Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang yang Umum Diucapkan

semangat dalam bahasa jepang

Ucapan semangat dalam bahasa Jepang yang paling populer adalah 頑張って (ganbatte). Pencinta anime atau dorama pasti sudah familiar dengan ucapan ini. Ganbatte sering diartikan sebagai ‘jangan menyerah’, ‘semoga berhasil’, dan lain sebagainya.

Namun begitu, ganbatte bukanlah satu-satunya ucapan semangat dalam bahasa Jepang. Bakan, ganbatte memiliki berbagai variasi yang disesuaikan dengan siapa kamu berbicara. Untuk itu, yuk simak penjelasannya di bawah ini dan simak cara pengucapannya yang benar di akhir artikel, ya!

Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Di bawah ini ada beberapa ucapan semangat dalam bahasa Jepang, baik variasi dari ganbatte maupun ucapan lainnya. Berikut penjelasannya:

頑張ってください (ganbatte kudasai)

頑張ってください (ganbatte kudasai) merupakan ucapan semangat dalam bahasa Jepang yang memiliki arti ‘mohon berikan yang terbaik’. Ucapan ini tergolong sopan dan cocok kamu ucapkan ketika dalam pertemuan bisnis.

頑張ります (ganbarimasu)

頑張ります (ganbarimasu) merupakan ucapan semangat dalam bahasa Jepang yang memiliki arti ‘aku akan berikan yang terbaik’. Umumnya ganbarimasu diucapkan untuk membalas ucapan ganbatte.

頑張れ (ganbare)

Bahasa Jepang semangat yang satu ini memiliki arti ‘berikan yang terbaik’. 頑張れ (ganbare) jarang diucapkan untuk tujuan motivasi, tetapi cenderung sebagai perintah. Ucapan ini dapat diucapkan pada orang yang satu level atau berada di bawah kamu.

Belajar lewat E-book Bahasa Jepang GRATIS dari Cakap, yuk!

頑張った (ganbatta)

頑張った (ganbatta) merupakan ucapan semangat dalam bahasa Jepang yang memiliki arti ‘aku telah memberikan yang terbaik’. Ganbatta biasa diucapkan pada keluarga atau kerabat setelah menyelesaikan tugas yang berat.

頑張りました (ganbarimashita)

Ganbarimashita memiliki arti yang sama dengan ganbatta. Bedanya, ganbarimashita lebih sopan dibandingkan ganbatta. Sehingga, kamu dapat mengucapkannya dalam konteks formal.

応援している (oen shite iru)

応援している (oen shite iru) bukanlah variasi dari ganbatte, namun juga biasa digunakan sebagai ucapan semangat dalam bahasa Jepang. Ucapan ini artinya ‘aku di sini mendukungmu’ dan dapat diucapkan kepada teman atau konteks informal.

安心してください (anshin shite kudasai)

Ucapan semangat dalam bahasa Jepang memiliki arti ‘jangan khawatir’. Secara harfiah, kata ‘anshin’ memiliki arti ‘lega’ atau ‘ringan’. Frasa ini biasa diucapkan untuk mengingatkan seseorang untuk berhenti mencemaskan situasi tertentu.

ファイト(faito)

Secara harfiah, ファイト (faito) artinya ‘pertarungan’. Bahasa Jepang semangat ini biasa diucapkan oleh orang Jepang untuk memotivasi seseorang dalam mengatasi perjuangan mereka.

諦めないで!(Akiremenaide!)

Akiramenaide artinya adalah jangan pernah menyerah yang bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan.

Cara Membaca Ucapan Semangat dalam Bahasa Jepang yang Benar

Nonton Anime Jadi Gak Perlu Subtitle. Belajar Bahasa Jepang di Cakap Sekarang

Itu dia beberapa ucapan semangat dalam bahasa Jepang dan cara pengucapannya. Untuk menguasai frasa atau kosakata bahasa Jepang lainnya, kamu bisa belajar bersama tutor profesional di kelas Bahasa Jepang atau kamu bisa cek dulu Level Bahasa Jepangmu di Cakap. Dengan kelas yang relatif singkat, kamu bisa menambah kemampuan Bahasa Jepang tanpa perlu mengganggu rutinitasmu.

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat