaca :

Minasan kon’nichiwa.

Watashi wa jibun jishin o shōkai shitai. Watashinonamaeha Seto Nurdiyantorodesu. Watashi wa Nishi Jawa no Bandon shusshindesu. Watashi wa muhanmadiyabandon doboku kōgakubu no gakuseidesu. 

Watashi wa 1993-nen 12 tsuki 17-nichi ni jogujakaruta de umaremashita. Kore ga watashi no 5-nen-me no gakusei ni narunode watashi no ronbun o kansei sa sete imasu. Kokode wa, Jalan Teuku Umar 20-ban no Cibaduyut ni tomarimashita. Watashi wa koko no imōto to issho ni sunde imasu.

Artinya : 

Halo semua.

Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya Seto Nurdiyantoro. Saya berasal dari Bandung, Jawa Barat. Saya seorang mahasiswa fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Bandung. 

Saya lahir di Yogyakarta, pada tanggal 17 Desember 1993. Saya sedang menyelesaikan skripsi saya karena ini adalah tahun kelima saya menjadi mahsiswa. Di sini, saya tinggal di Jalan Teuku Umar nomor 20 Cibaduyut. Saya tinggal bersama kakak saya di sini.

4. Contoh Perkenalan Diri Bahasa Jepang Singkat dan Menyebutkan Hobi

Teks bahasa Jepang : 

おはよう、お友達。

この機会にお会いできて嬉しく思います。さて、私の名前はFebri Dwi Cahyaです。私はジャカルタの移住者です。私は199429日にテガルで生まれました。私の家族と私はジョラン・サンブル25号、ジョグジャカルタのケダトンに泊まりました。

私の趣味は歌と執筆です。私は本当に音楽と書くことが大好きです。実際、有名なソングライターになることを夢見ていました。私は15歳の時にソングライティングコンテストで一度、賞を受賞しました。

Cara membaca : 

Ohayō, o tomodachi.

Ko no kikai ni o ai dekite ureshiku omoimasu. Sate, watashinonamaeha Febri Dwi Cahyadesu. Watashi wa Jakaruta no ijū-shadesu. Watashi wa 1994-nen 2 tsuki 9-nichi ni tegaru de umaremashita. Watashi no kazoku to watashi wa joran sanburu 25-gō, jogujakaruta no kedaton ni tomarimashita.

Watashi no shumi wa uta to shippitsudesu. Watashi wa hontōni ongaku to kaku koto ga daisukidesu. Jissai, yūmeina songuraitā ni naru koto o yumemite imashita. Watashi wa 15-sai no toki ni songuraitingukontesuto de ichido,-shō o jushō shimashita.

Artinya : 

Selamat pagi, Teman-Teman.

Saya sangat senang bertemu Kalian dalam kesempatan kali ini. Nah, perkenalkan nama saya Febri Dwi Cahya. Saya pendatang di Jakarta. Saya lahir di Tegal, pada 9 Februari 1994. Keluarga saya dan saya tinggal di Jalan Sambel nomor 25, Kedaton, Yogyakarta.

Hobi saya adalah bernyanyi dan menulis. Saya benar-benar mencintai musik dan tulisan. Bahkan, saya pernah bermimpi untuk menjadi seorang pengarang lagu terkenal. Saya pernah memenangkan juara pertama dalam kontes cipta lagu ketika saya berumur 15 tahun.

5. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang Kepada Orang Baru

Teks bahasa Jepang :

おはようございます。

皆さんにお会いできてうれしいです。 紹介、私の名前はRakasiwi。 私は歌い、本を読むのが好きです。 私の活動は今や奇妙な仕事です。

以前はずっと感謝しています。 皆さんにお会いできてうれしいです。

Cara membaca : 

Ohayōgozaimasu.

Minasan ni oaidekiteureshīdesu. Shōkai, watashinonamaeha Rakasiwi. Watashi wa utai, hon o yomu no ga sukidesu. Watashi no katsudō wa imaya kimyōna shigotodesu.

Izen wa zutto kansha shite imasu. Minasan ni oaidekiteureshīdesu.

Artinya : 

Selamat pagi semuanya.

Senang bertemu dengan kalian. Perkenalkan, nama saya Rakasiwi. Saya hobi bernyanyi dan membaca buku. Aktivitas saya sekarang adalah pekerja serabutan.

Terimakasih banyak sebelumnya. Senang berkenalan dengan kalian.

Belajar Bahasa Jepang Online untuk Dewasa, Harga Terjangkau!

6. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang Pendek

Teks bahasa Jepang :

こんにちは、

私の名前はDicky Mahardikaです。 私は農夫の息子です。 私の毎日の忙しさは、両親が米を植えるのを助けることです

だから、皆さんが私と友達になりたいと願っています。

ありがとう

Cara membaca :

Kon’nichiwa,

watashinonamaeha Dicky Mahardikadesu. Watashi wa nōfu no musukodesu. Watashi no mainichi no isogashi-sa wa, ryōshin ga Amerika o ueru no o tasukeru kotodesu dakara, minasan ga watashi to tomodachi ni naritai to negatte imasu. Arigatō

Artinya :

Halo,

Nama saya Dicky Mahardika. Saya anak dari seorang petani. Kesibukan saya setiap hari adalah membantu orang tua menanam padi.

Demikian, semoga kalian mau berteman dengan saya.

Terimakasih

7. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang di Sekolah

Teks bahasa Jepang :

良い一日、友達。

私はRian Jatiという名前の5人の子供のうちの4人目です。 私の両親は勤勉な人たちで、私は彼らのようになるために教育を受けました。

したがって、私からの紹介は、多かれ少なかれ私はあなたに感謝します。

Cara membaca : 

Yoi tsuitachi, tomodachi.

Watashi wa rian Jati to iu namae no 5-ri no kodomo no uchi no 4 hitomedesu. Watashi no ryōshin wa kinben’na hito-tachi de, watashi wa karera no yō ni naru tame ni kyōiku o ukemashita. Shitagatte, watashi kara no shōkai wa, ōkare sukunakare watashi wa anata ni kansha shimasu.

Artinya : 

Selamat siang, teman-teman.

Perkenalkan, saya adalah anak keempat dari lima bersaudara yang bernama Rian Jati. Orang tua saya adalah seorang yang pekerja keras, dan saya dididik untuk menjadi seperti mereka.

Demikianlah perkenalan dari saya, kurang lebihnya saya haturkan terimakasih.

8. Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang Pendek tentang Asal dan Hobi

Teks bahasa Jepang :

こんにちは。

私は自分自身を紹介したい。 私の名前はFikri Rustamanです。 私は東ジャワ州のルマジャン出身です。 私の趣味は釣りです。 皆さんにお会いできてうれしいです。

Cara membaca :

Kon’nichiwa. Watashi wa jibun jishin o shōkai shitai. Watashinonamaeha Fikri Rustamandesu. Watashi wa Higashi Jawa-shū no rumajan shusshindesu. Watashi no shumi wa tsuridesu. Minasan ni oaidekiteureshīdesu.

Artinya :

Halo teman-teman. Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Fikri Rustaman. Saya dari Lumajang, Jawa Timur. Hobi saya adalah memancing. Senang berjumpa dengan kalian.

9. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang untuk Mahasiswa

Teks bahasa Jepang :

私は自分自身を紹介したい。 私の名前はAnggita Savitriです。 私は20歳です。 私はオープン大学の学生です。 私は考古学者になりたい。 私は結婚していない。 私はバンドンのアパートで両親と一緒に住んでいます。

Cara membaca : 

Watashi wa jibun jishin o shōkai shitai. Watashinonamaeha Anggita Savitridesu. Watashi wa 20-saidesu. Watashi wa ōpun daigaku no gakuseidesu. Watashi wa kōkogaku-sha ni naritai. Watashi wa kekkon shite inai. Watashi wa Bandon no apāto de ryōshin to issho ni sunde imasu.

Artinya : 

Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Anggita Savitri. Saya berusia 20 tahun. Saya seorang mahasiswa di Universitas Terbuka. Saya ingin menjadi seorang Arkeolog. Saya belum menikah. Saya tinggal bersama kedua orang tua di sebuah apartemen yang berada di Bandung.

10. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang di Perusahaan

Teks bahasa Jepang :

私は自分自身を紹介したい。 私の名前はDian Arta Himawanです。 私はインドネシアから来ました。 私は結婚しており、娘がいます。 私の妻の名前はアマリア、私の娘の名前はダイアナ・サラスバティです。 私は建設労働者であり、土木エンジニアになりたい。 私は家の近くのフィールドで毎週日曜日にボールをプレーします。 ご注意いただきありがとうございます。

Cara membaca :

Watashi wa jibun jishin o shōkai shitai. Watashinonamaeha daian Arta Himawandesu. Watashi wa Indoneshia kara kimashita. Watashi wa kekkon shite ori, musume ga imasu. Watashi no tsuma no namae wa amaria, watashi no musume no namae wa Daiana sarasubatidesu. Watashi wa kensetsu rōdō-shadeari, doboku enjinia ni naritai. Watashi wa ie no chikaku no fīrudo de maishū nichiyōbi ni bōru o purē shimasu. Go chūi itadaki arigatōgozaimasu.

Artinya : 

Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Dian Arta Himawan. Saya berasal dari Indonesia. Saya telah menikah dan memiliki seorang anak perempuan. Namanya istri saya adalah Amalia, sedangkan nama anak perempuan saya adalah Diana Sarasvati. Saya pekerja kontruksi dan ingin menjadi insinyur sipil. Saya bermain bola setiap Minggu di lapangan dekat rumah. Terimakasih atas perhatiannya.

Coba Quiz Dasar Bahasa Jepang Kamu Disini, Yuk!

11. Cara Memperkenalan Diri dalam Bahasa Jepang Mudah

Teks bahasa Jepang :

こんにちは。 私はMartin Nugrohoです。 あなたは私をMartinと呼ぶことができます。 私はPondok Indahに住み、23歳でした。 私の趣味は読書です。 私は小説を読んで映画を見るのが大好きです。 私から多くの紹介がありました。 ありがとう。

Cara membaca :

Kon’nichiwa. Watashi wa mātin Nugrohodesu. Anata wa watashi o mātin to yobu koto ga dekimasu. Watashi wa Pondok Indah ni sumi, 23-saideshita. Watashi no shumi wa dokushodesu. Watashi wa shōsetsu o yonde eiga o miru no ga daisukidesu. Watashi kara ōku no shōkai ga arimashita. Arigatō.

Artinya :

Halo teman-teman. Saya Martin Nugroho. Kalian bisa memanggil saya Martin. Saya tinggal di Pondok Indah dan berusia 23 tahun. Hobi saya membaca. Saya suka membaca novel dan menonton film. Sekian perkenalan dari saya. Terimakasih.

12. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang yang keduabelas

Teks bahasa Jepang :

私は自分自身を紹介したい。 私の名前はMaia Estianty Harahapで、私はRengasdengklokから来ました。 私は14歳です。 私は毎日勉強しなければならないので、趣味はありません。 ご注意いただきありがとうございます。

Cara membaca :

Watashi wa jibun jishin o shōkai shitai. Watashinonamaeha maia Estianty Harahap de, watashi wa Rengasdengklok kara kimashita. Watashi wa 14-saidesu. Watashi wa mainichi benkyō shinakereba naranainode, shumi wa arimasen. Go chūi itadaki arigatōgozaimasu.

Artinya : 

Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Maia Estianty Harahap, saya berasal dari Rengasdengklok. Saya berumur 14 tahun. Saya tidak punya hobi karena harus belajar setiap hari. Terima kasih atas perhatiannya

13. Perkenalan dalam Bahasa Jepang dengan Aktivitas Sehari-hari

Teks bahasa Jepang :

こんにちは、私の名前はRianto Martinoです。 私は砂糖工場の労働者です。 毎日私は07:00に仕事に出発し、16:00に家に帰る。 皆さんにお会いできてうれしいです。

Cara membaca :

Kon’nichiwa, watashinonamaeha Rianto Martinodesu. Watashi wa satō kōjō no rōdō-shadesu. Mainichi watashi wa 07: 00 Ni shigoto ni shuppatsu shi, 16: 00 Ni ienikaeru. Minasan ni oaidekiteureshīdesu.

Artinya : 

Halo, salam kenal nama saya Rianto Martino. Saya adalah seorang pekerja buruh di pabrik gula. Sehari-hari saya berangkat kerja pukul 07.00 dan pulang pukul 16.00. Senang berkenalan dengan kalian.

14. Contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang yang keempatbelas

Teks bahasa Jepang : 

おはようございます。

ご紹介、私はユーフフアリフ・ヌグロホです。 私はISIジョグジャカルタを卒業した画家です。 私は子供時代からペイントするのが大好きです。 今まで私はすでに13の絵画がいくつかの美術館に入っています。

ありがとう。

Cara membaca :

Ohayōgozaimasu.

Go shōkai, watashi wa yūfufuarifu Nugurohodesu. Watashi wa ISI jogujakaruta o sotsugyō shita gakadesu. Watashi wa kodomo jidai kara peinto suru no ga daisukidesu. Ima made watashi wa sudeni 13 no kaiga ga ikutsu ka no bijutsukan ni haitte imasu.

Arigatō.

Artinya :

Selamat Pagi semuanya.

Perkenalkan, saya Yusuf Arif Nugroho. Saya seorang pelukis lulusan ISI Yogyakarta. Saya senang melukis sejak dari kecil. Hingga sekarang, saya sudah memiliki 13 karya lukisan yang masuk di beberapa museum.

Terimakasih.

15. Contoh Perkenalan dalam Bahasa Jepang untuk Pengajar & Guru

Teks bahasa Jepang : 

ご挨拶

私はあなたの先生です。 私の名前はアレクサンドルです。 私はここで長い間教えてきました。 子供時代から、私は学生になることを切望しています。 だから、私の理想を達成した上で、私たちが真剣に達成するなら、私たちが望むすべての理想を達成できるということを学びたいと思います。

それは私の紹介です。 ありがとう。

Cara membaca :

Go aisatsu watashi wa anata no senseidesu.

Watashinonamaeha Arekusandorudesu. Watashi wa koko de nagaiai oshiete kimashita. Kodomo jidai kara, watashi wa gakusei ni naru koto o setsubō shite imasu. Dakara, watashi no risō o tassei shita ue de, watashitachi ga shinken ni tassei surunara, watashitachi ga nozomu subete no risō o tassei dekiru to iu koto o manabitai to omoimasu.

Sore wa watashi no shōkaidesu. Arigatō.

Artinya :

Salam Sejahtera semuanya.

Saya adalah guru kalian disini. Nama saya adalah Alexandre. Saya sudah lama mengajar disini. Sedari kecil, saya memang sudah bercita-cita menjadi seorang pelajar. Maka, dengan tercapainya cita-cita saya ini, saya ingin memberikan pembelajaran kepada kalian bahwasanya segala cita-cita yang kita inginkan pasti bisa tercapai apabila kita bersungguh-sungguh untuk mencapainya.

Itu perkenalan dari saya. Terimakasih.

—-

Nah, kira-kira itulah 15 Contoh Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang yang bisa kami berikan.

Namun, ada satu hal yang harus menjadi perhatian kalian semua, yaitu ketika melakukan perkenalan, ada baiknya diawali dengan salam pembuka yang baik dan juga diakhiri dengan salam penutup yang baik pula. Hal itu tentu memberikan kesan baik kepada diri kita bahwasanya kita merupakan pribadi yang baik dan sopan.

Semua contoh Teks Perkenalan dalam Bahasa Jepang telah diberikan, sekarang hanya tinggal kalian apakah ingin bisa menerapkan contoh-contoh Teks Perkenalan dalam bahasa Jepang itu dengan baik dan sopan atau tidak. Jadi selanjutnya, selamat belajar dan mempraktekannya dalam dunia nyata ya.

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat