7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang, Apa Saja?

terima kasih dalam bahasa jepang
7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang, Apa Saja?

Ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang pasti akan kamu gunakan di setiap melakukan percakapan bahasa Jepang. Tak ayal, di setiap harinya, kamu bisa mengucapkan terima kasih minimal 1 sampai 2 kali, entah itu melalui bahasa tulis maupun bahasa lisan. 

Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda untuk mengucapkan kata majemuk “terima kasih”, tak terkecuali bahasa Jepang. Ada berbagai macam ungkapan bahasa Jepang terima kasih. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang berikut ini.

Bahasa Jepang Terima Kasih


bahasa jepang terima kasih

Terdapat berbagai macam bentuk atau alternatif ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang berbeda, mulai dari paling sederhana sampai bentuk yang mungkin bisa dibilang cukup rumit untuk diucapkan oleh penutur Indonesia. 

Bahasa Jepang memiliki bahasa baku dan bahasa tidak baku. Begitu pun dengan ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang, ada ucapan yang dianggap formal dan ada pula tuturan yang dianggap kurang formal sehingga hanya bisa digunakan saat bercakap cakap dengan orang tertentu.

Simak penjelasan berbagai ucapan bahasa Jepang terima kasih melalui tabel dan penjabaran berikut ini:

Arigatō (ありがとう)Terima kasih
Arigatōgozaimasu (ありがとうございます)Terima kasih (lebih sopan dari arigatō)
Dōmo (どうも)

Makasih (kasual)

(Dōmo) Arigatō gozaimashita
((どうも) ありがとう ございました)

Terima kasih banyak (atas bantuan yang diterima)
Sankyu (サンキュ)Makasih (informal)

Kokoro kara kansha shimasu
(心から 感謝します)

Terima kasih tulus dari hati saya

Goshinsetsu arigatō gozaimashita.
(ご親切 ありがとう ございました)

Terima kasih atas keramahannya.

Baca Juga: Mengenal 4 Ucapan Selamat Datang dalam Bahasa Jepang

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

1. Arigatō (ありがとう)


Sebuah bentuk ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang paling sederhana dan kasual. Kamu bisa menggunakan ucapan ini kepada orang terdekat seperti teman sebaya atau keluarga. 

2. Arigatōgozaimasu (ありがとうございます)


Arigatōgozaimasu
merupakan bentuk lebih formal dari arigatō, yang juga berarti “terima kasih”. Ungkapan ini diucapkan kepada orang-orang yang belum dikenal dekat atau orang-orang yang lebih dihormati. 

3. Dōmo (どうも)


Dōmo merupakan bentuk ungkapan yang sangat santai dan biasanya hanya digunakan untuk teman terdekat saja. Ucapan terima kasih yang satu ini lebih ringkas dibandingkan dengan arigatō, bukan?

4. Dōmo arigatō gozaimashita  (どうも ありがとう ございました)


Ungkapan bahasa Jepang terima kasih ini tergolong cukup panjang dibandingkan yang lain. Dōmo arigatō gozaimashita bisa digunakan saat kamu ingin menunjukan sikap yang lebih santun. 

5. Sankyu (サンキュ)


Sankyu berasal dari kata bahasa Inggris thank you yang biasa diucapkan secara kasual oleh anak muda. Uniknya, kata ini sering disingkat menjadi angka 39 (3/san, 9/kyu) yang pelafalannya mirip. 

Baca Juga: Penjelasan Kata Sifat dalam Bahasa Jepang

Psst, Ini Cara Cepat Fasih Bahasa Jepang dari Rumah!

Variasi Lain Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

terima kasih bahasa jepang

Selain ucapan-ucapan di atas, terima kasih dalam bahasa Jepang juga dapat diungkapkan dengan frasa berikut ini:

1. Kokoro kara kansha shimasu (心から 感謝します)


Memiliki arti “terima kasih tulus dari hati”, biasanya diucapkan ketika seseorang benar benar merasa bersyukur atas apa yang dianugerahkan kepadanya atau saat impiannya terwujud.

2. Goshinsetsu arigatō gozaimashita (ご親切 ありがとう ございました)


Ucapan ini terdiri dari kata shinsetsu yang berarti “ramah/keramahan” dan a
rigatō gozaimashita yang berarti “terima kasih”. Jika keduanya digabung, maka artinya menjadi “terima kasih atas keramahannya.”

Seperti sebuah paket lengkap, biasanya setelah ucapan “terima kasih” akan disusul dengan ucapan “sama-sama”, respon yang bisa digunakan saat menerima ucapan terima kasih adalah “Do itashimashite (ど う い た し ま し て)” yang memiliki arti “sama-sama”.

Itulah berbagai macam ucapan bahasa Jepang terima kasih. Agar semakin mahir berbahasa Jepang, kalian bisa ikut kelas Bahasa Jepang di Cakap. Dengan fitur virtual class, kamu akan belajar langsung sama tutor profesional. Kamu juga bakal lebih pede ngobrol pakai Bahasa Jepang! 

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat