Mengenal 4 Ucapan Selamat Datang dalam Bahasa Jepang

selamat datang bahasa jepang

Terdapat beberapa frasa khusus untuk ucapan selamat datang dalam Bahasa Jepang yakni いらっしゃいませ (irasshaimase), お帰りなさい (okaerinasai), ようこそ (youkoso), serta いらっしゃい (irasshai). 

Seluruh frasa tersebut mengandung makna yang sama, yaitu “Selamat datang”, namun dengan penggunaan yang berbeda-beda. Untuk memperluas wawasan kamu mengenai bahasa Jepang, ayo simak penjelasan mengenai ucapan selamat datang dalam Bahasa Jepang di bawah ini!

Ucapan Selamat Datang Bahasa Jepang

source: giphy.com

1. いらしゃいませ (irasshaimase)

Pada umumnya, frasa selamat datang Bahasa Jepang ini diucapkan oleh pelayan toko, dan pegawai restoran serta hotel kepada tamu yang baru masuk atau berkunjung ke tempat pelaku usaha tersebut. 

Frasa ini tidak hanya diucapkan oleh pihak pelayan, tetapi juga seringkali diucapkan oleh seluruh pekerja seperti koki atau manajer di restoran, karyawan atau buruh di pabrik, serta pegawai di kantor.

Bisa dikatakan bahwa apabila pada suatu tempat usaha tidak terdengar ucapan いらっしゃいませ (irasshaimase), maka tempat tersebut akan dianggap kurang ramah oleh pengunjung, bahkan dapat memicu prasangka negatif terhadap pengelola usaha.

Psst, Ini Cara Mudah Nonton Anime Tanpa Subtitle!

2. おかえりなさい (okaerinasai)

Frasa ini digunakan khusus untuk menyambut anggota keluarga atau siapapun yang baru pulang ke rumah. Biasanya lawan bicara akan mengucapkan ただいま (tadaima) yang artinya “aku sudah pulang”.

3. ようこそ (youkoso)

Penggunaan frasa ini lebih bersifat umum dan dapat digunakan dalam kegiatan resmi, seperti ketika berkunjung ke kantor pelayanan umum (bank, kantor pos, kantor polisi, dll.). ようこそ (youkoso) juga dapat diucapkan kepada seseorang yang baru berkunjung ke suatu daerah, maupun ketika menyambut teman yang baru tiba di bandara atau stasiun.

4. いらしゃい (irasshai)

Apabila ditelaah dari segi pengucapannya, frasa いらしゃい (irasshai) memang mendekati frasa いらっしゃいませ (irasshaimase), namun penggunaan frasa ini lebih umum atau mirip dengan ようこそ (youkoso).

いらしゃい (irasshai) biasanya digunakan oleh para pedagang yang menjual sayur, ikan, dan lain-lain di pasar. Selain itu, frasa ini juga dapat diucapkan ketika ada tamu yang berkunjung, namun pembicara haruslah memiliki hubungan dekat dengan tamu tersebut. Penggunaan frasa ini dianggap kurang sopan apabila dilakukan di kantor, restoran, atau tempat kerja lain yang bersifat formal.

Cuma Registrasi Cakap, Bisa Belajar Gratis 14 Hari!

Itu dia beberapa frasa terkait ucapan selamat datang dalam bahasa Jepang. Kamu bisa memperkaya kosakata bahasa Jepang dengan mengikuti kelas bahasa Jepang di Cakap. Kepercayaan dirimu dalam berbahasa Jepang dapat meningkat karena kamu akan dibimbing oleh para tutor yang profesional di bidangnya!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks