Ini Dia Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula

Ini Dia Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula

Bagi sebagian orang, belajar bahasa Mandarin memang bukanlah hal yang udah. Bahasa Mandarin memiiliki cara pelafalan dan penulisan huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Sebagai pemula, kamu tidak perlu khawatir karena Cakap akan membantumu agar kamu bisa belajar bahasa Mandarin dengan lebih mudah.

Kamu tidak perlu takut lagi karena merasa bahawa belajar bahasa Mandarin itu terlalu sulit. Di sini, Cakap akan memberitahumu cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Mulai dari pengetahuan dasar apa saja yang harus dipersiapkan hingga cara cepat belajar bahasa Mandarin. Berikut ulasannya!

Belajar Bahasa Mandarin Untuk Pemula

Pelajari Hanyu Pinyin

Ini Dia Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula
sumber: giphy

Hànyǔ Pīnyīn (汉语拼音) atau sering disingkat sebagai Pīnyīn , secara harafiah berarti “bunyi bersama bahasa”.  Pīnyīn dalam bahasa Mandarin merupakan sebuah sistem romanisasi untuk bahasa Mandarin yang digunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Romanisasi adalah pengalihan aksara (huruf) dari yang non-latin menjadi huruf latin.

Nah, salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mempelajari Pīnyīn. Selain sebagai bentuk romanisasi, Pīnyīn jugamerupakan salah satu bentuk penyederhanaan, karena jika kamu belajar bahasa Mandarin untuk pemula di tempat seperti Taiwan, belum tentu akan  mendapatkan pelajaran tentang Pīnyīn.

Pīnyīn juga digunakan untuk membantumu melafalkan intonsi yang ada di huruf Mandarin. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melafalkan huruf Mandarin bagi kamu yang masih belajar bahasa Mandarin dasar.

Pelajari Intonasi dalam Bahasa Mandarin

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah
sumber: giphy

Bahasa Mandarin memiliki empat jenis intonasi. Keempat jenis intonasi tersebut dapat menentukan arti dari suatu kata. Hal ini mungkin agak membingungkan bagi kamu yang belajar bahasa Mandarin untuk pemula. Intonasi dari pelafalan yang diucapkan dalam bahasa Mandarin memberikan arti tersendiri bagi setiap huruf.

Banyak yang beranggapan bahwa mepelajari intonasi bahasa Mandarin merupakan hal yang sulit padahal bila kamu sering mendengarkan percakapan bahasa Mandarin, ini dapat mempermudah dan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar.

Dalam bahasa Mandarin terdapat empat jenis intonasi, yaitu:

  1. Intonasi datar (ping) –> —
  2. Intonasi naik (shang) –> /
  3. Intonasi memantul (qu) –> V
  4. Intonasi agak menghentak (ru) –>

Nah, inilah mengapa intonasi sangatlah penting dalam berbahasa Mandarin. Satu kata yang sama dalam bahasa Mandarin dapat memiliki arti yang berbeda jika diucapkan dengan intonasi yang berbeda pula.

Contoh:

  • “Kalajengking” dalam bahasa Mandarin adalah xiē zi dan untuk “sepatu” adalah xié zi
  • “Bertanya” dalam bahasa Mandarin adalah wèn dan “mencium” dalam bahasa Mandarin adalah wěn.

Bila kamu  merasa bingung, kamu bisa belajar bahasa Mandarin online di Cakap karena Cakap akan membantumu belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula dengan tim pengajar langsung dari Beijing.

Sering Mendengarkan Bahasa Mandarin

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah
sumber: giphy

Salah satu cara belajar bahasa Mandarin dasar untuk pemula adalah dengan mendengarkan bahasa Mandarin. Kamu bisa mendengar lagu bahasa Mandarin, film bahasa Mandarin, atau mendengarkan percakapan bahasa Mandarin.

Hal ini dilakukan guna membiasakanmu dengan bahasa Mandarin. Agar kamu semakin familiar, sehingga ini akan memudahakanmu dalam belajar bahasa Mandarin. Kamu juga akan terbiasa dengan intonasi bahasa Mandarin sehingga kamupun dapat lebih memahaminya.

Melatih Menulis Tulisan bahasa Mandarin

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah
sumber: giphy

Setelah mempelajari tentang bagaimana kamu mendengarkan bahasa mandarin, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melatih kemampuan menulis dalam bahasa Mandarin. Latihan menulis huruf Mandarin ini dapat dilakukan setiap hari, lalu tidak lupa untuk dihafalkan arti dan juga bagaimana penggunaannya dalam setiap kalimat dalam bahasa mandarin.

Jika dihitung dengan matematika, apabila dalam satu hari ini kamu bisa setidaknya konsisten dalam mempelajar dan juga menguasai 5-10 kata dalam bahasa Mandarin, maka dalam satu bulan kamu akan dengan mudah mampu menguasai sekitar 150-300 kata dalam bahasa Mandarin.

Kemudian setelah itu, apabila dalam jangka waktu 3 bulan terus dilakukan dan dilatih secara konsisten, maka kamu akan dapat menguasai 450- 900 kata bahasa Mandarin. Sederhana, kan? Hanya dengan menguasai 5-10 kata saja dalam bahasa Mandarin setiap harinya, lambat laun kamu akan dapat menguasai bahasa Mandarin dengan baik.

Gunakan Bahasa Mandarin dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah
sumber: giphy

Selanjutnya, untuk cara belajar bahasa Mandarin untuk pemula yang dapat dilakukan setelah rentetan banyak cara yang telah dijabarkan di atas, maka salah satu cara penting untuk dilakukan adalah dengan menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah, mungkin ini cukup terdengar aneh atau bagaimana ya. Kamu tinggal dan hidup di Indonesia tapi diminta untuk mengucapkan kalimat dengan menggunakan dalam bahasa Mandarin. Iya, memang aneh.

Agar menjadi tidak terlalu aneh, kamu bisa berbincang dengan teman di dunia maya dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa memanfaatkan teknologi video call atau sekedar berbincang via voice chat dengan teman-teman yang juga berbahasa Mandarin.

Ya, pada dasarnya, dengan menggunakan bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari, maka itu berarti kita melatih otot-ototmu agar terbiasa dalam memproduksi setiap kata-kata dalam bahasa Mandarin tersebut, karena bagaimana mungkin kamu bisa mengucapkan kalimat berbahasa Mandarin kalau kamu sama sekali tidak pernah mengucapkannya?

Kursus Bahasa Mandarin Online

Cara Belajar Bahasa Mandarin untuk Pemula Cepat dan Mudah
sumber: giphy

Terakhir, cara yang dapat dilakukan untuk pemula adalah belajar bahasa mandarin online. Kenapa harus online? Cakap tahu kalau kamu memiliki segudang kesibukan, jangankan kursus bahasa Mandarin, pulang ke rumah sehabis kerja pun sulit. Belum lagi kalau kamu masih harus terjebak macet.

Pilihannya, belajar bahasa Mandarin di akhir pekan atau belajar bahasa Mandarin online. Namun, siapa sih yang mau akhir pekannya diganggu? Apalagi kalau kamu harus bangun pagi untuk pergi ke tempat les.

Dengan Cakap, kamu bisa belajar bahasa Mandarin online kapanpun dan di manapun karena Cakap hadir juga di smartphone-mu. Lebih mudah kan? Satu  lagi alasan mengapa kamu harus belajar bahasa Mandarin online di Cakap. Kamu bisa mengatur jadwal belajarmu sendiri. Wah, sangat mudah dan praktis kan?

Oke, cara-cara belajar bahasa mandarin untuk pemula sudah dijabarkan dengan sangat detail di atas. Selanjutnya, memang setiap orang itu memiliki preferensi atau kesukaan sendiri-sendiri dalam mempelajari suatu hal salah satunya adalah bahasa mandarin ini. Kemudian, kami disini hanya bisa memberikan informasi dan juga cara-cara mengenai belajar bahasa mandarin untuk pemula.

Oleh karena itu, setelah informasi ini dibagikan, semua hanya tinggal tergantung dari masing-masing orangnya saja. Mau berkembang dengan belajar? atau tetap begitu-begitu saja dengan bersantai? Semua memang butuh pengorbanan, kawan.

Ingin jago bahasa Mandarin? di Cakap aja. Belajar mudah, kursus bahasa Mandarin online dengan metode 1-on-1. Daftar sekarang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google