Mengenal Huruf Kanji, Penggunaan, dan Contohnya

huruf kanji
Mengenal Huruf Kanji, Penggunaan, dan Contohnya

Seperti diketahui, Jepang memiliki tiga jenis aksara yang berlaku dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu kanji, hiragana, dan katakana. Ketiga huruf ini memiliki kegunaan masing-masing lengkap dengan segala keunikannya. 

Huruf kanji adalah aksara yang diadaptasi dari huruf hanzi yang berasal dari Tiongkok. Keduanya sama-sama huruf yang terinspirasi dari lukisan alam sehingga sering dianggap rumit oleh sebagian orang. Kali ini kita bahas huruf kanji, yuk! 

Apa Itu Huruf Kanji

apa itu kanji
Photo by otakphoto from Pixabay

Berbeda dengan huruf alfabet, kanji bukanlah gambaran satu huruf melainkan karakter yang memiliki makna dan cara baca tertentu. Jadi, kamu tidak bisa mencari kanji untuk mewakili atau menggantikan huruf alfabet a-z, karena sistemnya berbeda. 

Sebagian besar huruf kanji sendiri ada yang memang berasal dari hanzi Tiongkok, tetapi ada pula yang asli dari Jepang yang disebut 国字 atau kokuji. Jika digabung, kanji yang ada di Jepang jumlahnya bisa mencapai 50 ribu kanji, meskipun tidak semuanya digunakan sehari-hari. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Fungsi dan Penggunaan Huruf Kanji

fungsi dan penggunaan kanji
Photo by Chibimundo from Pixabay

Huruf kanji digunakan secara umum dalam kata-kata bahasa Jepang, termasuk untuk hal-hal berikut ini: 

  • Sebagian besar kata benda, misalnya 山 (yama, “gunung”), 電車 (densha, “kereta listrik”)
  • Bagian utama pada sebagian besar kata kerja dan kata sifat, misalnya 聞 pada 聞く (kiku, “mendengar”) dan 赤 pada 赤い (akai, “merah”). 
  • Bagian utama pada sebagian besar kata keterangan, misalnya 速 in 速く (haya-ku, “dengan cepat”) dan 上手に (jouzu-ni, “dengan baik”). 
  • Nama orang Jepang dan nama tempat di Jepang, misalnya 前田 (Maeda) dan 京都 (Kyoto)

Cara Membaca dan Menulis Huruf Kanji

cara baca dan menulis kanji
Photo by Antranias from Pixabay

Setiap huruf kanji memiliki bentuk dan jumlah goresan yang unik sehingga terlihat sangat berseni dan filosofis. Menariknya, setiap goresan pada kanji pun memiliki urutan dan arah yang berbeda sehingga mengharuskan kita untuk menulis sesuai dengan urutan dan cara yang benar. 

Selain itu, cara baca kanji pun terbilang unik karena terdiri dari cara baca Tiongkok yang disebut onyomi dan cara baca Jepang yang disebut kunyomi. Jadi, satu karakter kanji bisa saja dibaca dengan cara yang berbeda tergantung letak huruf dan konteks penggunaannya.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Contoh Huruf Kanji

Contoh paling sederhana dari penggunaan kanji adalah pada nama hari bahasa Jepang. Di mana setiap hari menggunakan kanji tertentu sebagai berikut:

Kanji Nama kanji/makna Kunyomi Onyomi
Matahari hi, -bi, -ka nichi, jistu
Bulan tsuki getsu, gatsu
Api hi, -bi, ho- ka
水  Air  mizu, mizu- sui
木  Pohon/kayu ki, go- boku, moku
Emas kane, kane-,  -gane kin, kon, gon
Tanah tsuci do, to

Contoh penggunaan: 

  • 日曜日 (nichiyoubi, “Minggu”)
  • 月曜日 (getsuyoubi, “Senin”)
  • 火曜日 (kayoubi, “Selasa”)
  • 水曜日 (suiyoubi, “Rabu”)
  • 木曜日 (mokuyoubi, “Kamis”)
  • 金曜日 (kinyoubi, “Jumat”
  • 土曜日 (doyoubi, “Sabtu”)

Nah, itulah pembahasan mengenai kanji bahasa Jepang pada artikel kali ini. Meskipun sekilas tampak sulit, keunikan kanji menjadi daya tarik tersendiri bagi pemelajar bahasa Jepang di seluruh dunia. Pembelajaran kanji pun sudah disesuaikan dengan tingkatan level JLPT yang kamu kuasai, sehingga tidak perlu menghafal secara random. 

Kamu bisa banget perlahan menghafal dan menggunakan kanji sembari mempelajari bahasa Jepang di les bahasa Jepang online Cakap, lho! Selain pembelajaran yang menyesuaikan tingkat kemampuan, kamu juga bisa memilih sendiri jadwal kelas dan juga sensei yang akan mengajarmu. Yuk, download aplikasinya dan daftar kursus di Cakap, sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Exclusive E-Book Bahasa Jepang Untuk Sobat Cakap, GRATIS!

Ingin Belajar Hiragana dan Katakana? Kami sediakan e-book panduan lengkapnya di sini. Kamu bisa dapatkan dengan satu langkah mudah!

      #SiapaCakapDiaDapat