5 Panggilan Sayang dalam Bahasa Mandarin & Artinya

panggilan sayang dalam bahasa mandarin

Panggilan sayang pasti ada di setiap bahasa. Contohnya seperti Bahasa Inggris dengan baby atau honey dan Bahasa Korea dengan yeobo atau dangshin. Lalu, bagaimana dengan panggilan sayang dalam bahasa Mandarin?

Nah, panggilan sayang dalam bahasa Mandarin tidak kalah romantis jika dibandingkan dengan bahasa asing lain. Di bawah ini ada beberapa panggilan sayang dalam bahasa Mandarin yang bisa kamu pakai. Simak penjelasannya, yuk!

Panggilan Sayang dalam Bahasa Mandarin

亲爱的 (qīn ài de)

亲爱的 (qīn ài de) merupakan panggilan sayang dalam bahasa Mandarin yang paling sering digunakan. Dalam bahasa Indonesia, 亲爱的 (qīn ài de) artinya sayang. Panggilan ini biasanya dipakai oleh sesama anggota keluarga, pasangan suami istri, atau pasangan kekasih.

心肝 (xīngān)

心肝 (xīngān) adalah panggilan sayang dalam bahasa Mandarin yang berikutnya. 心 (xīn) artinya jantung dan 肝 (gān) artinya hati, sehingga secara harfiah 心 肝 (xīn gān) artinya jantung hati. Namun, jika keduanya digabung, 心肝 (xīngān) artinya adalah sayang. 

老婆 (lǎopó)

老婆 (lǎopó) adalah panggilan sayang dalam bahasa Mandarin yang umumnya digunakan oleh pasangan suami istri. Dalam bahasa Indonesia, 老婆 (lǎopó) artinya istri. Panggilan ini terdengar lebih akrab atau santai jika dibandingkan dengan panggilan lainnya.

老公 (Lǎogōng)

Jika lǎopó adalah panggilan untuk istri, maka 老公 (lǎogōng) adalah panggilan sayang dalam bahasa Mandarin yang ditunjukkan pada suami. Dalam bahasa Indonesia, 老公 (lǎogōng) artinya suami. Sama seperti lǎopó, lǎogōng merupakan panggilan sayang untuk suami yang terdengar lebih santai atau akrab jika dibandingkan dengan panggilan lainnya.

宝贝 (bǎobèi)

Jika diterjemahkan ke Bahasa Inggris, 宝贝 (bǎobèi) artinya baby. Namun secara harfiah, 宝贝 (bǎobèi) artinya adalah benda berharga. Penutur Mandarin lebih sering menggunakannya untuk memanggil anak kecil ketimbang pasangan karena terkesan berlebihan.

Walau terdengar berlebihan, penutur Mandarin masih ada lho yang menggunakan panggilan ini. Tapi, lebih sering laki-laki yang menggunakan panggilan ini. Seperti seorang suami memanggil istrinya, 宝贝老婆 (bǎobèi lǎopó) yang artinya sayang.

Itu dia panggilan sayang dalam bahasa Mandarin. Kamu masih bisa memperkaya kosakata Bahasa Mandarin lainnya dengan daftar kursus Bahasa Mandarin atau Kamu bisa Tes Level Bahasa Mandarin kamu di Cakap. Di sana, kamu bakal diajar tutor profesional secara LIVE.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa mandarin Gratis 14 Hari

Dengan adanya interaksi, kamu bisa cepat menyerap materi dan meningkatkan kepercayaan dirimu dalam berbahasa Mandarin. Bisa pelajari perdalam arti panggilan sayang dalam bahasa Mandarin juga. Yuk, segera daftar!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat