Apa Bedanya Huruf Kanji dan Hanzi?

Apa Bedanya Huruf Kanji dan Hanzi?
https://unsplash.com/photos/LWhdzPZ1RGM

Seperti yang telah diketahui, bahasa Mandarin dan Jepang memiliki aksara yang berbeda dengan kebanyakan bahasa lainnya. Bahasa Mandarin dan bahasa Jepang tidak menggunakan aksara latin seperti bahasa Indonesia, maka dari itu sebagian di antara kamu mungkin sedikit kaget ketika menghadapi aksara yang berbeda tersebut.

Bagi kamu yang sudah belajar bahasa Jepang atau Mandarin, kamu pasti tahu tentang aksara Kanji dan Hanzi. Namun, pernahkah kamu menyadari bahwa aksara Kanji dan Hanzi dalam bahasa Mandarin terlihat sangat mirip dan bahkan sama? Namun secara pengucapan memang berbeda. Lalu apa perbedaan antara Kanji dan Hanzi? Simak pembahasannya di sini!

Perbedaan Hanzi dengan Kanji

Perbedaan #1

Perbedaan pertama tertelak pada pengucapannya. Jelas bahasa Mandarin dan bahasa Jepang memiliki sistem pengucapan dan pelafalan yang berbeda. Meskipun sistem penulisan yang sama (atau paling tidak sangat mirip antara satu sama lain), hanzi dan kanji melayani bahasa yang sama sekali berbeda. Karena itu, pelafalan hanzi dalam bahasa Mandarin biasanya sangat berbeda dengan pelafalan bahasa Jepang yang setara dengan kanji walau kadang-kadang pengucapannya agak mirip.

Ini sebenarnya meluas lebih jauh dari sekedar bahasa Madarin dan Jepang. Bahasa Korea juga menggunakan karakter Hanzi dan menyebutnya dengan hanja (한자), pengucapannya pun agak berbeda. Selain itu, beragam dialek dan kelompok bahasa Cina juga dapat ditulis menggunakan hanzi, meskipun memiliki pengucapan yang sangat berbeda.

Contohnya, karakter 誠, dalam bahasa Mandarin dibaca “chéng” tapi dalam bahasa Jepang dibaca “makoto” atau “sei

Perbedaan #2

Masalah hanzi dan kanji yang diucapkan berbeda tidak begitu mencolok ketika kamu kembali dalam sejarah. Bahasa Mandarin modern secara linguistik adalah hal yang baru dan pelafalannya bisa sangat berbeda dengan pelafalan ke bahasa Cina di masa lalu dan ke bahasa/dialek Cina lainnya.

Hanzi yang dahulu digunakan berbeda dengan yang modern. Saat ini, hanzi yang digunakan untuk bahasa Mandarin cederung hanzi yang disederhanakan. Dahulu, orang-orang Tiongkok menggunakan hanzi tradisional dan saat ini, hanzi tradisional dipergunakan tidak sesering dahulu. Aksara Kanji yang digunakan dalam bahasa Jepang lebih mirip dengan aksara hanzi tradisional.

Belajar Bahasa Jepang Lebih Mudah di Cakap. Ayo Daftar Cakap!

Perbedaan #3

Banyak orang Jepang berpikir ketika bepergian ke daerah berbahasa Cina bahwa bahkan jika mereka tidak berbicara bahasa Cina, mereka mungkin dapat bertahan jika berkomunikasi dengan menulis. 20-30% dari kanji yang digunakan memiliki arti yang berbeda dalam bahasa Jepang dan Cina. Apa yang akan terjadi jika kamu menulis suatu kata dalam aksara kanji namun ternyata memiliki arti yang berseberangan dengan hanzi bahasa Cina? Tentu respon yang kamu dapat tidak akan sesuai dengan harapanmu.

Perbedaan #4

Tidak hanya hanzi dalam bahasa Mandarin tapi aksara dalam bahasa Jepang pun mengalami penyederhanaan. Penyederhanaan itulah yang menjadikan aksara Hiragana dan Katakana hadir. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang belajar bahasa Jepang atau bahasa Mandarin karena kamu akan menemukan berbagai variasi aksara.

Kamu tidak perlu takut karena semua membutuhkan proses untuk menuju tingkat fasih. Yang terpenting adalah rajin belajar dan berlatih. Membaca buku teks saja memang tidak cukup, apalagi bila tidak dibimbing, maka dari itu aplikasi Cakap hadir untuk membantumu belajar bahasa Mandarin dan bahasa Jepang.

Kamu cukup mengunduh aplikasi Cakap melalui App Store atau Play Store dan kamu bisa kursus bahasa Jepang atau Mandarin online. Kamu pun tidak perlu khawatir jika tidak ada teman berlatih karena Cakap memiliki fitur baru bernama Cakap Live. Dengan Cakap Live, kamu dapat berdiskusi online dengan pelajar bahasa asing lainnya dan didampingi oleh pengajar profesional yang juga merupakan penutur asli dari bahasa tersebut. Selamat belajar, sobat Cakap!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat

      Tips & Trik E-Book

      Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

      Faktanya China merupakan:

        Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

          Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

          #SiapaCakapDiaDapat