7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang, Apa Saja?

bahasa jepang terima kasih

Ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang pasti akan kamu gunakan di setiap melakukan percakapan bahasa Jepang. Tak ayal, di setiap harinya, kamu bisa mengucapkan terima kasih minimal 1 sampai 2 kali, entah itu melalui bahasa tulis maupun bahasa lisan. 

Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda untuk mengucapkan kata majemuk “terima kasih”, tak terkecuali bahasa Jepang. Ada berbagai macam ungkapan bahasa Jepang terima kasih. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang berikut ini.

Bahasa Jepang Terima Kasih

source: giphy.com

Terdapat berbagai macam bentuk atau alternatif ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang berbeda, mulai dari paling sederhana sampai bentuk yang mungkin bisa dibilang cukup rumit untuk diucapkan oleh penutur Indonesia. 

Bahasa Jepang memiliki bahasa baku dan bahasa tidak baku. Begitu pun dengan ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang, ada ucapan yang dianggap formal dan ada pula tuturan yang dianggap kurang formal sehingga hanya bisa digunakan saat bercakap cakap dengan orang tertentu.

Simak penjelasan berbagai ucapan bahasa Jepang terima kasih melalui tabel dan penjabaran berikut ini:

Arigatō (ありがとう)Terima kasih
Arigatōgozaimasu (ありがとうございます)Terima kasih (lebih sopan dari arigatō)
Dōmo (どうも)Makasih

(Dōmo) Arigatō gozaimashita.
(どうも) ありがとう ございました。

 

Terima kasih banyak (atas bantuan yang diterima
Hontōni arigatai (本当にありがたい)Terima kasih (Saya sangat berterima kasih)

Kokoro kara kansha shimasu
心から 感謝します。

 

Terima kasih tulus dari hati saya

Goshinsetsu arigatō gozaimashita.
ご親切 ありがとう ございました。

 

Terima kasih atas keramahannya.

Baca Juga: Mengenal 4 Ucapan Selamat Datang dalam Bahasa Jepang

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Gratis 14 Hari Cakap Club

1. Arigatō (ありがとう)

Sebuah bentuk ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang paling sederhana, yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Selain sederhana, ungkapan bahasa Jepang terima kasih ini juga terbilang cukup mudah untuk dilafalkan dan merupakan bentuk ungkapan yang tidak baku.

2. Arigatōgozaimasu(ありがとうございます)

Arigatōgozaimasu bisa dibilang sebagai bentuk turunan dari Arigatō, keduanya sama sama memiliki arti terima kasih, bedanya ungkapan ini memiliki tingkatan yang lebih baku daripada Arigatō, serta merupakan ungkapan bahasa Jepang terima kasih yang dianggap umum dan paling sering digunakan saat berbicara dengan orang tua, senior, atau orang yang memiliki tingkat sosial lebih tinggi.

3. Dōmo (どうも)

Terlihat dari bentuk kata dan jumlah huruf, ucapan ini merupakan bentuk paling pendek untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang jika dibanding dengan yang lainnya. Dōmo merupakan bentuk ungkapan yang sangat santai dan biasanya hanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih dengan teman terdekat saja.

4. (Dōmo) Arigatō gozaimashita.  (どうも) ありがとう ございました

Ungkapan bahasa Jepang terima kasih ini tergolong cukup panjang, biasa digunakan saat kalian ingin menunjukan sikap yang lebih santun. 

5. Hontōni arigatai  (本当にありがたい)

Biasanya ucapan ini digunakan ketika seseorang sangat menghormati atau menghargai seseorang atau pemberiannya. Ucapan ini bisa dibilang sebagai ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang cukup tinggi tingkatan atau kedudukanya.

Baca Juga: Penjelasan Kata Sifat dalam Bahasa Jepang

Psst, Ini Cara Cepat Fasih Bahasa Jepang dari Rumah!

Variasi Lain Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

1. Kokoro kara kansha shimasu 心から 感謝します

Memiliki arti “terima kasih tulus dari hati”, biasanya diucapkan ketika seseorang benar benar merasa bersyukur atas apa yang dianugerahkan kepadanya atau saat impiannya terwujud.

2. Goshinsetsu arigatō gozaimashita. (ご親切 ありがとう ございました。)

Ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang lainnya adalah Goshinsetsu arigatō gozaimashita. Terdiri dari dua variabel kata, yaitu “Shinsetsu” yang berarti ramah, dan “Arigatō gozaimashita” yang berarti terima kasih, jika keduanya digabung maka artinya menjadi “Terima kasih atas keramahannya.”

Seperti sebuah paket lengkap, biasanya setelah ucapan “terima kasih” akan disusul dengan ucapan “sama-sama”, respon yang bisa digunakan saat menerima ucapan terima kasih adalah “Do itashimashite (ど う い た し ま し て)” yang memiliki arti “sama-sama”.

Itulah berbagai macam ucapan bahasa Jepang terima kasih. Agar semakin mahir berbahasa Jepang, kalian bisa ikut kelas Bahasa Jepang di Cakap. Dengan fitur virtual class, kamu akan belajar langsung sama tutor profesional. Kamu juga bakal lebih pede ngobrol pakai Bahasa Jepang! 

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks