10 Rekomendasi Lagu Mandarin Lama yang Enak Didengar

lagu mandarin lama yang enak didengar

Lagu-lagu berbahasa Mandarin atau Mando-Pop tidak kalah menarik dibandingkan lagu-lagu K-Pop atau J-Pop, lho, Sobat Cakap. Setelah membahas tentang lagu Mandarin yang populer di YouTube, sekarang Cakap akan merekomendasikan lagu Mandarin lama yang enak didengar. Lagu-lagu ini berkisar antara tahun 1970-an hingga awal 2000-an, jadi Sobat Cakap yang suka lagu-lagu lama wajib banget dengerin lagunya, nih! 

Table of Contents

月亮代表我的心 (The Moon Represents My Heart) – Teresa Teng

Lagu 月亮代表我的心 (Yuè Liang Dài Biǎo Wǒ De Xīn) yang dinyanyikan oleh Teresa Teng adalah salah satu lagu Mandarin paling populer sepanjang masa. Lagu ini dirilis pada tahun 1977 dan menjadi sangat populer di kawasan berbahasa Mandarin. 

Lagu ini memiliki melodi yang catchy dan lirik yang sederhana namun romantis. Lagu ini bercerita tentang seorang gadis yang ingin menunjukkan cintanya kepada kekasihnya melalui bulan. 

吻别 (Kiss Goodbye) – Jacky Cheung

Rilis pada tahun 1993, lagu ini merupakan lagu bahasa Mandarin populer yang dibawakan oleh penyanyi Hong Kong Jacky Cheung. Saking populernya, Wěnbié bahkan dibuat versi bahasa Inggrisnya oleh band Michael Learns to Rock dengan judul “Take Me to Your Heart” pada tahun 2003. 

吻别 (Wěnbié) sendiri berarti “Kiss Goodbye” dalam bahasa Mandarin. Lagu ini menggambarkan perasaan perpisahan dan kehilangan cinta yang mendalam. Liriknya penuh dengan emosi dan nostalgia, sehingga tidak hanya enak didengar, namun juga menyentuh. 

我願意 (I am Willing) – Faye Wong

Bicara tentang lagu Mandarin, belum lengkap jika belum memasukkan salah satu diva asal Hong Kong, yaitu Faye Wong. Ia dikenal dengan banyak lagu populer termasuk lagu tema Final Fantasy VIII berjudul “Eyes on Me” pada tahun 1999. 

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Wǒ Yuànyì yang berarti “I’m willing” sendiri dirilis pada tahun 1994, sebagai lagu pertama dalam album Mystery. Lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang sedang merindukan sang kekasih dan menyatakan bahwa ia bersedia melakukan apapun demi kekasihnya tersebut. 

朋友 (Friends) – Emil Chau

Berkisah tentang kenangan masa muda bersama mereka yang selalu ada, lagu ini cocok untuk dinyanyikan bersama teman-teman di karaoke, lho, Sobat Cakap. Péng Yǒu juga sering disebut sebagai lagu wajib perpisahan sekolah karena temanya yang cocok dengan persahabatan. 

Dibawakan oleh Emil Chau, lagu ini dirilis pada tahun 1997 dan telah menjadi salah satu lagu berbahasa Mandarin favorit banyak orang hingga sekarang. Emil Chau sendiri adalah penyanyi berkebangsaan Taiwan yang sudah produktif berkarya sejak tahun 1980-an. 

當 (When) – Power Station

 動力火車 (Dònglì Huǒchē) atau Power Station dikenal karena gaya musik rock mereka dan vokalis utamanya yang kuat, Yen Chih-lin. Mereka telah merilis banyak lagu populer selama beberapa dekade dan masih memiliki penggemar yang setia hingga saat ini. 

Rilis pada tahun 1998, lagu Dāng (當) sendiri berkisah tentang seseorang yang menyampaikan seberapa berharganya sang kekasih dalam hidupnya. Ia mengajak wanitanya untuk selalu bersama menikmati masa muda dan tidak berpisah apapun yang terjadi. 

普通朋友 (Just Friends) – David Tao

David Tao dikenal dengan genre musiknya yaitu R&B. Salah satu lagu populer miliknya adalah Pǔ Tōng Péng Yǒu atau “Just Friends” yang dirilis pada tahun 1999 dalam album I’m OK. Dengan genre R&B, lagu ini memiliki kesan yang manis sehingga enak didengar. 

Pǔ Tōng Péng Yǒu bercerita tentang kesedihan seorang laki-laki yang mencintai seorang perempuan yang hanya melihatnya sebagai seorang teman. Meskipun ia menghargai kejujuran wanita tersebut, ia tidak bisa menjadi hanya teman biasa untuknya. 

最熟悉的陌生人 (The Most Familiar Stranger) – Elva Hsiao

Lagu Mandarin yang satu ini juga nggak kalah enak didengar, nih. Rilis pada tahun 1999, Zuì Shúxī De Mò Shēng Rén atau “The Most Familiar Stranger” adalah lagu populer yang dibawakan oleh penyanyi berkebangsaan Taiwan yaitu Elva Hsiao. 

Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang mengenang kisah cinta yang telah berakhir. Meskipun berawal indah, kisah mereka berakhir dengan patah hati sehingga keduanya melanjutkan hidup seolah tidak pernah saling mengenal. 

流星雨 (The Meteor Rain) – F4

Lagu Meteor Rain (流星雨) yang dibawakan oleh F4 adalah lagu tema dari drama Taiwan yang berjudul Meteor Garden. Dirilis pada tahun 2001, lagu ini juga sangat populer di Asia, termasuk di Indonesia seiring dengan populernya drama Meteor Garden. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Lagu Meteor Rain adalah lagu romantis yang berisi janji seseorang untuk sang kekasih di bawah hujan meteor. Ia menyatakan bahwa ia akan selalu ada untuk membuat sang kekasih bahagia dan menghapus segala kesedihan dan penderitaannya. 

我们的爱 (Our Love) – F.I.R

Dirilis pada tahun 2004, Wǒmen De Ài adalah lagu paling populer dari grup band asal Taiwan F.I.R. Meskipun lagu lama, lagu ini termasuk salah satu lagu Mandarin yang populer di Indonesia, lho. 

Lagu ini bercerita tentang kisah cinta yang telah berakhir di mana sang penulis masih belum bisa melepaskan semua kenangan yang ada. Ia masih tetap menunggu agar cinta mereka dapat kembali meskipun ia merasa hal tersebut tidak mungkin. 

童话 (Tóng Huà) – Michael Wong

童话 (Tóng Huà) yang berarti “fairy tale” atau “dongeng” merupakan salah satu balada populer yang dibawakan oleh Michael Wong. Lagu yang populer di Asia ini dirilis pada tahun 2005 dalam album Fairy Tale. 

Tóng Huà bercerita tentang seorang pria yang berusaha meyakinkan wanitanya untuk percaya bahwa kisah cinta mereka bisa seindah dongeng. Ia akan melakukan apapun agar si wanita kembali percaya padanya seperti seorang pangeran dalam dongeng. 

Itu dia 10 rekomendasi lagu bahasa Mandarin yang enak didengar untuk Sobat Cakap penggemar musik maupun yang sedang belajar bahasa Mandarin. Mendengar Mando-Pop pastinya lebih menyenangkan ketika kamu mengerti makna dan cerita yang disampaikan di lagunya. 

Nah, buat kamu yang sedang belajar bahasa Mandarin, kamu bisa menambah kosakata lewat rekomendasi lagu-lagu di atas, ya! Selain belajar bahasa Mandarin otodidak lewat lagu-agu di atas, Sobat Cakap juga bisa belajar dengan lebih terstruktur di kelas Bahasa Mandarin Cakap, lho! Yuk, ambil paket belajarnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat