Arti “Subarashii” Bahasa Jepang dan Bedanya dengan “Sugoi”

subarashii artinya
Photo by tirachardz from Freepik

Dalam anime, kata subarashii dalam Bahasa Jepang sering digunakan ketika seseorang merasa takjub atau kagum terhadap sesuatu. Lantas apa sih arti Subarashii sebenarnya dan bagaimana contoh penggunaannya? Simak pembahasannya, yuk!

Arti Subarashii dan Asal Katanya

Subarashii artinya “luar biasa”, “sangat bagus”, atau “sangat indah/megah” yang biasa digunakan untuk menunjukkan rasa takjub. Dalam bahasa Jepang, kata subarashii termasuk ke dalam kelompok kata sifat golongan i-keiyoushi

Kata ini disebut berasal dari kata kerja dalam ejaan lama yaitu subaru (窄る) yang berarti “menciut”. Kata tersebut diberi akhiran –shii (しい) untuk dijadikan kata sifat yang artinya adalah “sesuatu yang membuat seseorang menciut/mengkerut.” 

Pada mulanya, kata subarashii memiliki makna yang negatif, yaitu menyatakan sesuatu yang mengerikan atau menakutkan. Makna kata ini berubah menjadi positif sejak pertengahan tahun 1800-an atau pada zaman Edo di Jepang. 

Psst, Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Yuk Tes Disini!

Subarashii VS Sugoi

Sebelumnya kita sudah pernah membahas ekspresi takjub dalam bahasa Jepang, yaitu sugoi (すごい) yang juga dapat berarti “hebat” atau “luar biasa”. Meskipun artinya mirip, sugoi dan subarashii memiliki penggunaan yang sedikit berbeda, lho. 

Perbedaan pertama, sugoi dapat digunakan sebagai seruan ketika melihat sesuatu yang luar biasa tanpa harus diiringi penjelasan lengkap. Sementara itu, subarashii biasanya digunakan dalam sebuah kalimat yang lengkap, bukan sekadar seruan. 

Perbedaan kedua, kamu bisa menggunakan kata sugoi sebagai ekspresi takjub terlepas konteksnya positif atau negatif. Sedangkan subarashii biasanya hanya digunakan untuk menyatakan hal-hal yang membuat kajum, dalam konteks positif. 

Perbedaan ketiga, sugoi adalah kata yang sering digunakan secara blak-blakan dan kasual, cocok untuk bercakap dengan orang-orang terdekatmu. Sementara subarashii cenderung memiliki kesan formal, sehingga dapat digunakan dalam konteks yang lebih sopan. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Penulisan dan Contoh Penggunaan Subarashii

Dalam bahasa Jepang, kata subarashii umumnya ditulis dengan menggunakan huruf kanjinya, tetapi dapat juga ditulis dengan hiragana maupun katakana

Kanji Hiragana Katakana
素晴らしい すばらしい スバラシイ

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata subarashii

  • AKB48の前田敦子さんの卒業コンサートは素晴らしかったです。
    AKB48 no maeda atsuko-san no sotsugyou konsato wa subarashikatta desu.
    Konser kelulusan Maeda Atsuko AKB48 sangat luar biasa.
     
  • ここからの山の景色は素晴らしいです。
    Koko kara no yama no keshiki wa subarashii desu.
    Pemandangan pegunungan dari sini sangat menakjubkan. 

  • 彼女は素晴らしいアートワークを作りました。
    Kanojo wa subarashii aatowaaku (artwork) o tsukurimashita.
    Dia membuat karya seni yang luar biasa. 

  • 素晴らしい小説です!
    Subarashii shousetsu desu!
    Itu novel yang luar biasa!

  • 彼は強い相手に勝ちます。 素晴らしいですよね?
    Kare wa tsuyoi aite ni kachimasu. Subarashii desu yo ne?
    Dia menang terhadap lawan terkuat. Luar biasa ya?
     

Nah, itu dia arti dari kata bahasa Jepang subarashii dan juga contoh penggunaannya dalam kalimat. Jangan sampai salah tulis, ya; subarashii, bukan subarashi. Selain itu, jangan sampai tertukar dengan ekspresi takjub lainnya yaitu sugoi

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai kosakata serta berbagai ekspresi dalam bahasa Jepang, ikut kursus bahasa Jepang di Cakap aja! Tentukan sendiri jadwalmu dan pilih sensei terbaik favoritmu. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Exclusive E-Book Bahasa Jepang Untuk Sobat Cakap, GRATIS!

Ingin Belajar Hiragana dan Katakana? Kami sediakan e-book panduan lengkapnya di sini. Kamu bisa dapatkan dengan satu langkah mudah!

      #SiapaCakapDiaDapat