20 Rekomendasi Manga Jepang Terbaik

Manga Jepang Terbaik

Jadi di rumah ngapain aja? Rebahan? Tidur? Makan? Udah, gitu doang? Hiburan dikit dong, setelah kemarin ada anime terbaik yang bisa kamu tonton, sekarang coba kamu baca manga aja. Selagi banyak manga baru yang keren-keren. Manga-manga lama juga masih recommended sih, ceritanya sugoi desu yo! Nih rekomendasi manga Jepang terbaik yang bisa ngisi waktu luang di rumah. Selain itu kamu bisa juga belajar bahasa jepang untuk pemula.

Berserk

Vinland Saga source: giphy.com

Bersama kekasihnya, seorang karakter bernama Guts yang dikenal sebagai Pendekar Pedang Hitam (Black Swordsman), berupaya melarikan diri dari kejaran pasukan iblis. Di samping itu ia juga menyimpan rasa dendam yang begitu besar pada pria yang telah memberikan tanda pada tubuhnya sebagai tumbal bagi iblis.

Berbekal kekuatan pedang, Guts mencoba untuk berjuang melawan takdir. Manga Berserk memiliki cerita yang cukup dark dan diisi oleh aksi pertempuran yang sadis.

JoJo no Kimyou na Bouken Part 7: Steel Ball Run

JoJo no Kimyou na Bouken Part 7: Steel Ball Run source: giphy.com

Seorang Neapolitan bernama Gyro Zeppeli berlayar ke Amerika Serikat untuk mengikuti lomba balap kuda. Gyro memiliki kemampuan bela diri mistis yang disebut Spin. Seorang mantan Joki Kuda terkenal bernama Johnny Joestar tertarik untuk mengikuti lomba tersebut demi mempelajari teknik Spin Gyro yang bisa menyembuhkan kelumpuhan yang ia alami. 

Monster

Monster source: giphy.com

Monster adalah komik Jepang yang bercerita tentang seorang dokter jenius asal Jepang, Dr. Tenma yang dalam praktiknya di rumah sakit enggan untuk memperlakukan pasien atas dasar politik. Hingga suatu ketika pasien bernama Johan berhasil diselamatkan Dr. Tenma. Ia tertegun mengetahui bahwa Johan adalah psycho yang gemar membunuh banyak orang.

One Piece

One Piece source: giphy.com

Manga ini bercerita tentang petualangan Luffy, seorang anak yang bercita-cita menjadi raja bajak laut. Diawali kematian Roger, raja bajak laut terdahulu, yang memicu munculnya banyak bajak laut mengincar harta karun terbesar di dunia yang ditinggalkan yaitu One Piece, Luffy merupakan salah satunya. Ia melancarkan aksinya dengan mengumpulkan kru.

Vagabond

Vagabond source: giphy.com

Vagabond adalah sebuah komik Jepang karya Takehiko Inoue yang dibuat berdasarkan cerita novel Musashi karya Eiji Yoshikawa. Komik ini bercerita tentang seorang samurai bernama Shimmen Takezo yang sangat berambisi untuk menjadi samurai nomor satu di dunia. 

Oyasumi Punpun

Oyasumi Punpun source: giphy.com

Oyasumi Punpun merupakan komik Jepang bergenre psikologi yang menceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Onodera Punpun ketika beranjak dewasa. Mengangkat berbagai permasalahan hidup, cerita manga ini terbilang cukup gelap. Dikemas sedemikian rupa hingga mampu menggambarkan realita pahit dan manis kehidupan nyata.

Koe no Katachi

Koe no Katachi source: giphy.com

Koe no Katachi mengisahkan bocah laki-laki pembuat onar bernama Ishida Shouya. Suatu ketika kelas Ishida kedatangan murid baru penyandang tuna rungu. Mengetahui hal tersebut naluri kenakalannya semakin menjadi-jadi dan mengakibatkan terjadinya bullying. Hingga akhirnya beranjak dewasa ia menyesali perbuatannya dan berniat menebus dosanya itu.

Grand Blue

Grand Blue source: giphy.com

Manga ini bercerita tentang seorang mahasiswa baru, Iori Kithara, yang berharap mendapatkan kehidupan kampus yang menyenangkan. Iori justru malah terjebak dalam komunitas penyelam. Selintas tidak ada yang aneh dengan kegiatan diving, namun ternyata para anggota klub somplak ini selalu mengadakan pesta minuman keras. Iori pun menderita. 

Slam Dunk

Slam Dunk source: giphy.com

Slam Dunk, komik Jepang yang mengisahkan berandalan SMA yang selalu ditolak perempuan. Bertemulah Hanamichi Sakuragi dengan seorang gadis idamannya bernama Akagi Haruko. Ia dianjurkan untuk bergabung dengan klub basket. Hingga akhirnya berhasil membentuk tim basket SMA Shohoku dan berjuang mendapatkan gelar juara nasional.

20th Century Boys

20th Century Boys source: giphy.com

Manga ini menceritakan tentang Kenji Endou yang terlibat dengan sebuah organisasi misterius bernama “Friend”. Organisasi tersebut dicurigai Kenji sebagai penyebab terjadinya kejadian misterius di Jepang. Hal yang membuat Kenji janggal adalah semua kejadian tersebut merupakan kenyataan dari mimpi dan rencananya sewaktu kecil.

Ashita no Joe

Ashita no Joe source: giphy.com

Ashita no Joe, komik Jepang yang mengisahkan Joe Yabuki, anak pembuat onar memilih untuk keluar dari panti asuhan. Joe tinggal di tempat kumuh dan bertemu dengan seorang mantan petinju bernama Danpei. Suatu hari Joe terkena masalah dan dijebloskan ke penjara anak. Ia dipertemukan dengan Rikiishi, seorang petinju yang mengubah hidupnya.

Monogatari Series: First Season

Monogatari Series: First Season source: giphy.com

Manga ini menceritakan tentang siswa kelas tiga SMA bernama Koyomi Araragi yang berhasil selamat dari serangan vampir. Ia terlibat dengan banyak gadis yang menjelma menjadi makhluk lain, seperti dewa, hantu, binatang mitologi, hingga roh. Pada akhirnya Koyomi Araragi berupaya membantu mereka yang memiliki permasalahan supranatural.

Made in Abyss

Made in Abyss source: giphy.com

Made in Abyss adalah kisah seri manga tentang seorang gadis bernama Riko yang bertempat tinggal di panti asuhan sekeliling gua raksasa, Abyss. Hingga suatu ketika ia menemukan robot yang menyerupai manusia dan mereka berdua menjelajahi Abyss untuk mencari ibu Riko yang hilang.

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru source: giphy.com

Oregairu, komik Jepang yang mengangkat kisah seorang anti-sosial, ia adalah Hikigaya Hachiman. Ia tidak tertarik untuk berinteraksi sama sekali. Namun kehidupannya mulai berubah ketika dipaksa bergabung dengan klub “Relawan”. Lewat klub ini Hikigaya terbiasa berinteraksi, dengan perkataannya yang straight to the point tapi terlalu pedas,.

GTO (Great Teacher Onizuka)

Great Teacher Onizuka source: giphy.com

GTO adalah manga tentang perjalanan mantan pemimpin geng motor yang berkeinginan menjadi seorang guru. Karena latar belakang Onizuka yang cukup berbeda, pola pembelajaran yang diterapkan tidak seperti guru pada umumnya. Meskipun begitu Onizuka merupakan pribadi yang bersih dan mampu mengatasi masalah dengan caranya sendiri.

Ookami to Koushinryou

Ookami to Koushinryou source: giphy.com

Ookami to Koushinryou menceritakan kisah seorang pedagang bernama Kraft Lawrence yang berpindah-pindah tempat untuk menjual dagangannya. Dari hasil dagangannya ia bertujuan ingin memiliki toko pribadi. Hingga di suatu tempat bertemu dengan gadis bernama Holo, dewa panen. Holo pun membantu Lawrence berdagang.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi Renai Zunousen

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi Renai Zunousen source: giphy.com

Komik Jepang ini menceritakan kisah asmara berlatar belakang sekolah elit yang dibalut komedi. Berawal dari ketua OSIS Miyuki Shirogane dan wakil ketua OSIS Kaguya Shinomiya yang bersaing untuk membuat satu sama lain jatuh cinta. Namun nyatanya mereka berdua malah gengsi dan jaim untuk mengungkapkan perasaannya masing-masing.

Yotsuba &!

Yotsuba To! source: giphy.com

Manga Yotsuba mengisahkan kehidupan seorang gadis kecil bernama Yotsuba Koiwai. Seperti anak kecil pada umumnya, Yotsuba merupakan anak yang periang, enerjik, dan suka bertindak semaunya. Namun yang membedakan ialah rasa penasarannya yang tinggi. Hingga perilaku konyolnya itu menimbulkan komedi yang memancing gelak tawa.

Vinland Saga

Vinland Saga source: giphy.com

Vinland Saga menceritakan aksi seorang anak Viking legendaris bernama Thorfinn. Ia diam-diam menyelinap masuk ke kapal ayahnya dan terlibat berbagai pertempuran. Namun naas menimpa, ayahnya tewas di depan Thorfinn karena dijebak untuk melindunginya. Sejak saat itu ia menjadi lebih kuat dan berupaya membalaskan dendam kematian ayahnya.

Itulah rekomendasi manga terbaik. Jangan lupa nonton animenya juga biar lebih afdal. Oh iya, enggak pernah kepikiran pengen bisa bahasa Jepang? Bayangin aja kadang manga yang kita cari enggak ada subtitle Indonesianya, anime juga harus nunggu lama versi subtitle Indonesianya turun. Yuk, gabung Cakap Japanese Club biar paham Nihongo!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google