Belajar Ucapan “Happy Birthday” dalam Bahasa Jepang

selamat ulang tahun bahasa jepang

Pasti kamu udah hafal dengan ucapan selamat ulang tahun bahasa Inggris. Nah, kalau ucapan selamat ulang tahun bahasa Jepang, kamu tahu nggak?

Sama seperti ucapan selamat ulang tahun bahasa Korea, bahasa Jepang pun memiliki beberapa versi yang dapat kamu gunakan tergantung lawan bicara yang ingin. 

Orang Indonesia masih jarang banget yang ngucapin pakai bahasa Jepang. Biar ucapanmu berkesan, pakai bahasa Jepang! Kira-kira ada apa aja ya “Happy Birthday” dalam bahasa Jepang? Langsung aja simak penjelasan di bawah! 

Otanjoubi Omedetou (お誕生日おめでとう)

source: giphy.com

Kalimat ini adalah ucapan selamat ulang tahun paling umum yang diucapkan kepada lawan bicara secara akrab namun masih dalam konteks yang halus. Kata “Otanjoubi omedetou” sendiri memiliki arti yaitu “

O : bentuk awalan yang menunjukkan rasa hormat atau sopan.

Tanjoubi : hari ulang tahun atau hari lahir.

Omedetou : ucapan selamat yang harus dirayakan.

“Otanjoubi omedetou” hanya dapat digunakan untuk orang yang dekat dan akrab denganmu seperti sahabat, keluarga dan orang yang umurnya lebih muda.

Ingat ya, “Otanjoubi omedetou” tidak tepat digunakan kepada orang yang baru kamu kenal atau kurang akrab karena memiliki konotasi tidak sopan.

Contoh kalimat “Otanjoubi omedetou”:

お誕生日おめでとう! たくさんの幸せが訪れますように.
Otanjoubi Omedetou! Takusan no shiawase ga goremasuyouni.
Selamat ulang tahun! Aku berharap kamu akan mendapatkan banyak kebahagiaan.

Otanjoubi Omedetou Gozaimasu (お誕生日おめでとうございます)

source: giphy.com

Kalimat ucapan ini memiliki arti yang sama dengan yang diatas, perbedaannya terletak pada kata “Gozaimasu”. Gozaimasu sendiri merupakan akhiran yang digunakan sebagai penanda bentuk yang sangat formal atau sopan.

“Otanjoubi Omedetou Gozaimasu” dapat digunakan saat kamu ingin memberi ucapan selamat ulang tahun kepada siapa saja jika ingin menggunakan bentuk yang formal dan sopan. Ucapan ini sangat tepat jika ingin diucapkan kepada lawan bicara yang baru kamu kenal atau kurang akrab.

Contoh kalimat “Otanjoubi Omedetou Gozaimasu”:

お誕生日おめでとうございます! ごかつやくをおいのりします.
Otanjoubi omedetou gozaimasu. Gokatsuyaku o o-inori shimasu.
Selamat ulang tahun! Saya akan mendoakan untuk kesuksesan Anda.

Happii Baasudee (ハッピーバースデー)

source: giphy.com

Yup, betul! Ini adalah “Happy Birthday” nya orang Jepang. “Happii Baasudee” adalah frase bahasa Inggris versi Jepang.

Orang Jepang juga sering menggunakan ucapan “Happii Baasudee” kepada rekan atau kerabat yang bisa cukup akrab dengan mereka.

Contoh kalimat “Happii Baasudee”:

ハッピーバースデー! 素晴らしい1年になりますように.
Happii Baasudee! Subarashii ichinen ni narimasu you ni.
Selamat ulang tahun! Aku harap ini akan menjadi tahun yang luar biasa bagi mu.

Nah, di atas adalah beberapa ucapan “Happy Birthday” versi Jepang yang bisa kamu gunakan untuk memberi ucapan selamat ulang tahun kepada rekan, teman atau sahabat mu. Cobain deh jadi yang berbeda, pasti ucapanmu akan selalu diingat sama yang ulang tahun.

Kalau kamu mau tahu dan belajar lebih dalam mengenai bahasa Jepang, cus langsung aja gabung di Cakap Japanese Club! Nggak hanya belajar bahasa, kamu juga akan belajar mengenai kebudayaan dari negeri matahari terbit itu. Topiknya pun  dikemas jadi lebih simple dan menarik, lho!

Tunggu apa lagi? Ambil keputusan sekarang untuk belajar bahasa asing supaya kamu siap untuk bersaing di dunia kerja.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google