Mengenal Nama-Nama Warna dalam Bahasa Jepang

warna dalam bahasa jepang

Pencinta budaya pop Jepang pasti sudah hafal nama-nama warna dalam Bahasa Jepang karena kosakata warna seringkali muncul baik dalam anime maupun manga Jepang. Tapi sudah tahu belum pembagian nama-nama warna dalam Bahasa Jepang sesuai adjektiva dan cara penggunaannya? 

Pada kesempatan ini, kamu akan mempelajari macam-macam warna dalam Bahasa Jepang secara lengkap. Dengan begitu, kamu bisa menambah kosakata Bahasa Jepang yang berguna dalam berbagai hal, termasuk percakapan.

Nama-Nama Warna dalam Bahasa Jepang

source: giphy.com

Warna dalam bahasa Jepang disebut dengan 色 (iro). Oleh karena itu, banyak penyebutan warna yang berakhiran dengan kata 色 (iro), terlebih dalam penyebutan warna turunan dari warna utama.

Warna utama yang dimaksud di sini adalah warna yang umum dipakai atau sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari, contohnya:

Warna

Hiragana / Kanji

Romaji

Hitam

くろい・黒い

Kuroi

Putih

しろい・白い

Shiroi

Merah

あかい・赤い

Akai

Biru

あおい・青い

Aoi

Cokelat

ちゃいろ・茶色

Chairo

Pink

「ピンク」ももいろ・桃色

[Pinku] Momoiro

Jingga

オレンジ

Orenji

Kuning

きいろ・黄色

Kiiro

Hijau

みどり・緑

Midori

Ungu

むらさき・紫

Murasaki

Perak

ぎんいろ・銀色

Giniro

Emas

きんいろ・金色

Kiniro

Ungu

むらさき・紫

Murasaki

Tanpa Keluar Rumah Kamu Bisa Mahir Berbahasa Jepang. Ini Caranya!

Kosakata warna kebanyakan tergolong ke dalam kategori adjektiva I 形容詞 (keiyoushi), beberapa kosakata warna juga tergolong dalam adjektiva I 形容詞 (keiyoushi).

Misal kata 白い (shiroi) yang berarti “putih”, apabila digabungkan dengan kata benda misalnya 雲 (kumo), maka cara penggunaannya sama dengan adjektiva I pada umumnya menjadi 白い雲 (shiroi kumo) atau “awan putih”.

Tetapi terdapat perbedaan saat menggunakan warna yang tidak termasuk dalam adjektiva I, seperti 緑 (midori), 紫 (murasaki), 桃色  (momoiro), dan warna lainnya.

Cara menggunaannya adalah dengan menambahkan partikel の (no) sebagai penghubung kata tersebut. Sebagai contoh, kata 紫 (murasaki) yang berarti “ungu” dan 花 (hana) yang berarti “bunga”, jika kita ingin mengatakan “bunga ungu” dalam bahasa Jepang, maka akan menjadi 紫の花 (murasaki no hana).

Itu dia beberapa kosakata terkait macam-macam warna dalam Bahasa Jepang. Setelah mengetahui warna dalam bahasa Jepang, kamu juga perlu tahu angka dalam bahasa Jepang. Perkaya pula pengetahuan kosakatamu dengan mengikuti kelas Bahasa Jepang di Cakap. Dengan kelas yang relatif singkat, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang tanpa mengganggu rutinitas harianmu.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks