Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula dengan Mudah

Ini Dia Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula
Photo by Imansyah Muhamad Putera on Unsplash

Bagi sebagian orang, belajar bahasa Mandarin memang bukanlah hal yang mudah. Bahasa Mandarin memiliki cara pelafalan dan penulisan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir karena Cakap akan membantumu agar kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan lebih mudah.

Kamu tidak perlu takut lagi karena merasa bahwa belajar bahasa Mandarin itu terlalu sulit. Di sini, Cakap akan memberitahumu cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Mulai dari pengetahuan dasar apa saja yang harus dipersiapkan hingga cara cepat belajar bahasa Mandarin. Berikut ulasannya!

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Berikut ini beberapa cara jitu belajar bahasa Mandarin untuk pemula yang bisa kamu lakukan untuk mengasah skill bahasa Mandarinmu:

(1) Pelajari Hanyu Pinyin

Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音) atau sering disingkat sebagai Pīnyīn , secara harfiah berarti “bunyi bersama bahasa”.  Pīnyīn dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Romanisasi adalah pengalihan aksara (huruf) dari yang non-latin menjadi huruf latin.

Nah, salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mempelajari Pīnyīn. Selain sebagai bentuk romanisasi, Pīnyīn juga merupakan salah satu bentuk penyederhanaan, karena jika kamu belajar bahasa Mandarin untuk pemula di tempat seperti Taiwan, belum tentu akan  mendapatkan pelajaran tentang Pīnyīn.

Pīnyīn juga digunakan untuk membantumu melafalkan intonasi yang ada di huruf Mandarin. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melafalkan huruf Mandarin bagi kamu yang masih belajar bahasa Mandarin dasar.

(2) Pelajari Intonasi dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki empat jenis intonasi. Keempat jenis intonasi tersebut dapat menentukan arti dari suatu kata. Hal ini mungkin agak membingungkan bagi kamu yang belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Intonasi dari pelafalan yang diucapkan dalam bahasa Mandarin memberikan arti tersendiri bagi setiap huruf.

Banyak yang beranggapan bahwa mempelajari intonasi bahasa Mandarin merupakan hal yang sulit padahal bila kamu sering mendengarkan percakapan bahasa Mandarin, ini dapat mempermudah dan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar.

Dalam bahasa Mandarin terdapat empat jenis intonasi, yaitu:

  1. Intonasi datar (ping) –> —
  2. Intonasi naik (shang) –> /
  3. Intonasi memantul (qu) –> V
  4. Intonasi agak menghentak (ru) –>

Nah, inilah mengapa intonasi sangatlah penting dalam berbahasa Mandarin. Satu kata yang sama dalam bahasa Mandarin dapat memiliki arti yang berbeda jika diucapkan dengan intonasi yang berbeda pula.

Contoh:

  • “Kalajengking” dalam bahasa Mandarin adalah xiē zi dan untuk “sepatu” adalah xié zi
  • “Bertanya” dalam bahasa Mandarin adalah wèn dan “mencium” dalam bahasa Mandarin adalah wěn.

Bila kamu  merasa bingung, kamu bisa belajar bahasa Mandarin online di Cakap karena Cakap akan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula dengan tim pengajar langsung dari Beijing.

Tambah Skill di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

(3) Sering Mendengarkan Bahasa Mandarin

Salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mendengarkan bahasa Mandarin. Kamu bisa mendengar lagu bahasa Mandarin, film bahasa Mandarin, atau mendengarkan percakapan bahasa Mandarin.

Hal ini dilakukan guna membiasakanmu dengan bahasa Mandarin. Agar kamu semakin familiar, sehingga ini akan memudahkanmu dalam belajar bahasa Mandarin. Kamu juga akan terbiasa dengan intonasi bahasa Mandarin sehingga kamu pun dapat lebih memahaminya.

(4) Melatih Menulis Tulisan Bahasa Mandarin

Setelah mempelajari tentang bagaimana kamu mendengarkan bahasa mandarin, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melatih kemampuan menulis dalam bahasa Mandarin. Latihan menulis huruf Mandarin ini dapat dilakukan setiap hari, lalu tidak lupa untuk dihafalkan arti dan juga bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat dalam bahasa mandarin.

Yuk, kita lihat beberapa dasar dari huruf Hanzi!

Huruf Konsonan

Huruf Hanzi

Pelafalan

B

P

M

F

D

T

N

L

G

H

Hǎo

Sh

Shí

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi artikel mengenal huruf-huruf bahasa Mandarin.

Gabung ke Cakap Club dan Belajar Bahasa 14 hari secara GRATIS!

(5) Hafalkan Kosakata-Kosakata Dasar

Cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula yang satu ini masih satu line dengan cara sebelumnya. Ketika kamu belajar menulis bahasa Mandarin, kamu juga bisa sambil menghafal kosakata-kosakata dasar.

Jika dihitung dengan matematika, apabila dalam satu hari ini kamu bisa setidaknya konsisten dalam mempelajar dan juga menguasai 5-10 kata dalam bahasa Mandarin, maka dalam satu bulan kamu akan dengan mudah mampu menguasai sekitar 150-300 kata dalam bahasa Mandarin.

Kemudian setelah itu, apabila dalam jangka waktu 3 bulan terus dilakukan dan dilatih secara konsisten, maka kamu akan dapat menguasai 450- 900 kata bahasa Mandarin. Sederhana, kan? Hanya dengan menguasai 5-10 kata saja dalam bahasa Mandarin setiap harinya, lambat laun kamu akan dapat menguasai bahasa Mandarin dengan baik.

Apa saja sih kosakata dasar yang bisa mulai kamu hafalkan? Kamu bisa mulai menghafal dari kosakata-kosakata yang penting dan sering digunakan, seperti berikut:

Kosakata sapaan dalam bahasa Mandarin

  • Halo → 你好 (Nǐ hǎo)
  • Apa kabar → 你好吗 (Nǐ hǎo ma?)
  • Selamat datang → 欢迎 (Huān yíng)
  • Selamat pagi → 你早 (Nĭ zăo)

Kosakata hobi dalam bahasa Mandarin

  • Menyanyi → 唱歌 (chànggē)
  • Menonton film → 看电影 (kàndiànyǐng) 
  • Fotografi → 摄影 (shèyǐng) 
  • Jalan-jalan → 旅行 (lǚ xíng) 

Kosakata tentang cuaca dalam bahasa Mandarin

  • Hujan → 下雨 (xià yǔ) 
  • Cerah → 晴天 (qíngtiān)
  • Berawan → 多云 (duōyún) 
  • Mendung → 阴天 (yīntiān)

Kosakata mata uang dalam bahasa Mandarin

  • Yuan → yuán (元) 
  • dolar/yuan dalam nilai satuan →  块 (kuài)
  • Sepuluh yuan → 十块 (Shí kuài) 

Biar makin jago, yuk baca juga kosakata bahasa Mandarin.

(6) Berlatih Perkenalan Diri dalam Bahasa Mandarin

Ketika belajar bahasa, hal paling penting yang nggak boleh dilewatin adalah belajar bagaimana mengenalkan diri dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa mulai dengan menghafal kosakata yang berkaitan dengan perkenalan diri. Misalnya:

  • Nama saya adalah →  我的名字是…。 (Wǒ de míngzi shì …)
  • Saya berasal dari … → 我来自 …。 (Wǒ lái zì …) 
  • Saya berusia 18 tahun → 我今年18岁。(Wǒ jīnnián 18 suì)
  • Saya bekerja di Shanghai → 我在上海工作。(Wǒ zài shànghǎi gōngzuò)

Cek contoh kosakata dan kalimat lengkapnya dalam artikel perkenalan diri bahasa Mandarin.

(7) Gunakan Bahasa Mandarin dalam Kehidupan Sehari-hari

Selanjutnya, untuk cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula yang dapat dilakukan setelah rentetan banyak cara yang telah dijabarkan di atas, maka salah satu cara penting untuk dilakukan adalah dengan menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah, mungkin ini cukup terdengar aneh atau tidak terlalu umum Kamu tinggal dan hidup di Indonesia, tapi diminta untuk mengucapkan kalimat dengan menggunakan dalam bahasa Mandarin. Agar menjadi tidak terlalu aneh, kamu bisa berbincang dengan teman di dunia maya dalam bahasa Mandarin.

Kamu bisa memanfaatkan teknologi video call atau sekedar berbincang via voice chat dengan teman-teman yang juga berbahasa Mandarin.

Sebagai permulaan, kamu juga bisa banget lho belajar sedikit-sedikit tentang percakapan sederhana, seperti:

  • Percakapan bahasa Mandarin untuk menanyakan sesuatu
  • Percakapan bahasa Mandarin saat menanyakan nama
  • Percakapan bahasa Mandarin menanyakan hari
  • Percakapan bahasa Mandarin menanyakan hobi
  • Percakapan bahasa Mandarin di restoran, dll

Semua contoh percakapan di atas bisa kamu pelajari di artikel kumpulan contoh percakapan bahasa Mandarin sehari-hari.

(8) Mengikuti Kursus Bahasa Mandarin Online

aplikasi belajar bahasa mandarin

Terakhir, cara yang dapat dilakukan untuk pemula adalah belajar bahasa mandarin online. Kenapa harus online? Cakap tahu kalau kamu memiliki segudang kesibukan, jangankan kursus bahasa Mandarin, pulang ke rumah sehabis kerja pun sulit. Belum lagi kalau kamu masih harus terjebak macet.

Pilihannya, belajar bahasa Mandarin di akhir pekan atau belajar bahasa Mandarin online. Namun, siapa sih yang mau akhir pekannya diganggu? Apalagi kalau kamu harus bangun pagi untuk pergi ke tempat les.

Dengan Cakap, kamu bisa belajar bahasa Mandarin online kapan pun dan di mana pun karena Cakap hadir juga di smartphone-mu. Lebih mudah kan? Satu  lagi alasan mengapa kamu harus belajar bahasa Mandarin online di Cakap. Kamu bisa mengatur jadwal belajarmu sendiri. Wah, sangat mudah dan praktis kan?

Oke, cara-cara belajar bahasa mandarin untuk pemula sudah dijabarkan dengan sangat detail di atas. Selanjutnya, kamu bisa mempelajari materi-materi berikut untuk memperkaya belajar bahasa Mandarin. 

Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula dari Nol

  1. Cara Mulai Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula yang Mudah
  2. Kumpulan Kosakata Bahasa Mandarin dan Artinya [Lengkap]
  3. Belajar Huruf Bahasa Mandarin untuk Pemula
  4. Mengenal Pinyin dan Nada dalam Bahasa Mandarin
  5. Cara Perkenalan Diri Bahasa Mandarin dan Artinya
  6. Kumpulan Angka dalam Bahasa Mandarin
  7. Belajar Pola Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin
Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat