Huruf Hiragana Jepang dengan Tabel Huruf & Cara Menulisnya

hiragana
Hiragana: Sejarah, Penggunaan, dan Cara Menulisnya

Huruf Hiragana adalah salah satu dari tiga jenis huruf dalam sistem penulisan yang digunakan di Jepang. Menariknya, pelafalan yang ada di dalam huruf Hiragana ini tidak sama dengan alfabet yang kita gunakan dalam bahasa Indonesia. 

Sebagai pemelajar bahasa Jepang, Hiragana biasanya menjadi huruf pertama yang wajib dipelajari dan dikuasai. Oleh, karena itu, dalam artikel ini akan dibahas sedikit seluk-beluk huruf Hiragana agar kamu lebih mengenal dan menguasainya. Check it out!

Sejarah Huruf Hiragana

sejarah hiragana

 

Photo by Mikhail Nilov from Pexel

Huruf Hiragana merupakan sebuah bentuk penyederhanaan dari huruf kanji yang telah digunakan Tiongkok pada abad ke-5. Pada awal perkembangannya, huruf Hiragana tidak langsung bisa diterima oleh Jepang karena kaum elit Jepang pada masa itu menolak untuk menggunakan huruf Hiragana dan hanya mau menggunakan huruf kanji saja.

Pada masa itu kaum perempuan di Jepang tidak diperkenankan untuk mempelajari huruf kanji, maka kaum perempuan beralih untuk mempelajari huruf Hiragana. Hal itulah yang membuat huruf Hiragana menjadi populer dan dikenal sebagai Onnade, yang mana berarti huruf wanita. Meski demikian, huruf Hiragana ini mulai digunakan secara meluas pada abad ke-10 Masehi. 

Ada berapa jumlah huruf hiragana?

Meninjau sejarah, huruf hiragana dasar berjumlah 46 huruf. Sedangkan untuk huruf tentenmaru terdapat sebanyak 25 huruf. Serta terakhir jumlah huruf hiragana campuran ada 33 huruf. Sehingga total terdapat 104 huruf hiragana yang terdiri dari huruf dasar, tenten maru, dan hiragana campuran. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ambil Tesnya Yuk!

Penggunaan Huruf Hiragana

penggunaan hiragana

 

Photo by RODNAE Productions

Huruf Hiragana saat ini digunakan secara luas dalam sistem penulisan bahasa Jepang yang seringkali berhubungan atau menjadi bagian dari huruf kanji. Beberapa penggunaannya adalah sebagai berikut: 

  • Penulisan akhiran suatu kata atau biasa disebut sebagai okurigana. Misalnya pada kata taberu (makan): 食べる, di mana べる adalah okurigana. 
  • Penulisan teks kecil di atas suatu kanji yang merupakan cara bacanya atau disebut sebagai furigana. Misalnya 逃げる (nigeru) di mana ada tulisan に (ni) kecil di atas kanjinya. 
  • Penulisan kata keterangan, kata benda, dan kata sifat.
  • Penulisan kata yang kanjinya jarang digunakan atau tidak diketahui. 
  • Penulisan dalam bacaan anak-anak, mulai dari buku teks, hingga komik. 

Karena merupakan huruf, Hiragana tidak digunakan untuk penulisan angka, tetapi bisa dipakai untuk menulis cara membaca angka. Misalnya angka satu ditulis dengan kanji 一 yang dibaca いち (ichi). 

Tabel Huruf Hiragana

Beberapa huruf Hiragana memiliki bentuk dasar yang dapat berubah dengan penambahan tanda tertentu. Oleh karena itu, terkadang ada yang mengelompokkan huruf Hiragana menjadi dakuon, handakuon, dan youon

  • Dakuon: huruf Hiragana dengan penambahan tanda tenten atau dakuten (゛).
  • Handakuon: Huruf Hiragana dengan penambahan tanda maru atau handakuten (゜).
  • Youon: Huruf Hiragana yang penulisannya digabung (や、ゆ、よ) yang ditulis lebih kecil. 

Agar kamu memiliki gambaran lebih jelas mengenai huruf Hiragana, kamu dapat melihat tabel berikut ini: 

Hiragana

Pelafalan

Hiragana

Pelafalan

A

Ze

I

Zo

O

じゃ

Ja

E

じゅ

Ju

O

じょ

Jo

Ka

Da

Ki

(ji)

Ta

びゅ

Byu

Chi

びょ

Byo

Tsu

pa

Te

ぴゃ

pya

To

Shi

ちゃ

Cha

Su

ちゅ

Chu

Se

ちょ

Cho

So

Na

しゃ

Sha

Ni

しゅ

Shu

Nu

しょ

Sho

ne

Hi

No

Yu

にゃ

Nya

Yo

にゅ

Nyu

Ra

にょ

nyo

Ti

Ga

Ru

Gi

Re

Gu

Ro

Ge

りゃ

Rya

Go

りゅ

Ryu

ぎゃ

Gya

りょ

Ryo

ぎゅ

Gyu

Wa

ぎょ

Gyo

Wi

Za

We

Be

Wo

Bo

N

びゃ

bya

(zu)

po

De

ぴょ

pyo

Ma

Ku

Mi

Ke

Mu

Ko

Me

きゃ

Kya

Mo

きゅ

Kyu

みゃ

Mya

きょ

Kyo

みゅ

Myu

Sa

みょ

Myo

Ha

ya

Hu

Ji

He

Zu

Ho

ひゅ

Hyu

ひゃ

Hya

ひょ

Hyo

 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Cara Menulis Huruf Hiragana

Seperti disebutkan sebelumnya, ketepatan urutan dan cara menulis huruf Hiragana sangatlah penting karena akan mempengaruhi bentuk huruf itu sendiri. Secara umum, ada empat arah goresan dalam penulisan huruf Hiragana, yaitu: 

  • Dari atas ke bawah, contoh: huruf い (i) dan く(ku)
  • Dari kiri ke kanan, contoh: huruf こ (ko) dan つ (tsu)
  • Dari horizontal ke vertikal, contoh: huruf ま (ma) dan き (ki)
  • Arah jarum jam, contoh: huruf あ (a) dan お (o)

Sebagai catatan, aturan arah penarikan garis ini juga berlaku bagi huruf yang terdiri lebih dari satu goresan. Misalnya pada huruf は (ha) di mana garis vertikal di kanan ditulis lebih dulu, baru kemudian garis horizontal pada bagian di sebelahnya. Selanjutnya, garis melengkung searah jarum jam ditulis paling akhir. 

Perhatikan tabel berikut untuk melihat arah dan cara penulisan masing-masing huruf Hiragana:

tutorial cara menulis hiragana

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui ketika ingin mempelajari huruf Jepang Hiragana. Perlu diingat bahwa hal terpenting adalah berlatih menulis dengan benar, bukan berlatih sebanyak-banyaknya. Bila perlu, kamu bisa menggunakan buku khusus untuk berlatih menulis Hiragana. Selamat mencoba!

Bagi kamu yang tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa Jepang, kamu bisa mengambil les bahasa Jepang online di Cakap, lho. Tersedia pilihan kelas private dan semi-private bagi kamu yang ingin belajar sendiri, maupun dalam kelompok kecil. Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat